Gak Sampai Rp 100 Ribu, 5 Sajian Kuliner Jakarta Ini Punya Rasa yang Menggoda

4 menit
Kuliner Jakarta yamg bisa dinikmati dengan bujet di bawah Rp 100 ribu. (Shutterstock)
Kuliner Jakarta yamg bisa dinikmati dengan bujet di bawah Rp 100 ribu. (Shutterstock)

Ada beberapa kuliner Jakarta yang ngehit banget di kalangan pecinta kuliner. Kalau kamu belum pernah ke Jakarta atau sudah lama tinggal di Ibu Kota tapi belum banyak mencicipi makanan-makanan di kota ini, gak ada salahnya berkunjung ke tempat-tempat yang MoneySmart hadirkan di sini. 

Soal rasa, jangan ditanya lagi deh. Kamu bakal terus membicarakan kuliner-kuliner Jakarta ini ke keluarga dan teman-temanmu. Malahan kamu bisa sampai mengajak mereka ke sana buat ikut mencicipinya.

Harga kuliner-kuliner Jakarta ini pun termasuk ramah di kantong. Pastinya, gak mahal-mahal banget deh. Dengan harga segitu, kamu bakal kenyang dan puas.

Penasaran apa aja kuliner-kuliner Jakarta yang kabarnya hit banget? Gak usah berlama-lama, langsung aja yuk dicek daftarnya.

Baca juga: Ini 3 Durian Terenak dan Termahal, Harganya Ada yang Rp 2,6 Juta Lho!

1. Kuliner Jakarta, Soto Betawi H. Ma’ruf

Menu soto betawi di Warung Soto Betawi H. Maruf. (sotobetawimaruf.com)
Menu soto betawi di Warung Soto Betawi H. Maruf. (sotobetawimaruf.com)

Menyediakan makanan khas Betawi, Soto Betawi H. Ma’ruf menjadi pilihan kuliner Jakarta yang wajib dicoba. Dilansir dari Kompas, di warung makan ini kamu bakal tahu seperti apa rasanya soto Betawi yang diwariskan turun-temurun sejak tahun 1940.

Karena campuran rempah yang terasa pada racikan bumbunya, pakar kuliner William Wongso sampai menyebut kuliner Jakarta yang satu ini sebagai cikal bakalnya soto Betawi. Soto Betawi H. Ma’ruf bisa kamu temukan di Komplek Taman Ismail Marzuki, Cikini, Menteng, Jakarta Pusat.

Buat mengecap rasa Soto Betawi H. Ma’ruf, kamu harus merogoh kocek mulai dari Rp 40 ribu – Rp 42 ribu. Gak cuma soto yang ditawarkan di sini, kamu juga bisa mencicipi rasa dari sate ayam, sate kambing, sate sapi, ayam goreng, dan laksa Betawi khas H. Ma’ruf.

Baca juga: Deretan Restoran Termahal di Dunia, Bayangin Aja Sekali Makan Rp 30 Juta!

2. Sate dan Sop Kambing H. Mansur

Kuliner Jakarta Sate dan Sop H. Mansur. (Zomato.com)
Kuliner Sate dan Sop kambing H. Mansur. (Zomato.com)

Kuliner Jakarta yang satu ini juga jangan kamu lewatkan kelezatannya. Banyak orang yang merekomendasikan warung makan ini sebagai pilihan kalau pengin makan sate dan sop kambing.

Dagingnya yang empuk dan rasanya yang juara menjadi magnet yang membuat warung makan ini gak pernah sepi pembeli. Udah gitu, daging kambing yang dimasak gak berbau. Kamu pun bisa-bisa gak menyangka kalau itu adalah daging kambing.

Harga yang dipatok buat mencoba sate dan sop kambing ala H. Mansur adalah mulai dari Rp 35 ribu – Rp 40 ribu. Sate dan Sop Kambing H. Mansur berlokasi di Jalan KH. Abdullah Syafei, Bukit Duri, Tebet, Kota Jakarta Selatan. Warung ini buka dari pukul 10 pagi – 9 malam.

