Berharta Rp 198 Juta Gak Punya Mobil, Ini Fakta Anggota DPR Muda Arkanata Akram

3 menit
Arkanata Akram, Anggota DPR RI Muda dengan Total Kekayaan Rp 198 Juta (Facebook).

Belum lama ini, media merilis deretan nama anggota DPR RI terbaru dari kalangan millenial. Salah satunya adalah seorang pria Samarinda Arkanata Akram.

Satu hal yang cukup unik dari pria ini adalah, usianya yang ternyata masih 23 tahun. Tapi bulan depan dia sudah genap berusia 24 tahun.

Berarti, usianya memang gak jauh beda sama Hillary Brigitta Lasut yang dinobatkan sebagai anggota DPR RI Termuda. 

Selain masih muda, ada satu hal lagi yang cukup mencolok tentang pria ini. Apalagi kalau bukan jumlah hartanya yang menurut Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) 2019, cuma sebesar Rp 198 juta. 

Itu semua ternyata berasal dari kas lho. Dia sama sekali gak tercatat memiliki mobil atau properti. Ingin tahu sekilas fakta seputar Arkanata Akram? Berikut ulasannya.

1. Putra Gubernur Kalimantan Utara

Anggota DPR RI
Arkanata merupakan putra Gubernur Kalimantan Utara (Facebook).

Anggota DPR RI muda ini ternyata adalah putra bungsu dari Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara), Irianto Lambrie.

Kaltara sendiri adalah provinsi termuda di Republik Indonesia. Wilayah ini disahkan sebagai provinsi dalam rapat paripurna DPR pada tanggal 25 Oktober 2012 berdasarkan Undang-undang Nomor 20 Tahun 2012. 

Nah, pak Irianto ini akhirnya terpilih sebagai Gubernur pertama di provinsi baru itu. 

Sebagai gubernur, tugas Irianto dalam mengurus provinsi baru ini tentu cukup berat. Salah satunya adalah menyelesaikan tapal batas Kalimantan Utara dengan Kalimantan Timur yang belum jelas.

2. S2 di Australia dan lulus Cumlaude

Anggota DPR RI
Arkanata Akram (Facebook).

Pria ini mengenyam pendidikan jenjang S1 di Universitas Indonesia, Jurusan Teknik Kimia. Jurusan yang gak gampang tentunya, tapi IPK Arkanata 3,61! Dia juga seorang cumlaude.

Hal lain yang harus kamu ketahui soal Arkanata Akram ini tentu saja adalah prestasinya di bidang akademik. Ternyata kader Partai Nasdem ini adalah lulusan University of Queensland di jurusan Teknik Kimia.

Pria yang akrab disapa Nata ini juga berhasil lulus dengan predikat Cumlaude. Bayangkan saja, cuma butuh delapan bulan untuk menyelesaikan jenjang pendidikan S2nya! Cepet banget ya.

Alhasil Nata menyandang gelar Master Engineering Science (MEng.Sc). Dalam artikel yang diunggah oleh Tribun Kaltim, Irianto sempat berkomentar tentang kelulusan putra tercintanya ini.

Memang gak dipungkiri bahwa sebagai seorang ayah, Irianto cukup bangga. Pasalnya, University of Queensland ini adalah kampus unggulan lho dan masuk 10 besar universitas terbaik di Asia Pasifik. 

3. Pernah magang di Pupuk Kaltim

Anggota DPR RI
Arkanata Akram (Instagram)

Karier Nata juga gak langsung dimulai di dunia politik. Dia sempat menjalani proses magang di Pupuk Kaltim, sebuah perusahaan pupuk yang berbasis di Bontang.

Pupuk Kaltim sendiri adalah anak usaha dari PT Pupuk Indonesia Holding Company (Persero) yang dulu dikenal dengan nama Pupuk Sriwidjaja. 

Menurut informasi di akun LinkedIn pribadinya, Nata memang gak pernah tercatat bekerja di beberapa perusahaan lainnya. Setelah proses magang ini, dia memang mulai fokus untuk mencalonkan diri sebagai wakil rakyat.

4. Revolusi Pertanian 4.0

Anggota DPR RI
Arkanata Akram (Facebook)

Kehadiran anggota DPR RI millenial ini tampaknya bakal membawa angin segar terkait Revolusi Pertanian 4.0. 

“Dengan data yang lengkap dan komprehensif, agar bisa dipetakan lahan-lahan pertanian rakyat yang kecil-kecil dan terpencar. Dengan begitu, kita bisa mengetahui kebutuhan alsintan (alat industri pertanian) apa yang sebenarnya didambakan petani-petani rakyat serta mengetahui potensi yang ada,” demikian pernyataan Nata yang tercantum di artikel situs Partai Nasdem. 

Menurut Nata, Indonesia bisa memaksimalkan Badan Pusat Statistik (BPS) untuk mengumpulkan data-data yang dimaksud. Mengingat era Industri 4.0 ini memang sangat bergantung pada data, bukan hanya pengumpulan data lho ya melainkan juga analisa data.

Setelah data terhimpun dan permasalahannya sudah di analisa, maka dari situlah muncul solusi terbaik untuk mengatasi masalah yang ada. Itulah sekilas tentang Arkanata Akram. Selamat bertugas ya, semoga amanah! (Editor: Winda Destiana Putri).

Aulia Akbar
Aulia Akbar

Sebagai mantan jurnalis dan praktisi humas, saya memutuskan untuk menekuni beladiri paling ekstrim di dunia. Di kesempatan yang sama, izinkanlah saya untuk berbagi tips keuangan dan cerita inspiratif buat Anda.