Inspiratif! Anak Down Syndrome Ini Sukses Jadi Bos Perusahaan Kaos Kaki

4 menit
John Cronin si bos Kaos Kaki (Instagram).

Setiap orang berhak untuk sukses membangun bisnisnya sendiri, tanpa harus memikirkan halangan yang akan dihadapi. Mau muda, tua, perempuan, laki-laki semuanya bebas untuk memulai sebuah bisnis. Tak terkecuali dengan orang atau bahkan anak berkebutuhan khusus.

Banyak kisah inspiratif tentang orang berkebutuhan khusus yang sukses dalam berbagai hal. Entah itu olahraga, akademik, hingga bisnis. Contohnya ada Satoshi Tajiri, seorang pengidap autis yang sukses menciptakan waralaba video game Pokemon. Ada juga Temple Grandin, seorang ahli dibidang ilmu hewan yang bahkan telah bergelar profesor ini ternyata pengidap autis.

Dua contoh tersebut membuktikan bahwa keterbatasan bukanlah sebuah alasan bagi kamu untuk menuju kesuksesan. Kalau kamu masih kurang percaya dengan kisah sukses di atas, kita mau kasih satu contoh satu lagi perjalanan karier cemerlang anak kebutuhan khusus.

Tepatnya  pemuda yang menderita Down Syndrome, tapi dia sukses mendirikan sebuah perusahaan bernilai jutaan dolar. Gak cuma itu, ia pun juga ikut memberdayakan para penyandang disabilitas buat berkarya di perusahaannya itu. Yuk kita simak kisahnya.

Baca juga: Ini yang Perlu Diwaspadai Semua Zodiak di Tahun Babi Tanah, Hati-Hati Ya!

John Cronin, anak berkebutuhan khusus pengusaha kaos kaki

John Cronin

John Cronin merupakan pemuda atau anak berkebutuhan khusus asal New York, Amerika Serikat. Ia diketahui mengidap Down Syndrome sejak lahir. Siapa sangka kalau anak tersebut kini sukses dalam berbisnis. Bersama sang ayah, John mendirikan sebuah perusahaan kaos kaki warna-warni yang diberi merek John’s Crazy Socks.

Perusahaan kaos kaki unik ini didirikan saat usia John masih berusia 21 tahun tepatnya di 2016. John yang saat itu telah lulus sekolah SMA, menginginkan untuk membuka sebuah usaha. Karena ia menyadari dirinya berbeda dari orang-orang pada umumnya, ia pun tak mau hidup dalam bayang-bayang orangtuanya dan terus-terusan dipandang rendah.

Dikutip dari laman resminya John’s Crazy Socks, John memiliki background pendidikan SMA kejuruan ritel dan layanan pelanggan. Jadi mungkin itulah salah satu modal yang membuatnya yakin bisa meraih kesuksesan dengan membuka usaha sendiri.

Sempat terpikir dibenaknya untuk mendirikan usaha makanan dengan konsep food truck. Tapi kemudian ia sadar bahwa memasak bukan keahliannya dan ayahnya. “Aku menginginkan sesuatu yang menyenangkan dan kreatif,” kata John seperti dikutip di laman website usahanya itu. Hingga akhirnya John menyadari ia hobi menggunakan kaus kaki dengan beragam model yang unik, bahkan hampir setiap hari di setiap kesempatan.

Baca juga: 8 Destinasi Wisata Gratis di Singapura Ini Bikin Pelesiranmu Makin Seru Lho!

Kebanjiran pesanan di hari pertama John’s Crazy Socks dirilis

John Cronin pengusaha kaos kaki.

“Ayo jual kaos kaki,” kata John kepada ayahnya Mark. Menanggapi hal itu, Mark pun sangat yakin bahwa bisnis itu cocok dengan anaknya, “John telah mengenakan kaos kaki gila seumur hidupnya,” kata Mark yang seolah memberikan dukungan penuh.

