Sepeda Onthel hingga Captiva, Ini 5 Kendaraan Alexander Marwata Pimpinan KPK

3 menit
Alexander Marwata
Sepeda Onthel hingga Captiva, Ini 5 Kendaraan Alexander Marwata Pimpinan KPK, ([TEMPO/Imam Sukamto).

Setelah melalui proses yang relatif singkat, akhirnya pemerintah bersama DPR telah memilih pimpinan KPK baru periode tahun 2019 – 2023. Salah satu nama yang terpilih adalah petahana Alexander Marwata dan bakal menjabat sebagai wakil ketua.

Setidaknya ada empat nama lainnya yang juga terpilih sebagai pimpinan KPK yakni Firli Bahuri menjabat sebagai ketua Komisi Pemberantasan Korupsi, Nawawi Pomolango, Lili Pintauli Siregar, dan Nurul Ghufron, mengutip dari Okezone.

Pria yang lahir pada 26 Februari 1967 di Klaten, Jawa Tengah ini emang memiliki rekam jejak akademis dan pengalaman terbilang baik. Ia menyelesaikan jenjang S1 jurusan Ilmu Hukum di Universitas Indonesia.

Selanjutnya pria berzodiak Pisces ini melanjutkan kariernya di Badan Pengawasan Keuangan Pembangunan (BPKP) dari 1987 hingga 2011. Lalu pada 2012 menjadi hakim di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat.

Dalam LHKPN tahun 2018, Alexander Marwata tercatat memiliki 5 buah kendaraan pribadi yang nilainya mencapai Rp 414 juta. Penasaran apa aja kekayaannya? Yuk kita lihat daftar lengkapnya berikut ini:

Baca juga: Berpenghasilan Tertinggi Sejagat, Gaji Elon Musk Setara 65 CEO!

1. Toyota Rush

Alexander Marwata
Salah satu koleksi mobil pimpinan KPK yang baru, (carfromjapan.com).

Kendaraan pertama yang masuk dalam daftar aset Alexander Marwata adalah Toyota Rush keluaran tahun 2014 yang dibelinya lewat hasil usaha sendiri. Ketika dilaporkan nilainya ditaksir sebesar Rp 150 juta.

Baca juga: Terpilih Jadi Ketua KPK yang Baru, Ini Fakta Karier dan Kekayaan Firli Bahuri

2. Chevrolet Captiva

Alexander Marwata
Mobil SUV ini juga dimiliki oleh Alexander Marwata, (Ilustrasi/Shutterstock).

Kedua ada pabrikan yang berasal dari Amerika Serikat yakni Chevrolet Captiva. Tipe yang satu ini tergolong dalam jenis kendaraan SUV.

Chevrolet Captiva milik Alexander diketahui merupakan keluaran tahun 2016 yang dibelinya melalui hasil usaha sendiri. Setelah 2 tahun digunakan nilainya menyentuh Rp 250 juta.

Baca juga: Jarang Disorot Publik, Ini 4 Fakta Karier dan Bisnis Thareq Kemal Habibie

3. Honda Beat

Alexander Marwata
Honda Beat juga dimilikinya lho, (Ilustrasi/Shutterstock).

Gak hanya kendaraan roda 4, ada juga motor yang masuk dalam garasi rumahnya. Sedikitnya  terdapat 2 unit yang masuk dalam LHKPN, pertama adalah Honda Beat keluaran tahun 2014.

Motor tersebut dibelinya dengan hasil usaha sendiri dan ditaksir memiliki nilai sebesar Rp 10 juta ketika dilaporkan tahun 2018.

4. Honda Kirana

Alexander Marwata
Honda Kirana juga dimiliki dirinya, (Facebook).

Masih dari pabrikan asal Jepang yakni Honda Kirana. Berbeda dengan sebelumnya yang berjenis matic, motor ini masuk dalam kategori motor bebek.

Alexander Marwata membeli Honda Kirana yang dirilis pada tahun 2003 lalu dengan hasil usahanya sendiri. Tercatat nilainya setelah 15 tahun digunakan sebesar Rp 4 juta.

5. Sepeda onthel sport

Alexander Marwata
Sepeda onthel ini dimiliki oleh pimpinan KPK yang baru, (Ilustrasi/Shutterstock).

Terakhir aset yang terbilang unik dan gak semua orang memilikinya yakni sebuah sepeda onthel sport. Sepeda ini merupakan koleksi pribadi Alexander Marwata yang ia beli lewat hasil usahanya sendiri.

Umur sepeda onthel ini sendiri terbilang cukup tua yakni mencapai 26 tahun atau dirakit pada tahun 1992. Ketika dilaporkan nilainya ditaksir sekitar Rp 500 ribu. Dan jika dijumlahkan maka total seluruh kendaraan pribadi pimpinan KPK tersebut mencapai Rp 414.500.000.

Nah, itulah sedikit informasi tentang alat transportasi yang dimiliki oleh Alexander Marwata. Semoga di periode kedua masa kerjanya bisa meningkatkan kinerja KPK secara lebih baik ya! (Editor: Mahardian Prawira Bhisma)

Christantio Utama
Christantio Utama

Milenial yang merintis karier lewat dunia keuangan, karena segalanya butuh uang tapi uang bukanlah segalanya. Penonton setia Digimon dan penggemar olahraga otomotif Formula 1