Pilih Apply Kartu Kredit Langsung di Bank atau Online, Ini Perbedaannya!

3 menit
Apply kartu kredit (MoneySmart/Indri Solihin)

Kartu kredit menjadi salah satu alat pembayaran yang seakan sudah wajib dimiliki banyak orang. Sayangnya, gak sedikit yang terjebak tidak bijak menggunakan kartu satu ini sehingga berujung pada utang yang tak berujung.

Padahal, jika digunakan dengan bijak, bisa menjadi kartu sakti yang sangat menguntungkan.

Seperti membeli barang dengan nominal besar, kamu bisa memanfaatkan fasilitas cicilan 0 persen. Jadi, gak berat kan dibanding harus langsung mengeluarkan uang dalam jumlah besar.

Dulu, orang yang punya kartu ini identik dengan orang kaya. Padahal, anggapan itu gak benar. Siapapun bisa memilikinya, asalkan memenuhi syarat.

Sekarang kamu juga udah mudah banget jika ingin mengajukan kartu ini, yaitu hanya tinggal langsung datang ke bank atau lewat online.

Dua cara tersebut bisa dibilang berbeda. Kalau lewat bank, kamu harus datang ke bank yang dituju. Sedangkan bila via online, kamu hanya perlu duduk manis di depan laptop.

Nah, buat kamu yang ingin tahu perbedaan apply secara langsung atau lewat online yang sudah dilakukan oleh salah satu karyawan MoneySmart. Berikut, caranya:

Apply kartu kredit lewat bank

Apply kartu kredit
Apply kartu kredit

Biasanya, ada beberapa sales kartu kredit berjaga di kantor cabang bank. Saat ingin melakukan transaksi, umumnya mereka akan menawarkan apakah kamu tertarik mengajukan.

Lalu, bagaimana jika tidak ada sales-nya? Kamu bisa langsung ke bagian customer service dan utarakan ingin apply kartu ini. Nah, kamu nantinya akan dialihkan ke bagiannya.

Saat mengajukan, ada beberapa syarat dokumen yang harus kamu lengkapi:

  • Identitas diri asli dan fotokopi, seperti KTP, SIM atau Paspor
  • Slip gaji tempat kamu bekerja
  • NPWP asli dan fotokopi
  • Gaji minimal Rp 3 juta
  • Usia minimal 21 tahun
  • Memiliki rekening di bank tempat kamu mengajukan kartu kredit.

“Biar prosesnya lebih cepat dan bisa lolos dari pihak analis. Jadi, pengajuan kartu kredit bisa diterima. Tapi kalau gak ada, bisa tetap mengajukan kartu kredit kok,” ujar Ratna, salah seorang sales kartu kredit yang ada di Bank BCA di kawasan Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

Jadi, daripada kamu bolak-balik ke bank karena kurang dokumen, lebih baik persiapkan semua dari awal sebelum datang ke bank.

Lalu, bagaimana tahapan apply di bank?

  • Kamu akan diminta mengisi formulir pengajuan kartu kredit. Pihak sales-nya akan membantu kamu kok. Jadi, gak perlu khawatir.
  • Menyerahkan beberapa dokumen yang menjadi syarat pengajuan kartu kredit.
  • Selesai dan tinggal menunggu pihak analis bank menghubungi kamu.

Enaknya apply langsung ketemu sales, kamu bisa menanyakan beberapa hal secara langsung. Seperti meminta kartu ini yang tidak memungut biaya tahunan, apa saja promo yang menarik, bahkan seringkali ada yang memberikan kamu gift.

Pilihlah, jenis kartu kredit yang sesuai dengan kebutuhanmu. Tapi, biasanya sales juga akan menyesuaikannya dengan penghasilan bulananmu.

Apply kartu kredit lewat online

 

Kartu kredit BCA (MoneySmart/Indri Solihin)
Kartu kredit BCA (MoneySmart/Indri Solihin)

Untuk sebagian orang, apply kartu ini lewat online dianggap lebih mudah dan efisien, terutama buat mereka yang tidak memiliki banyak waktu. Tinggal buka laptop, klik sana sini, dan selesai.

Tapi, kalau kamu ingin mengajukan lewat online, kamu harus membaca dengan teliti, apa saja keuntungannya hingga biaya yang akan dibebankan ke kamu.

Langkah-langkah apply lewat online:

  • Buka situs resmi bank yang kamu inginkan. Misalnya, Bank BCA.
  • Klik kolom “Layanan Aplikasi Online”.
  • Ada beberapa pertanyaan yang harus kamu isi untuk menentukan jenis kartu kredit yang tepat buat kamu.
  • Ada beberapa pilihan jenis kartu kredit yang direkomendasikan ke kamu.
  • Pilih jenis kartu kredit yang kamu inginkan.
  • Akan keluar pertanyaan apakah kamu memiliki rekening di BCA.
  • Kamu akan diminta untuk mengisi nomor rekening/kartu BCA beserta kode verifikasi ke nomor handphone yang terdaftar di BCA.
  • Setelah itu, akan keluar formulir pengajuan kartu kredit BCA.
  • Input semua dokumen persyaratan kartu kredit.
  • Jika sudah selesai dan lengkap, klik submit dan selesai.
  • Kamu tinggal menunggu pihak analis menghubungi kamu untuk proses verifikasi.

Proses verifikasi bertujuan memastikan apakah data yang kamu masukkan benar. BCA juga akan menghubungi pihak keluarga tak serumah. Karena itu, letakkan ponselmu dekat dengan kamu ya!

Nah, itu dia perbedaan mengajukan kartu kredit langsung ke bank dan via online. Kedua cara tersebut memiliki plus minusnya sendiri, pilihan tetap balik ke kamu. (Editor: Chaerunnisa)

Dewi Puri
Dewi Puri

Pecinta makeup yang terjun ke dunia financial. Jika biasanya berkutat dengan lipstik dan bedak, kini harus terbiasa dengan logam mulia maupun reksadana. Intinya tetap sama, menghasilkan suatu karya yang cantik.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

MoneySmart Singapore MoneySmart Indonesia MoneySmart Hong Kong