Gak Pakai Repot! Ini Cara Mudah dan Cepat Apply Kartu Kredit Online

6 menit
Cara apply kartu kredit
Kemudahan mendapatkan kartu ini membuat banyak orang mensalahartikan penggunaannya.

Apply kartu kredit online menjadi salah satu solusi yang kini banyak dilakukan orang di era teknologi yang sudah serba digital seperti sekarang.

Kalau dulu kamu perlu effort untuk datang ke bank dan menemui sales. Nah, kalau sales-nya lagi gak ada di tempat, maka kamu harus ambil antrian untuk ke bagian customer service. Jadi, harus siap-siap izin dari kantor.

Tapi kini udah banyak orang yang memilih untuk apply kartu kredit online karena dianggap lebih mudah efisien, terutama buat kamu yang gak memiliki banyak waktu. Gimana gak, kamu hanya perlu buka laptop, klik sana sini, dan selesai deh.

Selain cepat dan mudah, kamu juga bisa memilih jenis yang sesuai dengan kebutuhanmu. Mulai dari limit, fasilitas yang diberikan hingga apa saja biaya yang akan dibebankan ke kamu.

Nah, buat kamu yang tertarik ingin memilikinya, simak dulu beberapa ulasan tentang dan cara lengkap apply kartu kredit online yang cepat dan mudah, seperti yang sudah dirangkum oleh MoneySmart.id berikut ini:

Baca juga: Hati-Hati! 5 Kebiasaan Buruk Ini Menjadi Penyebab Munculnya Utang Lho

Pengertian kartu?

Kartu kredit
Gak sedikit orang yang takut menggunakan kartu ini.

Gak sedikit orang yang takut menggunakannya karena dianggap sebagai kartu setan yang bisa menjerumuskan mereka ke jurang utang. Padahal nyatanya banyak orang yang justru keliru memahami kartu itu.

Perlu diketahui, kalau kartu itu bukan uang tambahan melainkan utang. Jadi, transaksi yang kamu lakukan menggunakannya, pembayarannya akan ditanggung oleh pihak bank. Singkatnya, kamu berutang pada bank dan wajib kamu lunasi.

Nah, semakin sering kamu menggesek, maka semakin besar pula utangmu di bank. Namun, besaran utangnya pun memiliki batasan. Itulah yang disebut dengan limit.

Untuk itulah, sebelum kamu melakukan pembayaran menggunakan kartu gesek ini, sebaiknya pikir matang-matang apakah barang yang kamu beli benar-benar dibutuhkan atau hanya cuma keinginan semata aja.

Kalau cuma keinginan doang, lebih baik urungkan niat kamu untuk membayarnya pakai kartu itu ya, apalagi jika nominalnya dapat menguras habis seluruh limitmu.

Karena itu, fungsinya itu tergantung dari pemakaian si pengguna. Jika digunakan dengan bijak, tentu menjadi kartu sakti yang kasih banyak keuntungan. Tapi kalau digunakan hanya untuk memuaskan nafsu belanja kamu alias impulsif, ya tentu saja jadi kartu setan yang dapat menghantuimu seumur hidup karena tagihan yang tak kunjung berakhir.

Manfaat

Kartu kredit (Pixabay)
Manfaatnya banyak.

Kartu kredit bisa dibilang menjadi salah satu alat pembayaran yang ringkas dan populer di Indonesia. Kamu jadi gak perlu bawa uang tunai banyak, hanya perlu menyelipkan kartu di dompet sudah bisa melakukan transaksi apapun.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas. Jika digunakan dengan bijak, maka kartu tersebut bisa menjadi kartu sakti yang sangat menguntungkan lho terutama di era digital yang udah sangat maju seperti saat ini.

Berikut tiga manfaat atau keuntungan yang ditawarkan:

 

1. Cicilan 0 persen

Cicilan 0 persen merupakan salah satu fasilitas yang banyak digemari oleh para pemilik kartu kredit. Jadi, kamu bisa membeli barang yang harganya relatif mahal tanpa harus merogoh kocek besar dalam satu waktu.

