Gak Usah Beli! Ini 4 Resep Aneka Kue Enak dan Lezat buat Lebaran

4 menit
aneka kue kering
Gak Usah Beli! Ini 4 Resep Aneka Kue Enak dan Lezat buat Lebaran, (Ilustrasi/Shutterstock).

Saat Lebaran rasanya gak lengkap ya kalau kue kering tidak tersajikan di rumah. Biar ringkes dan gak ribet ada nih resep aneka kue Lebaran yang praktis.

Buat bikin aneka kue kering emang dibutuhkan nih resep yang oke punya. Selain rasanya yang enak, praktis juga sangat diperlukan dalam bikin kue kering.

Biar gak penasaran, ada nih 7 resep aneka kue kering yang bisa kamu bikin sendiri di rumah saat menunggu buka puasa nih. Yuk, kita intip bareng-bareng di bawah ini:

Baca juga: Hingga Rp 1 Triliun, Ini 5 Kue Ulang Tahun Termahal di Dunia

1. Kue keju

aneka kue kering
Kue keju menjadi favorit kebanyakan orang nih saat Lebaran, (Ilustrasi/Shutterstock).

Kue Keju emang udah jadi favorit nih bagi kebanyakan orang saat Lebaran. Selain rasanya yang gurih dan penampilan menarik juga mesti diperhatikan nih. Gak usah lama-lama, yuk kita intip aja resepnya gimana

Bahan yang dibutuhkan

  • 100 gram mentega
  • 100 gram margarin
  • 30 gram kuning telur
  • 100 gram keju cheddar
  • 250 gram terigu serba guna
  • 12 gram maizena
  • 12 gram susu bubuk
  • 1 gram vanilla

Isian:

  • 75 gram filling cheese
  • 24 gram gula halus
  • 15 gram kuning telur
  • 15 gram whip cream
  • 10 gram maizena

Cara membuat kue keju:

  • Aduk mentega, margarin, dan gula halus. Kemudian, masukkan keju cheddar dan kuning telur, aduk rata.
  • Selanjutnya masukkan terigu, maizena, dan susu bubuk.
  • Istirahatkan adonan selama 15 menit.
  • Panggang selama 15 menit dengan suhu 160 derajat celcius.
  • Sambil menunggu, kamu bisa membuat isiannya. Kocok semua bahan isian menjadi satu, kemudian masukkan kedalam piping bag.
  • Semprotkan di atas adoanan yang udah dipanggang.

Kue kering ini kalau dijual harganya bisa mencapai Rp 80 ribuan per stoplesnya. Kamu bisa membelinya di toko kue terdekat di rumah mu atau e-commerce dan online shop.

Baca juga: Laris Manis dan Untung! Begini Tips Jalankan Bisnis Kue Kering Saat Lebaran

2. Lidah kucing

aneka kue kering
Lidah kucing salah satu kue favorit banyak orang saat lebaran, (Ilustrasi/Shutterstock).

Lidah kucing menjadi kue favorit kebanyakan orang nih saat Lebaran. Rasanya yang manis kaya akan butter dan teksturnya renyah bikin kamu gak berhenti mengunyah. Gimana nih cara bikin kue lidah kucing yang enak? Ini resep dan cara membuatnya yang praktis.

Bahan yang dibutuhkan:

  • 250 gram margarin
  • 180 gram gula halus
  • 6 putih telur
  • 2 bungkus vanili
  • 300 gram terigu
  • 2 sendok maizena
  • 4 sendok susu bubuk

Cara bikin kue lidah kucing:

  • Campurkan margarin, gula halus, dan vanili menggunakan mixer dengan kecepatan sedang selama dua menit.
  • Masukkan tepung terigu dan maizena yg sudah diayak, mixer hingga rata.
  • Aduk semua bahan dengan menggunakan mixer kecepatan sedang.
  • Masukkan ke dalam plastik segitiga.
  • Ambil sekitar 8 sendok adonan ke wadah lain, lalu campur susu bubuk, aduk hingga rata.
  • Masukkan campuran tersebut ke dalam plastik segitiga, lalu potong kecil ujungnya.
  • Siapkan loyang, lapisi dengan mentega terlebih dahulu, lalu taburkan sedikit tepung.
  • Sambil spuit adonan, panaskan oven dan panggang adonan hingga matang.

