Ada KD hingga Mulan Jameela, Anggota DPR yang Hanya Lulusan SMA

4 menit
Mulan Jameela (Instagram/@mulanjameela1)

Sebanyak 575 anggota DPR RI 2019-2024 yang telah dilantik pada Selasa, 1 Oktober, 39 orang di antara mereka hanya lulusan SMA. Dari ke-39 orang yang hanya lulusan SMA tersebut, ada Krisdayanti (KD) dan Mulan Jameela. 

Ke-39 anggota dewan yang hanya lulusan SMA atau sederajat itu kini menjadi sorotan karena di antara sosok-sosok tersebut ada beberapa publik figur yang untuk kali pertama melenggang ke Senayan.  

Meski berdasarkan UU Pemilu No 7/2017 tertuang, syarat riwayat pendidikan rekrutmen Tenaga Ahli (TA) anggota DPR/DPRD Kota dan Provinsi serendah-rendahnya tamat SMA/SMK/MA, para anggota dewan yang hanya lulusan bangku SMA kini jadi topik pembicaraan.

Lantas, berapa banyak sih anggota DPR 2019-2024 yang hanya lulusan SMA/sederajat? 

Data anggota DPR lulusan SMA

lulusan sma
Data anggota DPR (Instagram/@krisdayantilemos)

Berdasarkan data Komisi Pemilihan Umum (KPU), ada 56 anggota DPR terpilih 2019-2024 yang merupakan lulusan SMA.

Sementara itu, lulusan D3 sebanyak 6 anggota, lulusan D4/S1 sebanyak 198 anggota, lulusan S2 sebanyak 210 anggota, dan lulusan S3 sebanyak 53 anggota. Lalu, ada 52 anggota yang menempuh pendidikan lainnya.

Namun, berdasarkan data Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia (Formappi) mencatat, ada 58 anggota DPR yang hanya lulusan SMA/sederajat. 

Yaitu, PKB (8 orang), Gerindra (5 orang), PDIP (11 orang), Golkar (5 orang), NasDem (7 orang), PAN (5 orang), PKS (7 orang), PPP (4 orang), dan Demokrat (6 orang).

Namun, Formappi tak merinci siapa saja 58 anggota DPR yang hanya tamatan SMA/sederajat tersebut. 

Data caleg tersebut dapat diketahui website KPU. Hanya saja, data di KPU banyak yang tak akurat. Dengan melihat kolom ‘pendidikan’, banyak caleg lulusan luar negeri ditulis hanya lulusan SMA/sederajat.

Taruh saja seperti politikus PDIP di Sumatera Utara, Sihar Sitorus ditulis dalam data itu berpendidikan terakhir SMA/sederajat. 

Padahal, banyak referensi yang menyebut Sihar bahkan sudah menyandang gelar doktor administrasi bisnis dari Manchester Business School, Inggris. 

Data KPU lalu dikroscek dengan data di website DPR, beberapa bisa melengkapi kekurangan data di website KPU tersebut. 

Di antaranya ada kolom pendidikan kosong, tapi sudah memiliki gelar pendidikan di website KPU/DPR. Lainnya, riwayat pendidikan ditemukan dari website lain.

Selain KD dan Mulan Jameela dalam daftar 39 anggota DPR lulusan SMA/sederajat, pejabat pemerintahan berikut ini juga hanya lulusan SMA. Siapa saja? Yuk, simak:

Mulan Jameela

lulusan sma
Mulan Jameela (Instagram/@mulanjameela1)

Mulan Jameela harus melalui proses panjang sebelum ditetapkan menjadi anggota DPR periode 2019-2024. Usai melalui gugatan kepada Partai Gerindra dan menggeser kedudukan dua koleganya, istri Ahmad Dhani itu akhirnya dilantik dan resmi melenggang ke Senayan.

Namun, Mulan yang meraih 24.192 suara dari dapil Jawa Barat XI kembali jadi sorotan setelah latar belakang pendidikannya tidak bisa ditemukan di laman resmi DPR RI.

Pendidikan Mulan Jameela sendiri dalam keterangan yang tertera dalam situs resmi DPR RI, riwayat pendidikan, riwayat pekerjaan, riwayat organisasi, riwayat pergerakan, dan riwayat penghargaan Mulan Jameela, tertulis “data tidak ditemukan”. 

Dalam website resmi tersebut, data Mulan Jameela yang terisi hanyalah bagian No anggota, tempat/tanggal lahir, dan agama. 

Namun, lewat data Partai Gerindra riwayat pendidikan Mulan Jameela diketahui. Ibu empat anak itu merupakan lulusan SMA.

Baca juga: Penampilan Ketua DPR Puan Maharani, KD Hingga Mulan Jameela Saat Dilantik

Krisdayanti

lulusan sma
Krisdayanti (Instagram/@krisdayantilemos)

Krisdayanti salah satu artis Tanah Air yang sukses melenggang ke Senayan sebagai anggota DPR RI periode 2019-2024.

Baru sepekan menjadi anggota dewan, istri pengusaha Raul Lemos itu blak-blakan mengakui hanya lulusan SMA. 

Mendapat perolehan 132.131 suara lewat dapil Jawa Timur V, wanita yang akrab disapa KD itu memastikan, pendidikan terakhir bukanlah faktor utama dalam menentukan dan mengukur kapasitas seseorang.

Hal terpenting baginya, komitmen dia memperjuangkan aspirasi masyarakat melalui lembaga legislatif.

Apalagi, PDI Perjuangan (PDIP) sebagai kendaraan politiknya tak pernah mempermasalahkan latar belakang pendidikan kader. Begitu juga dengan dirinya yang juga tak mau ambil pusing soal penilaian orang lain.

Sebelum KD dan Mulan Jameela, Susi Pudjiastuti sudah lebih dulu sukses jadi pejabat negara. 

Susi Pudjiastusti

Lulusan SMA
Susi Pudjiastuti (Instagram/@susipudjiastuti115)

Meski bukan menjadi anggota dewan, Susi justru berhasil menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan menteri di kabinet kerja Presiden Jokowi pada tahun 2014.

Hal itu membanggakan lantaran dia hanya lulus dalam pendidikan formal melalui Paket C yang berarti setara kelas 2 SMA.

Meski hanya menjadi menteri tanpa gelar panjang yang menyertainya, itu yang cukup menarik masyarakat untuk semakin kritis menilai siapa dan apa saja sumbangsih Beliau untuk negara selama ini.

Menteri Susi sukses menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan hingga akhir masa jabatannya tahun 2019 ini.

Itulah KD hingga Mulan Jameela yang masuk dalam jajaran anggota DPR RI lulusan SMA. Semoga keduanya tetap bisa menjadi wakil rakyat yang membanggakan!

Chaerunnisa
Chaerunnisa

Senang menulis dan belajar banyak hal. Semoga karya saya selalu bisa dinikmati dan bermanfaat bagi semua.