Gak Sampai Rp 50 Ribu, Kamu Bisa Bikin Minuman Segar Ini di Rumah

3 menit
Minuman segar gak mesti beli dan keluar banyak uang, bikin aja di rumah salah satu cara yang hemat, (Ilustrasi/pexels.com).

Banyak merek dan rasa minuman segar beredar di pasaran nih. Biar gak boros pengeluaran coba deh kamu bikin minuman segar ini di rumah hanya bermodalkan uang gak sampai Rp 50 ribu.

Kalau kamu lagi haus atau capek habis berolahraga, emang paling enak menikmati minuman yang segar dengan aneka rasa. Biasanya pasti kamu mencari di supermarket atau toko yang menjual minuman segar.

Dengan kemasan plastik serta warna-warnanya yang menarik emang bikin kamu makin berdahaga ya pas melihatnya. Tapi kalau keseringan beli minuman segar di toko atau supermarket, mau gak mau kamu mengeluarkan banyak uang nih.

Emang gak bakal kehitung berapa besar uang yang udah kamu keluarkan buat bayar minuman segar kesukaan. Tahu-tahu kalau dihitung uang yang kamu keluarkan gede banget nih nominalnya.

Baca juga: Bosan Sama Es Teh? Kreasikan Jadi 5 Minuman Bermodal Rp 40 Ribu Ini

Biar hemat pengeluaran coba deh kamu bikin minuman segar ini di rumah aja. Aneka rasa minuman ini bisa kamu bikin di rumah tanpa mengeluarkan banyak uang.

Mau tahu apa aja? Nah, MoneySmart.id udah merangkum nih minuman apa aja yang paling pas kamu bikin di rumah dan bisa dibawa setiap harinya ke kantor atau kampus. Yuk, kita lihat bareng-bareng.

1. Teh rasa buah

Minuman teh dengan irisan buah juga bisa jadi alternatif, (Ilustrasi/pexels.com).

Minuman teh dengan aneka rasa buah bisa banget sih kamu bikin di rumah. Bikin minuman teh ini kamu tinggak kreasikan dengan aneka buah yang ada di lemari pendingin kamu.

Buat minuman ini kamu bisa pakai juga persediaan teh yang ada di dapur. Nah, kamu seduh daun teh keringnya dengan air panas lalu tambahkan irisan buah pepaya atau lemon.

Baca juga: Pengin Hemat? Coba Deh Mulai Stop Beli Makanan dan Minuman Ini

Biar makin segar, minuman teh ini kamu tambahkan es batu secukupnya. Buat bikin minuman segar ini gak perlu keluarin banyak uang.

2. Timun serut

Dengan bahan mentimun kamu juga bisa bikin minuman segar di rumah, (Ilustrasi/pexels.com).

Buat kamu yang emang pengin bikin minuman segar bisa pilih yang satu ini. Minuman dengan timun serut bisa lho kamu bikin di rumah.

Cukup membeli mentimun di pasar tradisional terdekat rumah kamu buat bikin minuman ini. Hanya dengan mengeluarkan uang kisaran Rp 15 ribu buat 1 kg mentimun lho.

Baca juga: 7 Resep Minuman Buka Puasa Bujet Rp 100 Ribu Buat Seminggu

Cuci bersih dan serut buah mentimun yang tadi kamu beli. Masukkan ke dalam gelas lalu tambahkan gura dan perasan air jeruk lemon. Buat bikin minuman ini kamu cuma perlu modal kisaran Rp 20 ribu aja lho.

3. Es kopi

Es kopi buatan rumah juga enak dan hemat kantong kok, (Ilustrasi/shutterstock).

Ketimbang beli es kopi kekinian dengan harga kisaran Rp 20 ribu, mendingan kamu bikin sendiri deh di rumah. Cukup sediakan kopi yang ada di rumah dan air mendidih plus gula.

Seduh kopi dengan air panas lalu tambahkan es batu serta susu kental manis aja. Nah, bikin minuman ini kamu cuma membutuhkan uang kisaran Rp 18 ribuan buat beli susu kental manis.

4. Es jahe

Minuman jahe bisa menjadi minuman segar kalau kamu tambahkan es batu, (Ilustrasi/pexels.com).

Resep ini bisa banget sih kamu tiru dan bikin di rumah. Buat yang suka dengan minuman berempah kamu bisa bikin es jahe ini di rumah.

Caranya mudah nih, kamu tinggal beli jahe segar dengan harga kisaran Rp 20 ribu di pasar tradisional. Lalu rebus jahe yang udah dicuci, masukkan ke dalam air mendidih masak hingga matang.

Usai aroma jahe tercium, kamu tinggal tambahkan gula atau madu yang ada di rumah kamu. Mau lebih segar bisa tambahkan es batu lho.

Nah, gimana nih udah dapat bayangkan mau bikin minuman segar apa buat di rumah? Ketimbang kamu mesti beli minuman kemasan setiap harinya yang ada bakal boros nih pengeluaran.

Cara ini mudah sih kamu ikuti dan yang pasti gak mesti mengeluarkan banyak uang buat menikmati segelas minuman segar. Kalau udah keseringan nih nanti kamu pasti bakal tahu sendiri berapa hematnya.

Uangnya bisa kamu simpan lho buat tabungan atau mau mencoba investasi emas. Mulai dari sekarang coba buat belajar hemat. (Editor: Mahardian Prawira).

Mahardian Prawira
Mahardian Prawira

Penyuka cokelat dan kopi ini perlahan mulai menyukai dan mempelajari dunia finansial, keuangan dan bisnis di era digital sekarang ini.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

MoneySmart Singapore MoneySmart Indonesia MoneySmart Hong Kong