4 Aplikasi Edit Foto Gratis di Ponsel yang Bikin Jepretanmu Ciamik

4 menit
Aplikasi edit foto

Aplikasi edit foto akan menghasilkan sebuah editan foto yang saat ini lagi tren alias kekinian, dan gaul. Untuk melakukannya gak perlu pakai kamera, cukup persiapkan ponsel pintar yang saat ini dibekali spesifikasi kamera kelas wahid.

Selain membuatmu dapat mengedit foto sesuai harapan, aplikasi edit foto terbaik yang kekinian tersebut menyediakan berbagai macam fitur edit foto lucu, dan unik.

Tapi, terkadang aplikasi edit foto yang kamu inginkan harus berbayar agar bisa menikmati fitur-fitur menarik di aplikasi tersebut.

Untuk kamu yang ingin melakukannya tanpa perlu merogoh kocek, ada banyak aplikasi edit foto gratis untuk ponsel pintarmu.

Berikut, beberapa aplikasi edit foto gratis buat kamu yang ingin jadi fotografer ciamik cukup lewat ponsel:

VSCO

VSCO
VSCO

Siapa yang tidak kenal dengan aplikasi satu ini. Aplikasi bikinan perusahaan asal Amerika Visual Supply Company ini telah diunduh banyak orang di berbagai penjuru dunia. Di Apple Store, ratingnya mencapai 4.6 dari 5.

Jika mengunduh aplikasi edit foto ini dalam versi gratis, mungkin kamu tidak dapat mengakses semua fitur di dalamnya. Tapi, kamu sudah bisa kok edit secara bagus dengan fitur gratisan. Seperti mengatur cahaya, warna, dan lain-lain.

Ada juga fitur jurnal yang memungkinkan kamu memamerkan karya ke pengguna VSCO lainnya. Hal ini sangat membantu buat dijadikan referensi kamu dalam fotografi.

VSCO menjadi andalan para pencinta phoneography yang ingin mendapatkan hasil foto vintage!

“Terima kasih VSCO! Karena telah memperindah feed saya,” kata Muhammad Shendy, salah satu pengguna VSCO seperti dikutip di kolom review App Store.

Baca juga:

Lagi Tren! Ini 4 Wisata Fotogenik di Jakarta dengan Bujet Rp 100 Ribuan

Snapseed

Snapseed
Snapseed

Aplikasi edit foto gratis berikutnya ada Snapseed. Aplikasi yang kini telah berada di bawah payung Google ini juga tak kalah ciamik bila dibandingkan VSCO.

Secara keseluruhan, tidak ada yang berbeda antara Snapseed dan VSCO. Kedua aplikasi ini memiliki fitur edit hampir sama, seperti pengaturan cahaya, ketegasan warna, efek blur, dan lain-lain.

Dijamin foto kamu yang diambil dengan ponsel pintar bisa berubah menjadi karya layaknya fotografer profesional. Tentunya harus disesuaikan dengan angle gambar yang bagus.

Baca juga:

10 Tempat Wisata Selfie Kekinian di Bandung yang Sayang untuk Dilewatkan

Picsart

Picsart
Picsart

Picsart juga bisa menjadi salah satu aplikasi edit foto gratis pilihan kamu. Picsart memiliki beragam fitur dan tool untuk mengedit foto sesuai selera kamu.

Gak cuma itu aja, kamu juga dimungkinkan untuk menggabungkan beberapa foto menjadi satu frame di aplikasi satu ini.

Ada pula fitur Draw, yang artinya kamu bisa mencorat-coret foto kamu untuk menjadi sebuah gambar yang apik dan sesuai selera. Tapi ingat jangan sampai malah memperburuk keindahan foto yang kamu ambil ya!

Fitur Sticker juga disematkan di aplikasi edit foto ini. Ya, sesuai namanya, fitur ini memungkinkan untuk memotong foto kamu, dan dijadikan sebagai sticker.

Banyak juga efek dan clipart yang bisa kamu gunakan demi menceriakan hasil tangkapan kamu. Clipart-nya juga up to date sesuai momen-momen yang sedang berlangsung.

Kekurangannya dari aplikasi ini tidak bisa membagikan hasil karya ke media sosial secara bersamaan, jadi kamu mesti simpan dulu di ponsel, terus upload deh ke medsosmu.

Prisma

Prisma
Prisma

Aplikasi edit foto untuk ponsel pintar ini hadir tahun 2016. Pertamanya hanya berlaku untuk pengguna IOS saja, tetapi sebulan setelahnya muncul versi android yang bisa diunduh di Google Playstore.

Berbeda dengan aplikasi-aplikasi sebelumnya, Prisma ini memungkinkan karya foto kamu menjadi sebuah karya animasi yang artistik.

Total ada 36 template efek yang bisa kamu gunakan, sehingga kamu tidak perlu bekerja lebih keras untuk membuat fotomu tampil ciamik. Dijamin deh efek-efek yang disematkan tidak akan mengecewakanmu.

Di App Store, aplikasi edit foto Prisma ini mendapatkan rating 4,7 dari 5. Rating tersebut berdasarkan penilaian lebih dari dua ribuan pengguna.

Itu tadi empat aplikasi edit foto gratis yang bisa kamu unduh di ponsel pintar kamu. Tapi, kualitas fotomu tidak hanya dilihat dari hasil editannya lho, ada beberapa faktor penting yang bisa membuat kualitas tangkapan kameramu lebih berkelas.

Seperti dikutip dari Hipwee jaringan MoneySmart, ada beberapa tips untuk memperoleh hasil foto keren seperti fotografer profesional hanya dengan bermodalkan ponsel pintar:

Jangan gunakan zoom terlalu berlebihan

Penggunaan fitur zoom di kamera ponsel kamu justru akan memperparah kualitas hasil tangkapan kamu.

Meski kameramu memiliki resolusi tingkat dewa, ketika di zoom resolusi foto akan berkurang dan justru jadi terlihat pecah-pecah. Usahakan mendekat ke objek foto yang kamu inginkan

Pastikan objek fotomu disinari dengan cukup cahaya

Bagaimanapun juga lensa kamera ponsel tidak sebaik mata kamu, jadi usahakan cari lokasi foto yang cukup terang sehingga objekmu tertangkap dengan jelas.

Pegang ponselmu dengan stabil

Pastikan foto yang kamu ambil tidak miring. Usahakan lurus simetris sehingga enak dipandang. Kan kasian juga kalau kamu foto teman kamu tapi fotonya miring, pasti dia bakalan kesal, dan minta difotoin ulang.

Cari sudut pandang yang tak biasa

Berkreasilah dengan imajinasimu, coba ambil foto objek yang gak pasaran. Jangan takut jelek, kalau jelek tinggal ambil foto lagi, gampang kan.

Misalnya ambil foto objek dari dekat dan tekan fokus ke objek yang dituju, nah ini bikin efek blur di belakangnya.

Sekali lagi perlu diingat, sebagus apapun aplikasi edit foto kamu tentu tidak akan memperoleh hasil maksimal jika cara pengambilan gambar kamu biasa-biasa aja. Selamat mengedit fotomu! (Editor: Chaerunnisa)

Okky Budi
Okky Budi

Penggemar Tsubasa yang jadi sarjana sosial. Kini secara sengaja masuk ke dunia finansial. Semoga bisa memberikan tulisan yang bermanfaat buat pembaca.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

Tentang Kami

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Taiwan