Dari Free Wifi sampai Kopi, Ini Fasilitas Gratis Ruang Inovasi

3 menit

Para milenial terutama anak startup, udah pada tahu Ruang Inovasi belum? Baru-baru ini Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) meresmikan Innovation Room alias Ruang Inovasi untuk memfasilitasi para anak muda untuk terus berkreasi.

ruang inovasi
Peresmian Ruang Inovasi (Facebook)

Terus, sebenarnya apa sih Ruang Inovasi itu?

Secara singkat, Ruang Inovasi adalah coworking space. Coworking space sendiri bisa diartikan sebagai sebuah tempat bekerja bagi beberapa tim yang punya latar belakang bisnis berbeda-beda.

Biasanya, tempat semacam ini jadi tempat inkubasi bisnis para perusahaan perintis alias startup.

Nah, menariknya, Ruang Inovasi yang digagas oleh Kemnaker ini dapat dimanfaatkan oleh siapa saja secara cuma-cuma. Biar kamu bisa pakai ruangan ini dan memanfaatkan fasilitasnya secara optimal, ketahui dulu fakta-faktanya berikut ini.

Ruang Inovasi bisa tekan pengangguran

ruang inovasi
(Image: Twitter/KemnakerRI)

Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri menghadirkan coworking space aini untuk menampung budaya kerja anak muda yang tak terikat waktu dan tempat. Sejak 2017 lalu, perkembangan startup yang demikian pesat di Indonesia membuat coworking space banyak dibutuhkan.

Per Juni 2018 aja, Indonesia sudah memiliki sekitar 1.830 startup. Kebayang dong, berapa banyak para pekerja yang butuh “tempat” untuk mengerjakan tugasnya.

Jadi, penyediaan Ruang Inovasi ini diyakini dapat jadi solusi bagi anak muda yang terbentur kendala tempat bekerja. Ujung-ujungnya, cara ini secara gak langsung diharapkan dapat mengurangi tingkat pengangguran di Indonesia.

Fasilitas Ruang Inovasi

ruang inovasi
(Image: Twitter/KemnakerRI)

Bagi para pekerja startup, tempat bekerja dengan suasana yang nyaman, pencahayaan yang baik, dan koneksi internet yang kenceng tentu sangat dibutuhkan. Zaman sekarang sih banyak dari mereka yang “lari” ke coffee shop sekedar untuk mendapatkan fasilitas tersebut.

ruang inovasi
Bisa boros kalau kerja di coffee shop mulu (pexels)

Tapi, tekor juga kalau tiap hari harus bayar beberapa gelas kopi buat kerja. Betul gak? Nah, Ruang Inovasi ini punya fasilitas mumpuni buat menunjang pekerjaanmu yang bergerak di bidang industri kreatif atau bisnis digital.

Di sini ada deretan sofa yang nyaman, kursi, meja kerja, ruang rapat, wifi, hingga kopi dan teh gratis. Mantap gak tuh? Biar gak suntuk mantengin laptop seharian dan mikirin kerjaan mulu, kamu juga bisa menggunakan beberapa permainan seperti sepak bola meja saat istirahat biar rileks lagi.

Semua fasilitas ini dapat kamu nikmati selama 24 jam penuh. Jadi, kamu punya waktu lebih banyak buat eksplorasi ide atau sekedar ngejar deadline buat proyek startup kamu.

Berbeda dengan coworking space lainnya, di sini tersedia berbagai pelatihan keterampilan kerja yang bisa menunjang bisnismu, seperti:

  1. UI/UX Designer
  2. Social Media Specialist
  3. Content Writer
  4. Digital Marketing
  5. Brand Strategist
  6. Mobile Developer
  7. Data Scientist

Begini syarat untuk menggunakannya

ruang inovasi
Anak muda harus semangat berkarya (pexels)

Jika kamu berminat dan mau juga menikmati fasilitas ini secara cuma-cuma, caranya cukup mudah. Kamu hanya perlu melakukan registrasi sebagai pengguna Ruang Inovasi. Saat ini pendaftaran masih dilakukan secara offline dengan datang langsung ke lokasi.

Lokasinya ada di Lantai M Gedung Parkir Kementerian Ketenagakerjaan, Jakarta.

Nah, saat daftar nanti jangan lupa bawa proposal terkait bisnis yang sedang kamu jalani. Jika lolos, baru deh kamu bisa bebas menggunakan ruangan di sini lengkap dengan seluruh fasilitasnya.

Perlu diingat, pekerja atau pengelola dari startup yang sama harus mendaftar bersama pula. Saat ini ada enam kategori organisasi atau komunitas yang bisa mendaftar yaitu pemerintahan, universitas dan kelompok riset, media, industri, lembaga swadaya masyarakat, serta komunikasi keuangan dan investasi.

Gimana, gimana?

Selagi ada, yuk manfaatkan fasilitas Ruang Inovasi ini dengan optimal. Lumayan, bisa hemat bujet banyak karena gak harus “nebeng” di coffee shop lagi. Zaman sekarang, gak ada lagi alasan untuk gak bisa berkreasi dan mengembangkan skill yang kamu punya.

Ulfa Sekar
Ulfa Sekar

Pernah menjadi anak IT dan bercita-cita menjadi seorang programmer. Lalu berakhir menjadi seorang penulis dan menikmatinya. Semoga tulisan saya bisa berguna buatmu.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

MoneySmart Singapore MoneySmart Indonesia MoneySmart Hong Kong