Pengin Untung? Kamu Perlu Ketahui Hal Ini Sebelum Ambil Cicilan Kartu Kredit BCA

4 menit
Pengin Untung Kamu Perlu Ketahui Hal Ini Sebelum Ambil Cicilan Kartu Kredit BCA, (Instagram/@goodlifebca).

Opsi cicilan kartu kredit BCA jadi pilihan yang diambil banyak orang buat bertransaksi. Gak heran kenapa opsi transaksi ini dipilih. Sebab ada sejumlah keuntungan yang bisa diperoleh. 

Seperti yang kita tahu, kartu kredit BCA menjadi salah satu kartu kredit yang populer penggunaannya di Indonesia. Wajar aja kalau produk BCA yang ini diminati banyak orang sebab promonya menggiurkan. Selain itu, merchant yang terima pembayaran kartu ini udah banyak.

Baca juga: Gampang dan Simpel, Pakai Cara Ini Aja Kalau Pengin Daftar KlikBCA

Walaupun menarik, ada beberapa hal yang harus jadi perhatian kamu sebelum manfaatkan cicilan kartu kredit BCA. Apa aja? Yuk, disimak ulasan MoneySmart.id berikut ini.

1. Ada program cicilan bunga 0 persen pada periode tertentu

Ada program cicilan bunga 0 persen pada periode tertentu, (Ilustrasi/Shutterstock).

Enaknya punya kartu kredit itu salah satunya bisa menikmati cicilan dengan bunga 0 persen. Di BCA pun kamu juga bisa merasakan keuntungan tersebut.

Kamu bisa mengambil cicilan kartu kredit BCA dengan bunga 0 persen. Program ini diselenggarakan Bank BCA pada periode-periode tertentu aja.

Seperti yang saat ini berlangsung, ada program cicilan kartu kredit BCA dengan bunga 0 persen buat yang melakukan transaksi di luar negeri. Tenor cicilannya mulai dari 3, 6, dan 12 bulan dengan transaksi belanja minimal Rp 500 ribu.

Baca juga: Pengin Transaksi BCA dengan Cepat? Pakai BCA Mobile Aja, Ini Cara Daftarnya

Karena diselenggarakan secara periodik, program ini cuma dapat dinikmati hingga 31 Januari 2019. Oh, iya. Buat ikut program ini, kamu harus melakukan perubahan transaksi dengan kirim SMS “Cicilan” ke 69888, hubungi HALO BCA, atau hubungi Platinum Card Service di 1500222.

2. Cicilan kartu kredit BCA gak berlaku buat tarik tunai

Cicilan kartu kredit BCA gak berlaku buat tarik tunai, (Ilustrasi/Shutterstock).

Kadang nih utang kartu kredit gak melulu dipakai buat belanja barang atau jasa. Cukup banyak orang yang lebih memilih mendapatkan dana tunai dari kartu kredit dengan cara tarik tunai.

Alih-alih bisa dicicil, rupanya dana tarik tunai gak bisa diubah menjadi cicilan kartu kredit BCA. Cukup banyak lho yang gak tahu informasi ini.

Berharap bisa dicicil dan dapat bunga 0 persen, ternyata mekanisme pengembalian dana dari tarik tunai gak begitu. Terus bunga yang dikenakan pun gak berlaku per bulan, tapi per hari lho. Dana tarik tunai kamu dikenakan bunga 2,25 persen per harinya.

Baca juga: Gini Lho Tipsnya kalau Pengin Pengajuan KTA BCA Lolos Tanpa Hambatan

Belum lagi kamu diharuskan bayar biaya tarik tunai sebesar 4 persen atau minimal Rp 40 ribu. Makanya sebelum lakukan tarik tunai, dipikir-pikir dulu deh. Soalnya bunganya besar banget lho.

3. Gak di semua merchant berlaku cicilan bunga 0 persen

Gak di semua merchant berlaku cicilan bunga 0 persen, (Ilustrasi/Shutterstock).

Emang benar ada program cicilan kartu kredit BCA dengan bunga 0 persen. Namun, sebelum memilih metode pembayaran ini, pastikan dulu apakah merchant yang bekerja sama dengan Bank BCA punya program cicilan bunga 0 persen atau gak.

Sebab cicilan bunga 0 persen gak berlaku di semua merchant lho. Ujung-ujungnya karena gak mengonfirmasi dulu, cicilan kamu malah dikenakan bunga kartu kredit 2,25 persen. Niat pengin beli dengan harga murah jadi gagal deh.

4. Program bunga 0 persen gak berlaku buat akumulasi belanja

Program bunga 0 persen gak berlaku buat akumulasi belanja, (Ilustrasi/Shutterstock).

Jangan dipikir program cicilan kartu kredit BCA dengan bunga 0 persen berlaku buat akumulasi belanja ya! Usut punya usut, bunga 0 persen ini cuma bisa didapat buat satu transaksi yang kebetulan saat itu emang punya program cicilan tanpa bunga.

Misalnya aja kamu beli smartphone dengan ambil cicilan tanpa bunga lalu pada hari yang sama belanja pakaian dengan kartu kredit maka tagihan yang tanpa bunga hanya smartphone yang kamu beli. Sementara tagihan belanja pakaian dikenai bunga 2,25 persen.

5. Butuh pinjaman dana tunai? Ada Cicilan BCA Instant Cash

Butuh pinjaman dana tunai? Ada Cicilan BCA Instant Cash, (Ilustrasi/Shutterstock).

Daripada tarik tunai, mendingan manfaatkan tawaran Cicilan BCA Instant Cash kalau butuh dana tunai. Cicilan BCA Instant Cash adalah program pemberian pinjaman uang tunai yang secara khusus diberikan ke pemegang kartu kredit BCA.

Besaran pinjaman yang diberikan tergantung dari sisa limit kredit kartu kredit BCA. Maksimal besaran pinjaman yang diajukan adalah 50 persen dari sisa limit. Sementara tenor cicilannya mulai dari 3, 6, dan 12 bulan.

Bunga yang berlaku buat pinjaman ini sebesar 0,75 persen. Namun, bisa berubah menurut kebijakan Bank BCA.

Kalau Bank BCA setuju dengan pengajuan pinjamanmu, dana nantinya dikirim ke rekening BCA Giro, Tahapan, atau Tapres milikmu. Dana dikirim paling lambat 3 hari setelah dapat persetujuan.

Berubah pikiran kemudian membatalkan pengajuan? Kamu bakal dikenakan biaya penalti sebesar Rp 100 ribu.

Apa aja syarat dan ketentuan buat ambil program Cicilan BCA Instant Cash?

  • Cuma pemegang kartu utama yang bisa ambil program ini.
  • Limit yang tersisa minimal 40 persen dari total limit.
  • Minimal selama setahun udah jadi pemegang kartu kredit BCA.
  • Minimal dana yang diambil Rp 500 ribu.
  • Dana ditransfer ke rekening atas nama pemegang kartu kredit.

Itu tadi hal-hal yang harus kamu tahu sebelum ambil cicilan kartu kredit BCA. Semoga informasi di atas membantu kamu biar bisa memaksimalkan penggunaan kartu kredit BCA ya! (Editor: Mahardian Prawira).

Boby
Boby

Lama bergelut dengan ensiklopedia. Kini fokus dengan urusan finansial. Di mana pun berada selalu berusaha sajikan karya yang terbaik. Semoga bermanfaat!