Pastikan Cara Menggunakan Kartu Kredit Udah Benar dan Ketahui Hal-hal Ini

3 menit
Pastikan Cara Menggunakan Kartu Kredit Udah Benar dan Ketahui Hal-hal Ini, (Ilustrasi/Shutterstock).

Cara menggunakan kartu kredit menentukan keuangan kamu. Keliru dalam menggunakannya bisa bikin keuangan kamu bisa jebol lho nantinya.

Makanya kamu perlu tahu gimana cara menggunakan kartu kredit yang benar. Emangnya kayak gimana sih penggunaan kartu kredit yang benar itu?

Pertama-tama, kamu mesti tahu apa esensi dari kartu kredit itu sendiri. Gak sama dengan kartu debit, transaksi kartu kredit bisa dibilang sama aja dengan berutang. Apa yang kamu belanjakan dengan kartu dibayar bank dahulu lalu baru kamu ganti pada waktunya.

Sebenarnya, gak sedikit pengguna kartu yang udah tahu hal tersebut. Namun, ada aja pengguna yang kebablasan kalau bertransaksi dengan kartu kredit.

Usut punya usut, persoalannya sendiri terletak pada cara menggunakan kartu kredit yang ternyata keliru. Lalu, gimana mengetahui gimana menggunakan kartu kredit itu udah benar? Dikutip dari The Economic Times, begini cara mengetahuinya.

Baca juga: 6 Biang Kerok Bengkaknya Tagihan Kartu Kredit yang Gak Kamu Sadari

1. Gunakan kartu kredit sesuai dengan kebutuhan

Gunakan kartu kredit sesuai kebutuhan, (Ilustrasi/Shutterstock).

Kalau mau tahu apakah cara menggunakan kartu kredit udah tepat, kamu mesti mengenali terlebih dahulu kartu yang digunakan. Kartu kredit sendiri punya keunggulan yang berbeda satu sama lain.

Ada kartu kredit yang menetapkan biaya tahunan atau annual fee gratis. Ada juga yang mematok dengan besaran hingga Rp 500 ribu.

Terus ada kartu yang menguntungkan buat traveling. Ada juga kartu yang cocok banget buat jalankan usaha.

Intinya, gunakan kartu kredit sesuai dengan kebutuhan apa yang kamu kejar. Misalnya aja kamu senang traveling, pilih kartu yang bikin kamu bisa kumpulkan banyak miles. Dengan begitu, kamu bisa terbang gratis ketika menukarkan miles yang terkumpul.

Baca juga: Hati-Hati Kejahatan Kartu Kredit Sedang Mengintai! Amankan Segera dengan Cara Ini

2. Telusuri seberapa besar pengeluaran kamu dengan kartu kredit?

Saat menggunakan kartu kredit kamu mesti tahu seberapa besar pemakaian mu, (Ilustrasi/Shutterstock).

Karena menggunakan kartu kredit itu sama aja dengan berutang, kamu mesti pastikan besaran penggunaannya gak melebihi 30 persen dari gaji bulananmu. Kurang dari itu justru bisa bikin keuangan kamu aman dari rongrongan pengeluaran berlebih.

Kalau ditelusuri ternyata transaksi dengan kartu lebih dari 30 persen, itu pertanda keuangan kamu sedang gak sehat. Membiarkannya terus terjadi bisa menyebabkan kebutuhan lain terganggu lho.

Bisa aja kan gara-gara cicilan kartu kredit yang besar banget, kamu jadi mengorbankan alokasi buat menabung atau investasi. Kalau gitu caranya sih, itu sama aja bikin kamu gak punya tabungan atau investasi. Jelas hal ini bikin kamu sulit capai financial freedom.

Baca juga: Biar Untung Maksimal! Pahami Dulu Hal Ini Sebelum Ambil Cicilan Kartu Kredit BNI

3. Keuntungan dari kartu kredit sesuai harapan

Dari penggunaan kartu kredit kamu mesti mengetahui keuntungannya, (Ilustrasi/Shutterstock).

Setiap kartu kredit menawarkan keuntungan yang berbeda-beda. Ada yang kasih cashback yang lebih besar. Ada pula yang kasih banyak rewards.

Gak jarang nih ada pengguna yang dapatkan kartu gak sesuai harapan. Misalnya aja kartu kredit yang diharapkan kasih cashback yang besar saat dining, rupanya malah gak beri cashback sama sekali.

Makanya cari tahu informasi itu jangan setengah-setengah. Buru-buru mengambil keputusan malah bisa bikin kamu merugi nantinya.

4. Fasilitas cicilan 0 persen kartu kredit bisa digunakan di banyak merchant

Fasilitas cicilan 0 persen kartu kredit bisa digunakan di banyak merchant, (Ilustrasi/Shutterstock).

Fasilitas cicilan bunga 0 persen itu berguna banget buat kamu yang pengin beli barang dengan cara dicicil. Gimana gak berguna coba? Biasanya kredit barang atau cicilan pinjaman itu selalu menyertakan bunga. Nah, cicilan kartu kredit bisa tanpa bunga.

Harapannya, kartu kredit yang dimiliki menyediakan fasilitas cicilan bunga 0 persen, tapi kenyataannya gak selalu demikian. Kalau hal ini sampai terjadi pada kamu, itu pertanda ada yang salah dari cara menggunakan kartu kredit.

Asal tahu aja nih, cuma beberapa aja kartu kredit yang kerja sama dengan banyak merchant dalam menyediakan fasilitas cicilan bunga 0 persen. Di sinilah kamu harus telusuri kartu kredit mana aja yang kerja samanya dengan banyak merchant.

Sebab sampai salah memilih kartu, bisa-bisa kamu gak bisa membeli barang yang kamu inginkan dengan cicilan bunga 0 persen. Rugi banget kan seandainya itu terjadi?

Nah, itu tadi beberapa hal yang harus kamu tahu apakah cara menggunakan kartu kredit udah benar atau belum. Dengan pahami hal-hal tersebut, dijamin deh gak ada cerita kamu mengalami kerugian dalam menggunakan kartu kredit. Semoga informasi barusan berguna ya! (Editor: Mahardian Prawira Bhisma).

Boby
Boby

Lama bergelut dengan ensiklopedia. Kini fokus dengan urusan finansial. Di mana pun berada selalu berusaha sajikan karya yang terbaik. Semoga bermanfaat!

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

Tentang Kami

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Philippines Taiwan