Radius 500 Meter, Aplikasi Buatan China Ini Bisa Ketahui Orang Punya Utang

3 menit
Radius 500 Meter, Aplikasi Buatan China Ini Bisa Ketahui Orang Punya Utang, (Ilustrasi/Shutterstock).

Aplikasi buatan China diketahui bisa mendeteksi nih orang yang memiliki utang. Dalam jarak 500 meter aja, aplikasi buatan China ini bisa mengetahui kalau orang-orang yang tengah memiliki utang, wah ketahuan dong kalau kita sedang ada tanggungan?

Seperti dilansir dari Standard.co.uk, Jumat, (1/2/2019),  kamu tahu kalau Google emang salah satu teknologi yang sangat mutakhir. Google bisa mengetahui arah jalan yang kamu tuju bahkan mengenal suara dan membantu dirimu buat menemukan tempat favorit kalian.

Nah, cuma semua informasi yang kamu butuhkan emang hanya ada di Google dan banyak orang udah familiar dengan salah satu teknologi ini. Berbeda dengan di China, kamu bakal susah banget nih menggunakan aplikasi bukan buatan China.

Mau gak mau mesti menggunakan VPN dan itu juga pasti membahayakan bagi penggunanya kalau sampai ketahuan oleh otoritas setempat. China emang bisa dibilang salah satu negara yang begitu “protect” dengan segala informasi dari luar maupun ke luar negaranya.

Baca juga: Murah Meriah! 9 Chinatown Terbaik di Indonesia Ini Harus Kamu Kunjungi

Baru-baru ini nih, berhembus kabar kalau Negeri Tirai Bambu ini bakal meluncurkan salah satu aplikasi atau sistem kredit sosial di tahun 2020. Jadi aplikasi atau sistem ini bakal mencatat segala informasi warganya baik itu nomor identitas dan tersimpan secara permanen nih.

Misalkan seperti nilai finansial yang dimiliki oleh setiap warga negaranya, sistem ini bakal merekamnya dengan baik. Seperti halnya saat warga negaranya melakukan transaksi mulai dari pembayaran hingga peminjaman alias utang.

Gak cuma itu lho, aplikasi buatan China ini juga mengetahui jejak warga negaranya menggunakan alat transportasi ke mana aja. China emang saat ini tengah mengembangkan sistem atau aplikasi yang nantinya bakal diluncurkan pada tahun 2020 nih.

Berbagai kota dan provinsi di China pastinya memiliki versi yang berbeda-beda nih buat saat ini. Jadi nanti semua informasi warga negara bakal tersimpan dalam satu basis data besar buat melacak semua yang dilakukan oleh warga negaranya.

Wah! Kalau seperti ini sepertinya privasi warga negara bakal diketahui banget oleh otoritas setempat dan nyaman gak ya warga China dengan adanya aplikasi buatan negaranya ini?

Baca juga: Jadi Korban Perang Dagang AS-China, Apple Kini Merana

Aplikasi ini bakal canggih banget nih nantinya, gimana gak dalam jarak 500 meter aja, aplikasi ini bisa mendeteksi orang yang tengah berutang atau punya banyak utang. Menurut surat kabar setempat China Daily, aplikasi buatan China yang berbasis di Heibei ini bakal canggih banget.

Aplikasi buatan China ini diluncurkan pada tahun 2020

Aplikasi buatan China ini diluncurkan pada tahun 2020, (Ilustrasi/Shutterstock).

Nantinya aplikasi buatan China ini bisa di akses oleh warganya melalui aplikasi lainnya seperti WeChat yang gak lain aplikasi instan yang udah populer banget di Negeri Panda ini. Nama aplikasi buatan China ini nanti dinamakan “Peta Debitur Deadbeat”.

Alat ini emang diciptakan sengaja buat mentertibkan orang-rang yang punya banyak utang di China. Aplikasi ini nantinya bakal bekerja dengan bunyi suara dan memungkinkan debitur atau orang yang berutang.

Sebelumnya nih, aplikasi buatan China ini udah berhasil mendeteksi 6 ribu orang yang lalai dalam melakukan pembayaran pajak lho. Gak cuma itu lho, aplikasi ini juga bisa memperingati orang-orang yang gak sopan saat menggunakan transportasi umum seperti bis, kereta api maupun pesawat yang keluar masuk antara Juni 2019 dan Januari 2019.

Baca juga: Mau Buka Usaha di China, Ikuti 4 Tips Ini Jika Ingin Sukses

Aplikasi buatan China ini diharapkan bisa lho memperbaiki dengan menampilkan masa depan kredit sosial di China yang cemerlang. Artinya biar gak ada kredit macet jadi alat ini diciptakan dan bakal diluncurkan di tahun 2020.

Aplikasi buatan China ini juga bekerja sama dengan aplikasi pencarian jodoh buat memberikan informasi si pengguna banyak utang atau gak

Aplikasi buatan China ini juga bekerja sama dengan aplikasi pencarian jodoh buat memberikan informasi si pengguna banyak utang atau gak, (Ilustrasi/Shutterstock).

Salah satu proyek bernama Sesame Credit dari salah satu badan keuangan perusahaan teknologi Alibaba, bekerja sama dengan layanan perjodohan Baihe buat mempromosikan klien mereka dengan skor kredit yang baik.

Wah! Bayangin aja belum diluncurkan, aplikasi buatan China ini udah bekerja sama dengan aplikasi pencarian jodoh di China. Kalau seperti ini bakal banyak orang yang tahu lawan jenisnya punya banyak utang atau gak.

Melihat fenomena di China gimana menurut kamu? Ada plus minusnya sih emang aplikasi buatan China ini. Buat kamu yang punya banyak utang pastinya bakal ketahuan nih dalam jarak 500 meter. Gak cuma itu, aplikasi ini juga bekerja sama dengan aplikasi pencarian jodoh, jadi bisa ketahuan nih lawan jenis kita banyak utang atau gak.

Berutang emang udah menjadi salah satu kegiatan banyak orang dan udah gak umum lagi sih. Banyak orang yang tergiur buat mengambil pinjaman dengan bunga rendah tapi ujung-ujungnya malah susah bayar.

Kamu yang gak terbiasa buat berutang sebaiknya jangan pernah sekali-sekali berutang. Karena nanti bisa menjerat diri kalian sendiri dan kalau gak bisa bayar pasti dikejar-kejar sama debt collector. (Editor: Mahardian Prawira Bhisma). 

Mahardian Prawira
Mahardian Prawira

Penyuka cokelat dan kopi ini perlahan mulai menyukai dan mempelajari dunia finansial, keuangan dan bisnis di era digital saat ini.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

Tentang Kami

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Taiwan