Menelisik Lebih Jauh Keuntungan Apple Card, Kartu Kredit yang Ditanam pada iPhone

4 menit
Apple Card siap menjadi solusi finansial yang menyehatkan (Shutterstock).

Apple secara resmi telah mengumumkan kartu pembayaran baru untuk pengguna iPhone dan iPad. Apple Card disinyalir akan menggunakan jaringan mastercard dan dioperasikan oleh Goldman Sachs.

Inovasi ini bertujuan untuk membantu pengguna produk Apple dalam bertransaksi. Bisa juga dipergunakan untuk menjalani kehidupan finansial yang lebih sehat dari sebelumnya. Apple Card ini terintergrasi dengan layanan Apple Wallet di iPhone yang membuat pengguna mengetahui setiap detail transaksi.

Kartu kredit ini diklaim akan membawa banyak keuntungan bagi pengguna. Salah satunya adalah menghilangkan biaya, memberikan bunga yang jauh lebih rendah ketimbang kartu lain. Selain itu juga kamu akan merasa lebih aman karena Apple memberikan privasi dan keamanan yang baru.

Apple Card nantinya juga menawarkan berbagai reward, poin juga program hadiah lebih menarik. Dengan daily cash, kamu bakal mendapatkan cashback dalam bentuk persentase uang tunai setiap hari.

“Apple Card dibangun atas dasar kesuksesan Apple Pay yang luar biasa. Memberikan pengguna kekuatan baru di bidang finansial sekaligus teknologi,” kata Jennifer Bailey, wakil presiden Apple dari Apple Pay.

Apple Card dirancang untuk membantu pengguna menjalani kehidupan finansial yang lebih sehat. Itu dimulai dengan bagaimana memahami pengeluaran secara baik sehingga dapat membuat pilihan yang cerdas.

Rencananya, layanan ini akan diluncurkan pada musim panas tahun ini di Amerika Serikat. Sebelum itu, kamu wajib tahu dulu ini apa aja seluk beluk kartu kredit ini sebelum meluncur secara resmi. Dilansir laman Fortune, berikut hal yang perlu kamu ketahui tentang Apple Card.

Baca juga: Bikin Keuangan Sehat, Ini Lho Kegunaan Kartu Kredit yang Jarang Disadari

1. Cashback

Cashback (Ilustrasi by Shutterstock).

Seperti banyak kartu lainnya, kamu nantinya akan mendapatkan potongan dua persen pada setiap transaksi melalui aplikasi Apple Pay. Juga satu persen ketika kamu gunakan berbelanja di toko secara langsung.

Menariknya lagi, setiap transaksi produk Apple baik di iTunes sekalipun kamu akan mendapatkan potongan sebesar tiga persen lagi lho. Kamu gak perlu menunggu lama untuk kemudahan ini nantinya.

Apple mengatakan mereka akan segera menyediakan kemudahan ini pada aplikasinya termasuk membayar tagihan kredit atau bahkan mentransfer uang menggunakan Apple Pay.

2. Kartu Kredit untuk iPhone

Apple Card (NBC).

Kamu dapat mendaftar Apple Card di aplikasi Wallet iPhone dalam beberapa menit saja. Sebelum mulai menggunakannya dengan Apple Pay langsung di toko atau aplikasi online seluruh dunia.

Apple Card akan memberikan kamu pengalaman finansial yang mudah dipahami dan real time. Apple Card ini juga akan mendukung perpesanan teks setiap transaksi yang dilakukan.

Baca juga: Pengin Liburan Tapi Ogah Jauh? Ke Tangerang Yuk! Banyak Tempat Wisata Keren

3. Mudah dipahami

Apple card (The Verge).

Apple Card diklaim menggunakan machine learning yang juga terkoneksi dengan Apple Maps. Tujuannya agar pengguna bisa dengan mudah menemukan lokasi pedagang untuk melakukan transaksi.

Untuk membantu pelanggan lebih memahami pengeluaran mereka, Apple Card memberikan ringkasan pengeluaran mingguan dan bulanan.

4. Tanpa biaya

Apple card (Sky News).

Apple mengatakan kartu ini tidak akan memiliki biaya tahunan, tidak ada biaya keterlambatan, tidak ada biaya melebihi batas, dan tidak ada biaya internasional. Suku bunga akan bervariasi mulai dari 13,24 persen hingga 24,24 persen berdasarkan kelayakan kredit.

Apple sebelumnya telah menawarkan kartu Visa bermerek yang lebih khas dalam kemitraan dengan Barclays. Kartu itu juga tidak memiliki biaya tahunan dan memungkinkan pengguna mengumpulkan poin hadiah yang dapat ditukarkan dengan kartu hadiah Apple.

Tetapi sebaliknya, lebih menyerupai kartu kredit biasa, dengan biaya keterlambatan dan biaya tambahan lainnya. Dan saat ini daftar suku bunga dari 16,24 persen menjadi 28,99 persen.

Baca juga: Buat Pemula, Ini Panduan Investasi Saham dari Ahlinya

5. Perlindungan privasi

Apple Card (CNBC).

Apple mengatakan akan memberikan lebih banyak perlindungan privasi daripada kartu kredit biasa. Perusahaan mengatakan tidak akan tahu di mana pelanggan menghabiskan, berapa banyak yang mereka belanjakan, atau apa yang mereka beli.

Goldman Sachs (GS, -0,22%) akan memiliki data dan tidak akan menjual informasi itu kepada pihak ketiga untuk pemasaran atau iklan.

6. Data pengeluaran yang lebih baik

Apple Card (Redmond Pie).

Kartu akan terkoneksi dengan aplikasi Apple Wallet bertujuan untuk memberikan informasi sangat rinci tentang pengeluaran pengguna melalui kartu. Menggunakan data dari Apple Maps, aplikasi akan menunjukkan dengan tepat di mana dan kapan setiap transaksi terjadi, bukan pernyataan kartu kredit tradisional.

Aplikasi ini akan mengubah kekacauan menjadi nama dan lokasi yang akan dikenali. Aplikasi akan mengkompilasi informasi sambil memproses semua data keuangan pada perangkat masing-masing pengguna. Tidak ada data yang akan mengalir ke server Apple.

Nah itu tadi beberapa hal yang perlu kamu ketahui sebelum nantinya tertarik menggunakan Apple Card. Meski belum resmi dirilis, kehadiran kartu kredit jenis baru ini semakin membuktikan bahwa teknologi semakin seiring dengan kebutuhan finansial manusia. (Editor: Winda Destiana Putri).

Winda Destiana
Winda Destiana

No place is ever bad as they tell you its going to be

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

Tentang Kami

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Philippines Taiwan