Banner ImageBanner Image

Selamat Hari Guru! 6 Artis Terkenal Ini Ternyata Pernah Menjadi Guru

3 menit
Artis Indo Cinta Laura (IG claurakiehl)

Artis Indo banyak yang berlatar belakang jauh dari dunia akting, termasuk enam orang ini. Bahkan, ada di antara mereka yang sempat berprofesi sebagai guru.

Guru adalah salah satu profesi mulia. Pasalnya, mereka yang menjadi salah satu tonggak kesuksesan generasi selanjutnya. Lewat guru, para siswa dapat menimba banyak ilmu.

Bertepatan dengan Hari Guru yang diperingati setiap tanggal 25 November, gak ada salahnya menilik profesi yang satu ini.

Gak cuma dari kalangan orang biasa, ternyata dulu ada artis-artis yang sempat menekuni profesi guru di berbagai sekolah. Siapa saja? Yuk, simak di sini:

1. Cinta Laura Kiehl

Cinta Laura (IG claurakiehl)
Cinta Laura (IG claurakiehl)

Artis Indo yang menyelesaikan studi di Universitas Columbia New York tersebut kini tengah merintis karier di Hollywood. Namun, jauh sebelum itu, Cinta Laura aktif berakting di berbagai sinetron di Indonesia.

Wanita berdarah Jerman-Indonesia itu emang tertarik banget sama kegiatan sosial. Salah satu cara yang dia lakukan adalah mengajar di yayasan milik sang kakek.

Dia juga sempat mengajar di Sekolah Dasar Cipicung 05, Bogor, Jawa Barat. Di sana Cinta mengajar bahasa Inggris pada anak-anak SD.

2. Anji

Anji (IG duniamanji)
Anji (IG duniamanji)

Pemilik nama lengkap Erdian Aji Prihartanto ini lebih akrab disapa Anji atau Manji.

Anji terbilang sangat aktif di dunia musik. Selain di band-nya, personel Drive ini juga bersolo karier dan memproduseri anaknya sendiri. Di YouTube channel-nya, Anji juga aktif berbagi pengetahuan soal musik.

Ternyata vokalis satu ini dulu berkuliah di jurusan yang sangat jauh dari bidangnya saat ini. Pria kelahiran 1978 itu mengambil jurusan Sastra Mandarin saat kuliah. Bahkan, setelah itu dia sempat mengajar sebagai guru bahasa Mandarin.

3. Susan Bachtiar

Susan Bachtiar (IG sbachtiar)
Susan Bachtiar (IG sbachtiar)

Artis Indo satu ini dikenal sebagai model, presenter, dan aktris. Dia udah aktif di ranah hiburan Indonesia sejak akhir 1990-an.

Sebelum terjun dan sempat pula sembari menekuni dunia entertainment, Susan Bachtiar mengajar di salah satu TK di Jakarta. Bahkan, dia juga sempat menjadi dosen. Susan mengajar bahasa Inggris karena saat kuliah dia mengambil jurusan tersebut.

4. Happy Salma

Happy Salma (IG happysalma)
Happy Salma (IG happysalma)

Happy Salma kini emang udah gak gitu aktif di televisi. Happy Salma yang menghabiskan waktunya di Bali bersama keluarga sekarang lebih banyak berbisnis.

Artis indo senior yang terkenal di era penghujung 1990-an dan 2000-an itu pun sempat berprofesi sebagai guru. Happy sempat mengajar sebagai guru TK. Bahkan, dia sempat diterpa kegalauan mau melanjutkan karier di pendidikan atau hiburan.

5. Lukman Sardi

Lukman Sardi (IG lukmansrd)
Lukman Sardi (IG lukmansrd)

Nama Lukman Sardi udah gak asing lagi di perfilman Indonesia. Pasalnya, artis Indo satu ini sering tampil di film-film box office Indonesia. Bahkan, aktor yang piawai banget berakting ini udah aktif di perfilman sejak tahun 1970-an.

Namun, Lukman Sardi mengaku sempat jadi guru di tahun 2000-an. Saat itu, dia mengajar di playgroup. Dia mengaku bertemu dengan anak-anak bisa menghilangkan rasa capek dan suntuk.

6. Dik Doank

Dik Doank (IG dd_dikdoank)

Tahu dong Dik Doank? Artis satu ini emang dikenal dekat dengan anak-anak dan peduli banget sama lingkungan sosial. Bahkan, pemilik nama lengkap Raden Rizki Mulyawan Kertanegara Hayang Denada Kusuma punya yayasan sendiri.

Dik Doank mendirikan Yayasan Dik Doank dan mendirikan sekolah alam bernama Kandank Jurank Doank. Di sana Dik Doank juga turut mengajar tari, lukis, dan musik. Hebat ya!

Inspiratif banget ya artis-artis Indo tadi. Gak cuma jago akting, tetapi mereka juga jago mengajar.

Ada yang dulunya berprofesi sebagai guru, baru jadi artis. Ada pula yang setelah jadi artis malah membangun sekolah dan jadi guru pula selain tetap berkarier di dunia hiburan. Mereka patut jadi panutan banget deh! (Editor: Chaerunnisa)

 

Helda
Helda

Tidak normal tapi spesial. Blogger merangkap content writer yang secara ajaib tersesat di bidang keuangan. Semua tulisan di sini tersedia berkat bantuan kopi tanpa gula.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

MoneySmart Singapore MoneySmart Indonesia MoneySmart Hong Kong