Hadiri Acara Pendukung Jokowi, Begini Karier Pengusaha Anindya Bakrie

3 menit
Anindya Bakrie (Instagram/@anindyabakrie)

Kalian mungkin sudah gak asing lagi dengan nama Anindya Bakrie. Pengusaha sukses itu kemarin Kamis 21 Maret malam mendatangi acara deklarasi dukungan 10 ribu pengusaha untuk Jokowi dan Ma’ruf Amin.

Dikutip dari Viva, sebelum menyampaikan sambutannya, Jokowi sempat memberikan sapaannya kepada bos TV One itu. Kehadirannya di acara Jokowi tentu sangat mengherankan.

Pasalnya, selama ini Anin gak pernah secara terbuka memberikan dukungan dalam pilihan politik.

Anak pertama dari Aburizal Bakrie ini juga terbilang pasif di dalam dunia politik, meski sang ayah aktif dan sempat beberapa kali memegang jabatan penting di Partai Golkar.

Sebagai pengusaha muda berbakat ia telah menyabet beragam penghargaan. Tapi, apa kamu sudah tahu bagaimana perjalanan kariernya hingga bisa menjadi sesukses saat ini?

Dan, apakah kamu tahu gurita bisnis yang dijalani oleh Anindya Bakrie? Yuk simak ulasan berikut ini.

Anindya Bakrie lulusan sekolah luar negeri

Anindya Bakrie lahir pada 10 November 1974. Ia merupakan generasi ketiga dari keluarga pengusaha Bakire. Meskipun terlahir dari keluarga yang mapan, Anin gak melupakan pendidikan.

Dikutip dari Tempo, putra sulung Aburizal Bakrie ini lulus studi di Northwest University Evanston, Illinois pada tahun 1996. Saat itu ia mengambil jurusan teknik industri.

Gak cuma gelar sarjana, Anin kemudian melanjutkan studi masternya di Stanford Graduate School of Business, California. Sempat bekerja beberapa tahun di Salomon Brothers, Wall Street, Amerika Serikat, tapi kemudian ia diminta pulang ke Indonesia.

Saat itu, tengah terjadi krisis moneter, dan Anin diminta untuk membantu mengurusi kerajaan bisnis keluarga yang terdampak krisis. Dari sinilah ia mulai terlibat dalam bisnis-bisnis keluarga Bakrie.

Baca juga: Wow, Bisnis Bakrie Jadi Penyumbang Pajak Terbesar Indonesia

Memegang jabatan penting di Viva Group

Viva Group atau PT Visi Media Asia merupakan salah satu perusahaan media terbesar di Indonesia. Di bawah group ini, kamu pasti sudah gak asing lagi dengan TV One, ANTV, dan viva.co.id.

Nah Anindya Bakrie tercatat sebagai CEO dari PT Visi Media Asia ini, artinya seluruh proses bisnis ada di tangannya.

Hingga kini, perusahaan-perusahaan tersebut sudah menjadi salah satu media terpercaya dengan jumlah pembaca dan penonton mencapai jutaan orang.

Saking suksesnya di industri media, Anin tak jarang sering mengisi materi-materi di seminar tentang perkembangan teknologi komunikasi.

Seperti yang terbaru pada bulan Januari lalu dia menjadi pembicara di acara IDN Times yang bertajuk ‘The Future of Media’, bersama dengan Menteri Komunikasi Rudiantara.

Baca juga: Kamu Pengusaha? Ini 4 Wejangan dari Orang Terkaya ke 9 di Indonesia Biar Sukses

CEO PT Bakrie Global Ventura

Anindya Bakrie (Instagram/@anindyabakrie)Bakrie Global Ventura merupakan salah satu perusahaan terbesar dan tertua di Indonesia. Grup ini memiliki cabang perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan, minyak dan gas, infrastruktur, perkebunan, dan properti.

Nah, di perusahaan ini Anindya Bakrie menjabat sebagai CEO sejak tahun 2012 hingga sekarang. Wah, kebayang dong gimana tajirnya!

Petinggi klub sepak bola Oxford United

Selain bisnis, Anindya Bakrie terkenal sebagai orang yang doyan olahraga. Dia bahkan pernah didapuk sebagai Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Renang Seluruh Indonesia.

Kedekatannya dengan Erick Thohir, pengusaha yang sama-sama memiliki saham di Viva Group ini membuat keduanya menjalin kerja sama lebih jauh. Salah satunya adalah membeli sebagian saham klub sepakbola asal Inggris Oxford United.

Klub kasta ketiga ini mayoritas dimiliki oleh pengusaha asal Thailand. Tapi baik Anindya Bakrie dan Erick Thohir didapuk sebagai petingginya dengan jabatan dewan direksi.

Itulah fakta mengenai karier pengusaha Anindya Bakrie yang baru-baru ini menghadiri deklarasi dukungan pengusaha untuk Jokowi. (Editor: Chaerunnisa)

Okky Budi
Okky Budi

Penggemar Tsubasa yang jadi sarjana sosial. Kini secara sengaja masuk ke dunia finansial. Semoga bisa memberikan tulisan yang bermanfaat buat pembaca.