Hemat Baterai, Ini 4 Fitur OS Android 10 yang Wajib Kamu Ketahui Lho!

3 menit
Android 10
Hemat Baterai, Ini 4 Fitur OS Android 10 yang Wajib Kamu Ketahui Lho!, (Ilustrasi/Shutterstock).

Sistem operasi smartphone besutan Google, Android bakal segera meluncur nih! Android 10 rencananya bakal menampilkan fitur-fitur terbaru, penasaran apa aja sih yang gress di sistem smartphone besutan Google ini? 

Perlu sekitar 1 tahun lebih bagi raksasa internet dunia, Google menggodoknya sebelum merilis versi sistem terbaru mereka. Sebelumnya pada tanggal 6 Agustus 2018, perusahaan yang berpusat di California, Amerika Serikat ini telah merilis Android versi kesembilan dengan kode Pie.

Berbeda dengan versi sebelum-sebelumnya, buat yang ke sepuluh ini manajemen Google memutuskan buat gak memberikan kode sandi berupa makanan manis atau dessert seperti Gingerbread, Ice Cream Sandwich serta Marshmallow.

Gak hanya dari sisi penamaan, terdapat beberapa fitur yang udah disiapkan buat mempersenjatai Android 10 di pasar smartphone dunia. Penasaran apa aja? Mending kita simak aja yuk langsung ulasan lengkapnya berikut ini:

Baca juga: Ada yang Harganya Ratusan Miliar, Ini 5 HP Termahal di Dunia

Android 10 kini mempunyai lebih banyak warna tema bagi penggunanya

android 10
Android 10 kini mempunyai lebih banyak warna tema bagi penggunanya, (androidcentral.com).

Mengutip dari Android Central buat kamu yang mudah bosan, versi ke sepuluh OS besutan Google ini mungkin cocok buat coba-coba karena memiliki kelebihan mengganti beberapa warna tulisan di menu tampilan.

Beberapa warna yang bisa kamu gunakan antara lain adalah hitam, hijau, ungu, biru laut, space, orchid dan cinnamon. Semua warna itu bisa kamu temukan di menu setting developer options. Jadi sekarang kamu bisa ubah warna tampilan tanpa harus merasa bosan lagi deh!

Baca juga: Gak Ribet! Begini Cara Buat Surat Keterangan Bebas Narkoba

Memiliki fitur dark theme

android 10
Memiliki fitur dark theme juga terdapat dalam OS Android ini, (androidcentral.com).

Selain bisa menggonta-ganti warna tema, Android 10 sekarang bisa menggunakan fitur dark theme yang lebih nyaman mata buat penggunanya.

Selain bisa meringankan kerja mata, dark theme juga mampu memperpanjang daya tahan baterai smartphone lho. Walaupun gak terlalu signifikan namun secara gak sadar ini bisa berkontribusi dalam pengalaman kamu menggunakan hp tertentu.

Baca juga: Tanpa Perlu Merogoh Kocek! Ini 5 Cara Aman Lacak HP Android yang Hilang

Subtitle otomatis di video yang kamu mainkan

android 10
Di Android ini kamu bakal langsung bisa menikmati subtitle langsung lho, (androidcentral.com).

Nah, salah satu keunggulan terbaru yang ada di Android 10 bernama Live Caption. Dengan fitur tersebut kamu bisa menampilkan subtitle secara real time di video yang sedang kamu mainkan.

Ini sangat berguna buat kamu yang kadang suka melihat video masak di YouTube atau platform streaming lainnya demi mencatat bahan-bahan makanan. Gak hanya menonton demo masak, semua video yang belum memiliki subtitle bisa memanfaatkan teknologi baru yang disiapkan oleh Google tersebut.

Gestur tombol home yang baru

Android 10
Gestur tombol home yang baru bikin menarik nih tampilan Android ini, (androidcentral.com).

Perubahan terakhir ditawarkan oleh Android 10 dibandingkan para pendahulunya adalah tombol home yang kini udah menghilang. Sebagai gantinya, disiapkan sebuah cara baru buat kembali ke layar utama yakni dengan gestur menggeser dari bawah ke atas.

Walaupun belum banyak orang yang terbiasa dengan cara ini tetapi diharapkan kedepannya para pengguna Android udah bisa terbiasa bila menggunakan sistem operasi seri ke sepuluh dan selanjutnya.

Nah, itulah 4 fitur terbaru yang ditawarkan oleh Android 10 terbaru. Menurut kamu fitur mana nih yang paling bikin penasaran buat digunakan? (Editor: Mahardian Prawira Bhisma).

Christantio Utama
Christantio Utama

Milenial yang merintis karier lewat dunia keuangan, karena segalanya butuh uang tapi uang bukanlah segalanya. Penonton setia Digimon dan penggemar olahraga otomotif Formula 1