Buat satu stoples kue lidah kucing ini kisaran Rp 50 ribu hingga Rp 60 ribu. Kamu bisa cari di online shop atau toko kue terdekat rumah mu.

Baca juga: 6 Restoran Timur Tengah yang Pas buat Buka Puasa Bareng, Harganya?

3. Putri salju

Aneka kue kering
Putri salju jadi favorit kebanyakan orang saat Lebaran, (Ilustrasi/Shutterstock).

Putri salju salah satu jenis kue kering yang juga banyak penggemarnya. Kue ini udah umum banget dan juaranya saat Lebaran. Begini nih cara bikin kue putri salju yang ringkes.

Bahan yang dibutuhkan:

  • 145 gram mentega
  • 80 gram gula bubuk
  • 1/2 sendok teh garam
  • 80 gram tepung almond
  • 240 gram tepung terigu
  • 200 gram gula bubuk buat tampilan saju

Cara membuat putri salju

  • Panaskan oven hingga suhunya 175 derajat celcius.
  • Campur mentega, gula bubuk, dan garam, mixer dengan kecepatan sedang hingga menjadi adonan yang lembut.
  • Tambahkan tepung almond, lalu aduk kembali hingga adonan tercampur dengan baik dan merata.
  • Masukkan tepung terigu, aduk hingga rata menggunakan mixer dengan kecepatan rendah.
  • Bentuk adonan sesuai selera, lalu panggang selama 15-20 menit hingga permukaannya terlihat mengeras. Usahakan warnanya masih kuning keemasan.
  • Selagi masih hangat, masukkan kue ke dalam mangkuk yang berisi gula bubuk, selimuti hingga tertutup gula secara sempurna.
  • Dinginkan kue terlebih dahulu, lalu lumuri kue dengan gula kembali hingga tampak putih.

Buat satu stoples kue putri salju ini biasanya dijual kisaran Rp 60 ribu hingga Rp 70 ribu. Kalau gak mau repot bikin, kamu bisa membelinya di toko roti atau e-commerce bahkan online shop juga ada lho.

4. Kue brownis

aneka kue kering
Brownis salah satu kue lebaran yang wajib ada nih saat Lebaran, (Ilustrasi/Shutterstock).

Kue cokelat atau brownies pada umumnya juga banyak tersajikan saat Lebaran. Teksturnya yang lembab alias fudgy, bikin si kue brownis ini banyak penggemarnya. Bikin kue ini termasuk mudah dan gak repot kok. Yuk, kita intip aja gimana cara bikinnya.

Bahan yang dibutuhkan:

  • 150 gram dark chocolate
  • 50 gram mentega
  • 40 ml minyak goreng
  • 150 gram gula halus
  • 100 gram tepung serbaguna
  • 35 gram cokelat bubuk

Cara membuat brownis:

  • Lelehkan cokelat hitam, mentega, minyak dengan cara ditim.
  • Kocok telur dan gula halus menggunakan whisk hingga gula larut.
  • Masukkan lelehan cokelat yang udah agak dingin, aduk rata.
  • Masukkan tepung terigu dan cokelat bubuk, aduk lagi hingga merata atau adonan terasa kental dan berat.
  • Cetak adonan ke dalam cetakan yang udah dilapisi kertas roti.
  • Panggang dalam oven dengan suhu 150 derajat celcius hingga matang.

Biasanya nih buat kue ini kalau kamu beli harganya kisaran Rp 60 ribu hingga Rp 80 ribu di e-commerce atau bakery.

Nah, itu dia resep aneka kue kering yang bisa kamu bikin di rumah bareng adik atau kakak. Seraya menunggu ngabuburit, kamu bisa kok bikin satu macam resep aneka kue kering di atas. (Editor: Mahardian Prawira Bhisma)

Mahardian Prawira
Mahardian Prawira

Penyuka cokelat dan kopi ini perlahan mulai menyukai dan mempelajari dunia finansial, keuangan dan bisnis di era digital saat ini.

Mau lebih cerdas kelola uang?

Dapatkan tips saham, karier, inspirasi bisnis dan konten menarik lainnya!