Baca juga: Gak Berasa di Ibu Kota, Ini 5 Tempat Makan di Jakarta yang Bernuansa Alam

3. Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih Jakarta

Kuliner Jakarta Nasi Goreng Kebon Sirih. (Instagram/@nasigorengkambingkebonsirih)
Kuliner Nasi Goreng Kebon Sirih. (Instagram/@nasigorengkambingkebonsirih)

Suka banget sama nasi goreng? Mampir deh ke Kebon Sirih. Di sana kamu bisa temukan sajian nasi goreng kambing yang udah kesohor banget. Cita rasa yang ditawarkan Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih Jakarta bikin warung ini jarang banget sepi pengunjung.

Di Jakarta, nama Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih Jakarta udah melegenda. Kuliner Jakarta ini diketahui mulai ada sejak tahun 1958. Almarhum Haji Nein adalah orang di balik kesuksesan warung makan nasi goreng ini.

Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih ditawarkan mulai dari harga Rp 41 ribu – Rp 67 ribu. Kamu juga bisa memesan sajian lainnya, seperti nasi kambing guling, mi goreng kari kambing, sate kambing, sate ayam, hingga kambing guling.

Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih Jakarta berlokasi di Jalan Kebon Sirih, Barat Dalam I No.09, RT.3/RW.2, Kebon Sirih, Menteng, Kota Jakarta Pusat. Warung nasi goreng ini dibuka dari pukul 10 pagi hingga 2 pagi.

4. Gado-Gado Bon Bin

Kuliner Jakarta Gado-Gado Bon Bin. (Zomato.com)
Kuliner Gado-Gado Bon Bin. (Zomato.com)

Banyak sajian gado-gado yang disuguhkan di Jakarta. Dari sekian banyak pilihan yang ada, Gado-Gado Bon Bin menjadi salah satu yang menawarkan rasa yang bikin banyak orang kepincut setelah mencobanya.

Saking enaknya Gado-Gado Bon Bin ini, almarhum Presiden Abdurrahman Wahid alias Gus Dur sampai meminta ajudannya memesan dua porsi Gado-Gado Bon Bin. Infonya nih, Gus Dur merupakan salah satu pelanggan loyal Gado-Gado Bon Bin ini.

Gak sedikit orang yang bertanya-tanya mengenai asal usul nama Bon Bin pada warung makan ini. Rupanya pemilihan nama tersebut gak lepas dari nama Jalan Cikini IV No. 5 yang dulunya bernama Jalan Bonbin III karena keberadaan kebun binatang di sana.

Harga gado-gado yang ditawarkan mulai dari Rp 34 ribuan – Rp 36 ribuan. Gado-Gado Bon Bin dibuka dari pukul 10 pagi – 5 sore.

5. Ketoprak Ciragil

Kuliner Jakarta Ketoprak Ciragil. (Zomato.com)
Kuliner Ketoprak Ciragil. (Zomato.com)

Lagi kepengin makan ketoprak? Cobain deh Ketoprak Ciragil yang berlokasi di Jalan Senopati. Warung makan yang menawarkan ketoprak ini disebut-sebut sebagai salah satu warung makan legendaris di Jakarta.

Disuguhkan dengan berselimutkan telor dadar, Ketoprak Ciragil disebut-sebut punya rasa terbaik. Harganya pun terjangkau. Cukup mengeluarkan uang Rp 18 ribuan – Rp 25 ribuan, kamu udah bisa merasakan kenikmatan sajian kuliner Jakarta yang satu ini.

Kamu bisa menemukan Ketoprak Ciragil di Jl. Ciragil II No.24, Rawa Barat, Kebayoran Baru, Kota Jakarta Selatan. Warung makan ini buka dari pukul 9.30 pagi – 5 sore.

Nah, itu tadi aneka pilihan kuliner di Jakarta yang wajib dicoba kelezatannya. Tanpa harus merogoh kocek dalam-dalam, kamu udah bisa merasakan sensasi enaknya suguhan kuliner legendaris di Jakarta. Gimana? Udah ada belum yang masuk daftar buruanmu? (Editor: Ruben Setiawan)

Boby
Boby

Lama bergelut dengan ensiklopedia. Kini fokus dengan urusan finansial. Di mana pun berada selalu berusaha sajikan karya yang terbaik. Semoga bermanfaat!