Kantongi Izin OJK, Perhatikan 4 Hal Ini Sebelum Pinjam Uang ke Amartha

3 menit
Kantongi Izin OJK, Perhatikan 4 Hal Ini Sebelum Pinjam Uang ke Amartha, (Ilustrasi/Pixabay).

PT Amarta Mikro Fintek (Amartha) telah resmi mengantongi izin usaha sebagai Perusahaan Penyelenggaraan Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Izin bernomor KEP-46/D.05/2019 berlaku secara permanen, tanpa batas waktu berakhir.

“Pemberian lisensi (tanda izin usaha) oleh OJK ini menjadi bukti bahwa Amartha benar-benar serius dalam memberdayakan ekonomi piramida bawah, dan bergerak sesuai dengan aturan main yang ditetapkan oleh OJK” ujar CEO dan Founder Amartha, Andi Taufan Garuda Putra, dalam siaran pers yang diterima MoneySmart.id, Kamis, (16/5).

Bicara soal fintech P2P lending yang memfokuskan pinjaman ultra mikro ini, sebelumnya kita sudah membahas seputar manfaat apa yang bisa kamu dapat jika berinvestasi di situs P2P lending ini.

Namun kali ini, kira-kira apa saja sih yang mesti diperhatikan dan seberapa nguntungin pinjaman dari Amartha yang emang dibuat khusus buat ibu-ibu di pedesaaan? Gimana kalau kita simak saja ulasannya di bawah sini.

Baca juga: Pinjam Uang Online dengan Jaminan KTP Doang: Gampang Ajuinnya, Tekor Bayarnya!

1. Plafon pinjaman mulai dari Rp 3 juta dan cicilan dibayar mingguan

Amartha Mikro Fintek
Plafon pinjaman mulai dari Rp 3 juta dan cicilan dibayar mingguan, (Ilustrasi/Pixabay).

Bicara soal berapa plafon pinjaman yang bisa diberikan PT Amarta Mikro Fintek kepada para ibu-ibu pengusaha di desa, plafonnya mulai dari Rp 3 jutaan. Buat tenor pinjamannya sangat meringankan nih bagi yang meminjam yakni sekitar 12 bulan.

Gak usah khawatir, pinjaman dana online yang satu ini memang sanggup menjangkau wilayah pedesaan yang gak dilalui akses bank. Pengembalian uangnya pun sifatnya terjangkau.

Dan buat mengajukan pinjaman ini, kamu hanya perlu membentuk kelompok 15-20 orang terlebih dengan orang yang punya domisili tempat tinggal berdekatan denganmu. Setelah itu pihak Amartha akan menindak lanjuti prosesnya. Kurang lebih mirip dengan Kredit Ultra Mikro milik Pemerintah RI.

Baca juga: Butuh Dana Jelang Ramadan? Ini Rekomendasi 5 Pinjaman Tanpa BI Checking yang Aman!

2. Ada pelatihan

Amartha Mikro Fintek
Mengadakan training buat para mitra, (Ilustrasi/Pixabay).

Amartha Mikro Fintek memiliki tim yang kerjanya blusukan ke desa-desa buat menyalurkan pinjaman ultra mikro ini. Selain itu, perusahaan Fintech ini juga aktif dalam menggelar training wirausaha buat mitra-mitranya.

Setiap minggu selama masa pinjaman, peminjam akan diwajibkan buat mengikuti pertemuan kelompok yang difasilitasi oleh tim lapangan. Materi yang disampaikan terkait dengan pengelolaan keuangan, kedisiplinan serta bagaimana memajukan usaha mereka.

Sesuai dengan judulnya yaitu pendanaan ultra mikro. Gak semua peminjam tentunya paham soal manajemen keuangan dan bisnis yang baik.Oleh karena itu, jika memang kamu berniat buat mengajukan pinjaman ini, Amartha jelas bakal mendukungnya dengan memberikan pendampingan.

Baca juga: Catat! Ini 4 Hal yang Kudu Dijauhi Saat Ajukan Pinjaman ke Bank

3. Ada program sosial bagi para mitra

Amartha Mikro Fintek
Berbagai macam kegiatan sosial buat merangkul mitra salah satunya, (Ilustrasi/Pixabay).

Selain pelatihan manajemen finansial dan wirausaha, Amartha juga cukup rajin nih dalam hal menggelar program sosial bagi para mitra atau nasabahnya. Hal ini dilakukan merupakan salah satu bentuk kekeluargaan dari Amartha.

Sebut saja mereka pernah menggelar program pembagian kacamata. Tujuannya adalah buat meningkatkan produktivitas para mitra kerjanya.

Masalah penglihatan terutama rabun dekat emang umum ditemui terutama pada mereka yang memasuki usia 40 tahun. Hal ini sering kali membuat masyarakat enggan buat mengantisipasi permasalahan ini dan menganggapnya sebagai hal wajar, apalagi mitra Amartha juga sulit mendapat akses pengobatan dan gak sedikit juga yang sudah pasrah sama masalah ini.

4. Jika skor kredit baik diperbolehkan buat mengajukan pinjaman yang bersifat konsumtif

Amartha Mikro Fintek
Jika skor kredit baik diperbolehkan buat mengajukan pinjaman yang bersifat konsumtif, (Ilustrasi/Pixabay).

Bukan cuma pinjaman bisnis yang sejatinya bisa diajukan ke Amartha, pinjaman untuk konsumtif seperti biaya renovasi dan pendidikan juga bisa. Hal ini sangat memudahkan nih bagi kamu yang berencana merenovasi rumah.

Tapi, gak semua mitra bisa mengajukan pinjaman itu lho ya. Setidaknya, Amartha cuma menyetujui pinjaman konsumtif bagi para mitra yang udah meminjam dana setidaknya dalam waktu setahun dan memiliki catatan riwayat kredit lancar.

Jika belum pernah meminjam sama sekali, tentunya mereka belum bisa menikmati fasilitas ini.

Itulah empat hal yang harus kamu ketahui sebelum mengajukan pinjaman ke PT Amartha Mikro Fintek. Cukup menguntungkan ya buat kamu yang pengin melakukan pinjaman atau buat ibu-ibu di pedesaan. (Editor: Mahardian Prawira Bhisma)

Aulia Akbar
Aulia Akbar

Sebagai mantan jurnalis dan praktisi humas, saya memutuskan untuk menekuni beladiri paling ekstrim di dunia. Di kesempatan yang sama, izinkanlah saya untuk berbagi tips keuangan dan cerita inspiratif buat Anda.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

Tentang Kami

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Philippines Taiwan