Disiapkan buat Amankan 22 Mei, Berapa Harga Anjing-Anjing K-9 Milik Hendropriyono?

3 menit
hendropriyono
Mantan Kepala BIN, AM. Hendropriyono. (Tempo)

A.M. Hendropriyono, mantan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN), mengaku siap membantu mengamankan ibu kota saat pengumuman hasil pemilu pada 22 Mei. Ia menawarkan anjing-anjing K-9 atau anjing pelacak miliknya buat mengantisipasi aksi yang berujung ricuh.

Hendropriyono sebelumnya memamerkan kebolehan anjing-anjingnya setelah selesainya acara Musyawarah Besar Kaum Muda Indonesia di Gedung Djoeang 48. Ada 152 ekor anjing terlatih milik Ketua Umum PKPI ini yang siap diterjunkan pada tanggal 22 Mei. Namun, Hendro mengaku akan menyisakan sebagian untuk menjaga rumahnya sendiri.

Dilansir dari Suara.com, pasukan anjing K-9 milik Hendropriyono diketahui berjenis Belgian dan German Shepherd. Kabarnya nih harga kedua jenis anjing tersebut bisa tembus puluhan juta rupiah lho per ekornya.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut ini Moneysmart bikin ulasan tentang jenis-jenis anjing K-9 tersebut. Yuk, disimak.

Baca juga: Cerita Spike, Anjing Selebgram Keruk Ratusan Juta dari Instagram

Apa itu anjing K-9?

hendropriyono
Apa itu anjing K-9? (Unsplash/@altinodantas)

Banyak orang yang mungkin masih asing dengan nama K-9. Kalau anjing pelacak atau polisi, pasti semuanya tahu. Nah, istilah K-9 ini merujuk pada anjing pelacak atau anjing polisi.

Istilah K-9 merupakan homofon dari canine, nama genus Latin dari anjing. Anjing K-9 tentu aja menjadi anjing spesial. Sebab anjing ini dilatih secara khusus membantu polisi atau aparat dalam melakukan penindakan hukum.

Di kepolisian, anjing ini diberi tugas buat mencari narkoba, bahan peledak, melacak orang hilang, mencari bukti TKP, hingga menyerang orang-orang yang menjadi target polisi. Selain itu, anjing ini bisa mencium target dari jarak 50 – 100 meter.

Anjing-anjing K-9 biasanya berjenis German Shepherd, Belgian Malinois, Bloodhound, Dutch Shepherd, dan Indian pariah dog.

Baca juga: Seharga Rp 6,5 Miliar, Inikah Rumah Anjing Termewah di Dunia?

Segini harga anjing Belgian Malinois dan German Shepherd milik Hendropriyono

Sebanyak 152 ekor anjing yang dimiliki A.M. Hendropriyono diketahui berjenis Belgian Malinois dan German Shepherd. Lalu, berapa harga satu ekor jenis anjing tersebut?

1. Belgian Malinois

hendropriyono
Belgian Malinois. (Pixabay)

Jenis anjing K-9 yang satu ini diketahui dijual pada kisaran harga Rp 30 juta per ekornya. Sementara Belgian Malinois puppies dijual pada harga Rp 7 juta – Rp 7,5 jutaan.

Kalau dilihat sekilas, anjing Belgian Malinois ini mirip dewa kematian Mesir kuno, Anubis. Anjing dengan warna bulu dominan cokelat dan sedikit hitam ini dikenal sebagai anjing setia yang selalu mengikut pemiliknya.

Belgian Malinois merupakan salah satu jenis dari Belgian Shepherd yang adalah jenis anjing gembala di Belgia. Ukuran jenis anjing K-9 ini bisa mencapai 61 – 66 cm, sedangkan beratnya sekitar 20 – 30 kg.

Belgian Malinois yang terlatih disebut aktif, cerdas, ramah, protektif, waspada, dan memiliki energi yang terbilang tinggi. Ditambah lagi, nafsu makan anjing ini terbilang tinggi. Jadi, kalau memelihara anjing jenis ini, siap-siap merogoh kocek yang dalam ya.

2. German Shepherd

hendropriyono
German Shepherd. (Pixabay)

Sementara German Shepherd yang dimiliki Hendropriyono diketahui memiliki harga yang bervariasi. Harga jual anjing yang dikenal dengan nama anjing herder ini mulai dari Rp 4 juta- Rp 40 jutaan, tergantung dari keturunannya.

Sama seperti Belgian Malinois, anjing ini juga digunakan sebagai anjing gembala di Jerman. Anjing K-9 jenis ini juga memiliki bulu berwarna cokelat yang dominan berpadu dengan warna hitam.

German Shepherd memiliki ukuran dari 55 cm – 65 cm. Sementara berat badannya mulai dari 35 – 40 kg. Usia rata-rata hidup anjing ini bisa mencapai 13 tahun.

Anjing ini dikenal memiliki karakter yang berani, waspada, cerdas, penurut, dan mau diajar. Gak cuma itu, anjing ini juga dikenal sangat setia kepada majikannya.

Itu tadi informasi seputar anjing K-9 berjenis Belgian Malinois dan German Shepherd yang dimiliki Hendropriyono. Kebayangkan berapa total nilai anjing milik Hendropriyono?

Katakanlah dua jenis anjing tersebut dibeli dengan harga Rp 30 juta per ekornya, itu berarti 150 ekor anjing Hendro bernilai Rp 4,5 miliar. Ini belum ditambah dengan biaya perawatannya lho. Bisa lebih besar lagi uang yang mesti dikeluarkan. Gimana menurutmu? (Editor: Ruben Setiawan)

Boby
Boby

Lama bergelut dengan ensiklopedia. Kini fokus dengan urusan finansial. Di mana pun berada selalu berusaha sajikan karya yang terbaik. Semoga bermanfaat!