Duo anak dan bapak ini pun mulai melakukan pendekatan-pendekatan bisnis. Salah satunya meminta ke para pemasok kaos kaki untuk disetorkan ke mereka, lalu dijual di platform e-commerce. Gak cuma majang kaus kaki unik, mereka juga melakukan strategi marketing lain dengan menggunakan sebuah video dengan kualitas alakadarnya. Melalui video itu, John komat-kamit mempromosikan kaos kakinya, dan diunggah ke halaman Facebook John’s Crazy Socks.

Strategi tersebut terbukti ampuh, dalam beberapa jam sejak diluncurkan, produk milik anak berkebutuhan khusus ini langsung dibanjiri 42 pesanan di hari pertama. Pembeli datang dari para tetangga yang memang mengenalnya. John pun tidak mengirim produknya dengan jasa pengiriman, dikutip dari CNBC, sang anak berkebutuhan khusus inilah yang langsung menghampiri pelanggannya.

Sambil membawa kotak merah yang didalamnya tersusun rapi, kaus kaki, permen, dan tulisan tangan berisi ucapan terimakasih, ia mengetuk pintu pelanggannya. Dan strategi ini terbukti meningkatkan kepuasan servis bisnis kecil-kecilannya ini.

Di bulan pertama John telah berhasil mengirimkan 452 pesanan dengan meraih keuntungan US$ 13.000 atau sekitar Rp 181 jutaan.

John’s Crazy Socks awalnya hanya menawarkan 31 pilihan desain. Tapi kini anak berkebutuhan khusus ini berhasil mengembangkan bisnisnya dengan memiliki sekitar 2.000 desain yang berbeda-beda. Ada yang bergambar dinosaurus, planet-planet luar angkasa, hingga tokoh-tokoh politik seperti Obama dan Donald Trump.

Harga jualnya terbilang cukup murah mulai dari US$ 5 sampai US$ 12 untuk sepasangnya atau sekitar Rp 167 ribuan untuk jenis yang paling mahal. Oiya pelanggannya terdiri dari berbagai kalangan, yang paling heboh mantan presiden AS, mendiang Bush Senior.

Baca juga: Gak Usah Takut Apalagi Ragu, Begini Tips Membeli Saham Bagi Wanita Pemula

Gak cuma bisnis, John’s Crazy Socks juga rajin beramal

John Cronin dan sang ayah (Instagram).

Misi pembangunan perusahaan ini yang utama adalah berbagi kebahagiaan. Mereka ingin dengan kaos kaki ini semua orang dapat merasakan kebahagian, entah itu buat bisnis mereka, pembeli, juga untuk orang-orang sekitar.

Dengan komitmen itu John dan sang ayah pun sepakat untuk mendonasikan sebagian keuntungannya ke lembaga-lembaga anak berkebutuhan khusus. Salah satunya adalah 5 persen keuntungannya akan disumbangkan untuk pelaksanaan Olimpiade berkebutuhan khusus.

Gak cuma itu saja, John juga peduli terhadap nasib para penyandang disabilitas lainnya. Kekhawatirannya itu karena melihat realita sulitnya mereka mendapatkan pekerjaan di Amerika Serikat.

Akhirnya, seiring dengan berkembangnya bisnis kaos kakinya ini, John sepakat merekrut 35 pegawai dan 18 di antaranya adalah anak berkebutuhan khusus. Mereka dipekerjakan di gudang, dengan posisi sebagai penyortir pesanan dan menginventarisir stok.

Kini, bisnis John yang sebelumnya hanya anak berkebutuhan khusus biasa semakin berkembang. Tahun 2017, John’s Crazy Socks mencatat ada 42.000 pesanan dengan keuntungan mencapai US$ 1,7 miliar atau Rp 23 triliunan. Di tahun 2018, mereka semakin berkembang dengan sekitar 180.000 pengiriman dengan total keuntungan Rp 83 triliunan. (Editor: Winda Destiana Putri).

Okky Budi
Okky Budi

Penggemar Tsubasa yang jadi sarjana sosial. Kini secara sengaja masuk ke dunia finansial. Semoga bisa memberikan tulisan yang bermanfaat buat pembaca.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

Tentang Kami

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Taiwan