Pasti Diawasi OJK! Ini Aplikasi Pinjam Uang Terpopuler di Indonesia

4 menit
Aplikasi pinjam uang

Mengajukan pinjaman sekarang terasa lebih mudah berkat aplikasi pinjam uang. Kita gak usah repot-repot lagi datang ke tempat penyedia pinjaman kemudian isi form buat mengajukan pinjaman. Kebayang repotnya kalau kita masih menjalani proses tersebut?

Namun, seiring tingginya permintaan, banyak aplikasi pinjam uang baru yang bermunculan. Tentunya, saat akan menentukan pilihan, kamu harus benar-benar selektif. Mana kira-kira penyedia pinjaman yang benar-benar terpercaya dan gak merugikan si peminjam.

Untungnya, keberadaan aplikasi pinjam uang ini menurut aturan yang berlaku mesti terdaftar dan terawasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Jadi, kamu tinggal cari tahu aja apakah aplikasi tersebut ada dalam daftar OJK atau gak.

OJK udah merilis daftar Perusahaan Fintech Berizin dan Terdaftar di OJK. Daftar tersebut selalu diperbarui atau update setiap ada penambahan Fintech. Dengan daftar ini, penyedia pinjaman gak bertindak semaunya tanpa mengikuti aturan yang berlaku.

Sekadar diketahui, aplikasi pinjam uang merupakan bagian dari financial technology atau fintech. Istilah fintech dipakai buat menyebut inovasi layanan keuangan yang mengadopsi penggunaan teknologi.

Buat kamu yang pengin ajukan pinjaman, tapi gak punya waktu banyak untuk mencari tahu, aplikasi pinjam uang yang terpopuler bisa jadi pilihan tepat.

Tahu aplikasi itu terpopuler dari mana? Kamu bisa lihat berapa banyak aplikasi tersebut di-install di Google Play Store.

Soal terdaftar dan terawasinya, gak usah khawatir! Dijamin, aplikasi-aplikasi tersebut udah masuk daftar OJK. Penasaran, apa aja aplikasinya? Yuk dapatkan infonya dalam ulasan berikut:

1. Pinjam Yuk

Pinjam Yuk
Pinjam Yuk

Aplikasi pinjam uang yang satu ini juga menyebut dirinya sebagai aplikasi P2P lending. Jadi, kamu gak cuma bisa pinjam uang, tapi juga bisa memberi pinjaman. Hitung-hitung dengan memberi pinjaman, kamu sekaligus berinvestasi juga.

Pinjam Yuk menawarkan pinjaman tanpa jaminan mulai dari Rp 600 ribu hingga Rp 1,2 juta. Tenor pinjamannya mulai dari 14 hari hingga 90 hari.

Syarat yang diminta gak ribet kok. Kamu cuma diminta install aplikasinya, terus isi data buat pengajuan. Tunggu verifikasi, dan dana yang diajukan bakal dikirim ke rekening tabunganmu.

Satu lagi yang paling penting, kamu punya rekening tabungan dan penghasilan yang pasti.

2. Kredit Pintar

Kredit Pintar
Kredit Pintar

Mengklaim sebagai aplikasi pinjam uang yang mudah dan cepat, mengajukan pinjaman di Kredit Pintar cukup install aplikasi dan bermodal KTP serta rekening tabungan sebagai syarat.

Kalau udah memenuhi syarat yang diminta, dana pinjaman diperkirakan paling lama cair dalam tiga hari.

Besaran pinjaman yang bisa kamu dapat dari Kredit Pintar mulai dari Rp 500 ribu hingga Rp 2 juta. Tenor pinjamannya dari 14 hari, 28 hari, hingga 90 hari.

Kredit Pintar kabarnya mematok bunga kurang dari 10 persen. Metode pembayaran cicilannya pun juga gak ribet. Kamu bisa transfer cicilan lewat ATM ataupun mobile banking.

3. TunaiKita

TunaiKita
TunaiKita

Butuh dana hingga Rp 20 juta? Kamu bisa dapatkan dengan ajukan pinjaman di TunaiKita. Aplikasi pinjam uang ini mengklaim sebagai penyedia pinjaman yang hadir di seluruh Indonesia.

Kalau kamu pengin ambil pinjaman jangka pendek, TunaiKita menyediakannya dengan besaran Rp 500 ribu hingga Rp 5 juta. Tenor pinjamannya 10 hari hingga 30 hari.

Lain lagi dengan pinjaman yang besarannya hingga Rp 20 juta. Kamu bisa ajukan dari minimal Rp 4 juta dan maksimal Rp 20 juta. Tenornya dari tiga hingga enam bulan.

4. PinjamanGo

PinjamanGo
PinjamanGo

Aplikasi pinjam uang yang satu ini berafiliasi dengan Sinarmas Group. Kamu pastinya tahu dong perusahaan terbesar di Indonesia yang satu itu dimiliki konglomerat Eka Tjipta Widjaja?

Sama seperti PinjamYuk, PinjamanGo juga merupakan aplikasi P2P lending. Pasalnya, aplikasi ini menjadi sarana mempertemukan peminjam dengan pemberi pinjaman.

Di PinjamanGo, kamu bisa ajukan pinjaman dengan besaran dari Rp 600 ribu hingga Rp 1,2 juta. Bunga yang dipatok maksimal 10 persen per tahun. Tenor PinjamanGo dari tujuh hari hingga 14 hari.

Syarat yang diminta buat ajukan pinjaman gak ribet. Yaitu, membubuhkan KTP, rekening tabungan, hingga nomor handphone.

Selain pinjaman personal, PinjamanGo juga menawarkan pinjaman perusahaan. Besaran pinjaman yang didapatkan bisa mencapai Rp 50 juta dengan bunga 0.045 persen per hari dan tenor hingga 30 hari.

5. DanaRupiah

DanaRupiah
DanaRupiah

Kalau install DanaRupiah, kamu bisa ajukan pinjaman dengan besaran Rp 400 ribu hingga Rp 4 juta. Sementara tenornya, kamu bisa pilih dari 7 hari, 14 hari, atau 21 hari.

Bunganya dipatok sekitar 1 persen per hari. Dananya sendiri dicairkan dalam waktu satu hari hingga dua hari.

Buat pinjam uang di DanaRupiah, kamu cuma perlu install aplikasi dan isi data yang diminta. Nantinya pihak DanaRupiah baka melakukan verifikasi.

Oh iya, dokumen yang diminta berupa KTP, rekening tabungan, kartu tanda karyawan, hingga kontak keluarga atau teman dekat atau teman kantor.

Jadi, udah menentukan pilihan belum mana aplikasi pinjam uang yang pengin kamu install? Biar lebih pasti lagi, jangan lupa baca-baca review yang ada di aplikasi ya. Dari review tersebut, kamu bisa tahu mana aplikasi yang pelayanannya oke punya.

Selamat mengajukan dan semoga di-approve! (Editor: Chaerunnisa)

Boby
Boby

Lama bergelut dengan ensiklopedia. Kini fokus dengan urusan finansial. Di mana pun berada selalu berusaha sajikan karya yang terbaik. Semoga bermanfaat!