Kekayaannya Mencapai Rp 5,7 Miliar, Begini Isi Garasi Putra Haji Lulung

3 menit
haji lulung
Kekayaannya Mencapai Rp 5,7 Miliar, Begini Isi Garasi Putra Haji Lulung, (Instagram/@kawanguruhtirtalunggan4).

Komisi Pemilihan Umum baru aja nih menetapkan 106 anggota DPRD DKI, dan 59 di antaranya merupakan wajah baru. Dari sekian banyak, anak dari Haji Lulung, Guruh Tirta Lunggana masuk dalam daftar anggota DPRD DKI. Putra dari Abraham Lunggana atau Haji Lulung ini dikabarkan memiliki kekayaan mencapai Rp 5,5 miliar lho.

Guruh Tirta Lunggana merupakan politisi dari Partai Amanat Nasional (PAN) yang memutuskan untuk terjun ke dunia politik. Seperti ayahnya, Haji Lulung yang dulu sempat menduduki jabatan Wakil Ketua DPRD.

Menurut informasi dari Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN), pria kelahiran 1985 silam ini mengantongi total kekayaan sebesar Rp 5,7 miliar. 

Haji Lulung sendiri memang terkenal dengan koleksi mobil mewahnya. Salah satunya adalah Lamborghini yang pernah nangkring di garasi rumahnya, cuma saat ini udah dijual tahun 2014.

Kira-kira dengan kekayaan yang menyentuh angka Rp 5,7 miliar, tunggangannya apa saja sih yang ada di garasi Guruh? Yuk cari tahu di bawah sini.

Baca juga: Wiih, Ini Dia 5 Mobil Termahal di Dunia dan Para Pemiliknya

1. Nissan Serena 2015

Haji Lulung
Nissan Serena hitam ini nangkring di garasi rumah putra Haji Lulung, (Instagram/@boyautomobilindo).

Guruh Tirta Lunggana ternyata memiliki Nissan Serena lansiran tahun 2015. Serena merupakan varian MPV yang cukup terkenal pabrikan Nissan. 

MPV ini menggendong mesin berkapasitas 1.998 cc yang sanggup mengeluarkan tenaga maksimal sebesar 197 tk. Walaupun masuk ke segmen premium, Serena masih kalah dari Toyota Alphard soal kemewahannya

Generasi pertama Nissan Serena diperkenalkan di Indonesia pada 1996, disusul generasi kedua pada 2004. Pada 2013, generasi terakhir Nissan Serena diperkenalkan dan meraih berbagai penghargaan bergengsi di Indonesia.

Antara lain, Car of The Year 2013 dan tujuh penghargaan sebagai MPV terbaik dari berbagai media otomotif. Penghargaan ini diberikan karena Nissan Serena merupakan High MPV dengan fleksibilitas, akomodasi dan fitur terbaik.

Baca juga: Wow! Nagita Gadai Tas dan Perhiasan Demi Beli Mobil Seharga Rp 6,7 M

2. Toyota Innova Venturer 2019

Haji Lulung
Toyota Innova Venturer 2019 juga punya mobil ini di dalam garasinya, (Instagram/@toyotaid).

Nah, ini mungkin jadi mobil paling gres yang ada di garasi anak Abraham Lunggana ini. Lantaran tahun perakitannya di tahun 2019 dan terbilang salah satu mobil yang cukup wah buat pabrikan Toyota.

Venturer merupakan varian dari Toyota Innova yang gak lain punya DNA persis dengan Toyota Kijang. Bisa dibilang Venturer saat ini masuk ke dalam segmen MPV premium lho, interiornya juga jauh lebih keren ketimbang pendahulunya.

Desain eksteriornya terlihat lebih garang dan juga sporty. Innova Venturer juga tersedia dalam empat varian yaitu varian berbahan bakar bensin dengan transmisi manual dan otomatis, serta varian bermesin diesel transmisi manual dan otomatis.

Harganya mulai dari Rp 427 jutaan dan pastinya pas banget jadi mobil keluarga andalan.

Baca juga: Lebih Mewah dan Megah Mana, Rumah Hotman Paris atau Hotma Sitompul?

3. Honda CBR 2006

haji lulung
Honda CBR ini juga ada di garasi rumah Guruh, (Wikipedia).

Nah, kalau yang ini adalah kendaraan roda dua dan terbilang wah dan oke banget nih. Honda CBR ini emang cukup disukai oleh khalayak ramai, lantaran desainnya yang sangat sporty, serta mesinnya bandel.

Sayangnya, varian CBR milik Guruh emang gak disebutkan di LHKPN. Akan tetapi, secara umum motor ini diklaim sanggup memuntahkan tenaga maksimal hingga  16,9 Ps pada 9 ribu RPM dengan torsi maksimum di 13,7 Nm.

Itulah deretan kuda besi di garasi anak Haji Lulung, Guruh Tirta Lunggana. Tentunya koleksi kendaraannya masih kalah mewah ketimbang ayahnya. Meski demikian, mobil-mobil Guruh tergolong mahal juga lho. Total valuasi dari kendaraan-kendaraan di atas ini mencapai Rp 685 juta pada tahun 2019. (Editor: Mahardian Prawira Bhisma)

Aulia Akbar
Aulia Akbar

Sebagai mantan jurnalis dan praktisi humas, saya memutuskan untuk menekuni beladiri paling ekstrim di dunia. Di kesempatan yang sama, izinkanlah saya untuk berbagi tips keuangan dan cerita inspiratif buat Anda.