Ada yang Berpangkat Jenderal, 5 Artis Indonesia Ini Dulunya Polisi dan Tentara!

3 menit
artis indonesia
Norman Kamaru salah seorang artis Indonesia yang pernah jadi polisi (Instagram/@jhasmine_titis27)

Tak banyak yang tahu, tidak sedikit artis Indonesia yang memiliki profesi unik sebelum akhirnya dikenal sebagai selebriti Tanah Air.

Salah satunya, aktor papan atas Iko Uwais yang sebelum terjun sebagai artis ternyata pernah bekerja sebagai sopir truk salah satu perusahaan penyedia telekomunikasi.

Selain Iko, ternyata ada beberapa selebriti yang punya profesi unik sebelum terkenal sebagai artis. Bukan sebagai sopir, melainkan seorang tentara atau polisi. Sebuah profesi yang sangat jauh berbeda dengan dunia hiburan.

Gimana gak, tentara itu identik dengan disiplin dan tegas. Sementara sebagai artis, kamu harus luwes karena memang tugasnya menghibur banyak orang.

Meski begitu, nyatanya ada kok selebriti yang ternyata dulu berprofesi sebagai tentara dan polisi. Bahkan, ada yang pangkatnya sudah menjadi jenderal dan bisa membuktikan kalau  terbukti mereka bisa sukses di dunia hiburan Tanah Air.

Siapa saja mereka? Berikut, lima di antaranya seperti yang dirangkum oleh MoneySmart:

1. Kabul Basuki alias Tessy Srimulat

Artis Indonesia
Tessy Srimulat artis Indonesia yang pernah jadi tentara (Instagram/@tessykabul)

Artis pertama ialah, pelawak Tessy Srimulat yang memiliki ciri khas menggunakan berderet batu akik di jarinya.

Kepiawaiannya mengocok perut membuat pria bernama asli Kabul Basuki itu menjadi salah satu komedian populer di Tanah Air.

Baca juga: Hidup Penuh Kemewahan, 5 Artis Indonesia Ini Udah Tajir Melintir Sebelum Terkenal

Siapa sangka, sebelum berkarier di dunia keartisan, ternyata Tessy merupakan mantan anggota KKO yang sekarang merupakan Korps Marinir di TNI Angkatan Laut.

Pria berusia 71 tahun ini bahkan pernah terlibat dalam Operasi Trikora untuk pembebasan Irian Barat di tahun 1962 hingga 1963. Sayangnya, demi memenuhi permintaan sang bunda, karier Tessy sebagai kombatan pun terpaksa harus berakhir.

Lepas dari Korps Marinir, dia terjun ke panggung hiburan rakyat di Surabaya, dan bergabung di Srimulat (Surabaya) pada tahun 1979.

2. Kris Biantoro (alm)

Artis Indonesia
Alm Kris Biantoro artis Indonesia pernah jadi veteran Indonesia (Wikipedia)

Almarhum Kris Biantoro dikenal sebagai aktor, penyanyi sekaligus MC di dunia hiburan. Tak banyak yang tahu kalau pemilik nama lengkap Christoporus Soebiantoro yang lahir di Magelang, 17 Maret 1938 ini merupakan seorang Veteran Kemerdekaan RI.

Saat menempuh pendidikan di Universitas Atmajaya, ia bersama dengan rekan-rekannya yang lain dengan sukarela di kirim ke Irian Barat dan menjadi relawan selama enam bulan untuk pembebasan Irian Barat atau Operasi Trikora.

Perjuangan pria yang meninggal pada 13 Agustus 2013 itu pun tak sia-sia, dia bahkan mendapat gelar kehormatan sebagai Veteran Pembela Kemerdekaan.

3. Kaharuddin Syah (alm)

artis indonesia
Almarhum Kaharuddin Syah artis Indonesia yang pernah jadi tentara (Wikipedia)

Selanjutnya, ada aktor Kaharuddin Syah yang memiliki karier cemerlang di dunia hiburan. Pria yang tutup usia di usia 69 tahun ini pun diketahui sudah membintangi lebih dari 30 judul film sejak tahun 1976 hingga 2010.

Meski begitu, pria yang lahir di Tebing Tinggi, 3 April 1942 itu ternyata seorang purnawirawan TNI Angkatan Laut dengan pangkat terakhir sebagai Letnan Kolonel.

4. Amoroso Katamsi (alm)

Ada juga Amoroso Katamsi, yang tak lain merupakan seorang aktor yang sudah membintangi puluhan judul film dan sinetron.

Namun, namanya mulai dikenal publik sejak ia membintangi film “Penumpasan Pengkhianatan G 30 S PKI” yang dibuat tahun 1982 yang disutradarai oleh Arifin C. Noer. Dia juga kerap tampil dalam film yang bertema militer, salah satunya adalah “Dibalik 98”.

Wajar aja sih, pasalnya ayah dari musisi ternama Doddy Katamsi ini ternyata pernah berdinas aktif di TNI Angkatan Laut hingga mencapai golongan perwira tinggi dengan pangkat terakhir yaitu Laksamana Pertama atau jenderal bintang satu.

5. Norman Kamaru

artis indonesia
Norman Kamaru artis Indonesia yang pernah jadi polisi (Instagram/@jhasmine_titis27)

Terakhir, Norman Kamaru yang mulai populer dan terkenal sejak video lipsinc lagu Indonesia mendadak viaral dan beredar luas di media sosial.

Sebelum memutuskan untuk terjun ke dunia hiburan, Norman merupakan anggota Polri berpangkat Briptu. 

Godaan menjadi artis membuat Norman memiliki meninggalkan profesi sebagai polisi. Sayang, kariernya di dunia hiburan sudah tak cemerlang seperti di awal-awal kemunculannya.

Itulah lima artis Indonesia yang sebelum terkenal menjadi selebriti Tanah Air ternyata berprofesi sebagai tentara atau polisi. (Editor: Chaerunnisa)

Dewi Puri
Dewi Puri

Pecinta makeup yang terjun ke dunia financial. Jika biasanya berkutat dengan lipstik dan bedak, kini harus terbiasa dengan logam mulia maupun reksadana. Intinya tetap sama, menghasilkan suatu karya yang cantik.