Jangka waktu cicilan yang ditawarkan umumnya, mulai dari 3 bulan hingga 12 bulan. Seperti namanya cicilan 0 persen, maka kamu bisa mencicil membayar barang tanpa dikenai bunga sama sekali.

Misalnya, kamu membeli kulkas seharga Rp 10 juta dan ingin menggunakan cicilan 0 persen dengan jangka waktu enam bulan. Maka setiap bulan, kamu diharuskan membayar cicilan sebesar Rp 1,6 juta.

2. Gak ribet bayar tagihan

Manfaat lainnya yaitu dapat melakukan pembayaran tagihan rutin bulanan kamu. Maksudnya di sini tuh, pihak penyedia akan mendebet dari limit kartu setiap bulan untuk membayar daftar tagihan yang kamu input.

Jadi, kamu gak perlu tuh ribet melakukan tagihan satu persatu. Kamu hanya perlu mendaftarkan berbagai tagihan rutin bulanan kamu ke bank penerbit dan biarkan pihak kartu yang melakukan pembayarannya.

Kamu jadi tinggal membayar semua tagihan ke kartu kredit. Enaknya lagi nih, kalau kamu melakukan pembayaran tagihan rutin menggunakan kartu kredit, kamu bisa mendapatkan point rewards yang bisa kamu tukarkan dengan diskon, cashback dan lainnya.

3. Banyak promo

Yang menarik adalah semakin sering kamu menggunakannya, maka semakin banyak pula rewards yang diberikan. Nah, rewards itu bisa ditukarkan untuk diskon, cashback dan lainnya.

Tapi ingat, jangan karena tergiur dengan rewards kamu malah menggeseknya untuk hal yang gak penting. Kamu bisa memilah-memilih beberapa transaksi yang menguntungkan kamu. Salah satunya untuk pembayaran tagihan rutin bulanan.

Untuk promo yang ditawarkan itu sendiri juga beraneka ragam lho. Mulai dari promo makan, travel hingga belanja. Diskon yang diberikan juga gak tanggung-tanggung, bahkan ada yang lebih dari 50 persen. Lumayan banget kan?

Cara apply kartu kredit online

Kartu kredit
Cara apply nya cukup mudah

Seiring dengan perkembangan zaman yang kian canggih. Kini kamu gak perlu repot datang ke bank hanya untuk apply kartu kredit. Pasalnya, kamu sudah bisa mengajukan via online lho.

Kali ini, MoneySmart.id ingin memberikan cara apply kartu kredit online lewat beberapa cara, seperti:

1. Cara apply kartu kredit lewat website bank

Cara pertama yaitu dengan langsung di situs resmi bank yang kamu pilih. Kita kasih contoh yakni Bank BCA.

  • Buka situs resmi Bank BCA.
  • Klik kolom “Layanan Aplikasi Online”.
  • Ada beberapa pertanyaan yang harus kamu isi untuk menentukan jenis kartu yang tepat buat kamu.
  • Pilih jenis kartu yang kamu inginkan.
  • Kamu akan diminta untuk mengisi nomor rekening/kartu BCA beserta kode verifikasi ke nomor handphone yang terdaftar di BCA.
  • Akan keluar formulir pengajuan kartu kredit BCA.
  • Input semua dokumen persyaratan.
  • Jika sudah selesai dan lengkap, klik submit dan selesai.
  • Kamu tinggal menunggu pihak analis menghubungi kamu untuk proses verifikasi.

2. Cara apply kartu kredit lewat marketplace

Selain lewat situs bank, kamu juga bisa mengajukan di marketplace, salah satunya adalah Tokopedia. Berikut caranya:

  • Buka situs Tokopedia dan klik kolom “Kartu Kredit”.
  • Akan muncul pilihan bank beserta jenis kartu yang ditawarkan lengkap dengan informasi, mulai dari iuran dan berbagai keuntungan lainnya.
  • Setelah menentukan pilihan bank dan jenis kartu, kamu akan diminta untuk login untuk melanjutkan proses pengajuan.
  • Kamu akan diminta untuk mengisi beberapa informasi terkait diri kamu, termasuk apakah kamu sudah memiliki kartu kredit atau belum.
  • Setelah data terisi, kamu diminta untuk mengunggah dokumen data diri seperti foto KTP beserta foto selfie dengan KTP.
  • Kemudian kamu hanya perlu menunggu pihak analisis menghubungi kamu untuk proses verifikasi data.

Yang menariknya apply kartu kredit lewat marketplace adalah kamu akan mendapatkan banyak promo dan keuntungan yang ditawarkan dari marketplace itu sendiri.

3. Cara apply kartu kredit melalui Fintech

Gak cuma bisa apply kartu kredit online lewat situs bank dan marketplace. Kamu juga bisa mengajukan melalui website Fintech lho. Namun, sebelumnya pastikan kalau Fintech yang kamu pilih sudah terdaftar oleh OJK ya. Berikut caranya:

  • Buka situs Fintech yang kamu pilih.
  • Klik kolom “Kartu Kredit” yang ada pada website.
  • Pilih jenis kartu yang sesuai dengan kebutuhanmu. Baca dengan teliti informasi terkait informasinya, mulai dari iuran dan berbagai keuntungan yang kamu dapatkan.
  • Klik kolom “Ajukan Sekarang”.
  • Isi secara lengkap terkait informasi diri dan mengunggah dokumen yang menjadi persyaratannya.
  • Biasanya pihak Fintech akan segera menghubungi kamu untuk proses verifikasi.

Hal yang harus diperhatikan saat apply kartu kredit online

Apply kartu kredit online
Cara apply melalui online (Shutterstock).

Dengan segudang keuntungan dan kemudahan yang ditawarkan oleh kartu kredit. Tentu saja membuat banyak orang tergiur ingin memiliki kartu sakti itu.

Meski begitu, jangan gegabah ya. Kamu tetap harus memerhatikan beberapa poin penting biar gak rugi atau sederhananya, kartu kredit yang kamu pilih harus sesuai dengan kebutuhanmu, seperti:

1. Limit

Kamu harus mengetahui berapa limit yang ditawarkan, sesuaikan dengan penghasilan kamu peroleh dan tujuan kamu ingin memiliki kartu. Misalnya, kamu ingin punya untuk liburan ke luar negeri. Kalau limitnya terlalu kecil, tentu gak cukup untuk keperluan liburan.

2. Iuran tahunan

Iuran tahunan juga sangat penting lho diketahui. Pasalnya, ada beberapa kartu kredit yang menawarkan free iuran untuk tahun pertama, tapi ada juga yang free iuran selamanya. Ketahui berapa iuran yang harus kamu keluarkan, biar kamu gak kaget saat melihat tagihan ada biaya tambahan iuran tahunan.

3. Biaya lainnya

Selanjutnya, kamu juga perlu mengetahui apa saja biaya yang akan dibebankan ke kamu. Bukan hanya iuran tahunan, tapi juga biaya telat bayar atau bahkan overlimit.

Nah, itu dia beberapa ulasan yang perlu kamu ketahui sebelum apply kartu kredit online. Gimana, tertarik untuk punya kartu kredit? (Editor: Winda Destiana Putri).

Dewi Puri
Dewi Puri

Pecinta makeup yang terjun ke dunia financial. Jika biasanya berkutat dengan lipstik dan bedak, kini harus terbiasa dengan logam mulia maupun reksadana. Intinya tetap sama, menghasilkan suatu karya yang cantik.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

Tentang Kami

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Philippines Taiwan