3 Artis Indonesia Ini Lebih Dulu Sukses Go International dari Rich Brian

3 menit
artis indonesia
Agnes Monica salah satu artis Indonesia yang lebih dulu go international (Instagram/@agnezmo)

Musisi dan artis Indonesia Brian Imanuel atau Rich Brian diundang Presiden Jokowi ke Istana Negara. Saat berkunjung, dia diajak keliling ke istana dan melihat-lihat peliharaan kesayangan Jokowi. 

Rich Brian merupakan rapper asal Indonesia yang albumnya sukses memuncaki tangga lagu iTunes, bahkan disebut-sebut sebagai orang Asia pertama dalam kategori musik hip hop.

Kesuksesannya bermula ketika lagu ciptaannya yang berjudul “Dat Stick” mendapatkan banyak respons positif dari warganet Indonesia, bahkan di dunia. Video klipnya saja sudah ditonton lebih dari 120 juta kali di YouTube pribadinya. 

Melihat bakatnya tersebut, manejemen 88rising memboyongnya untuk berkarier di Amerika Serikat. Dan, terbukti sukses dengan mengeluarkan banyak single serta satu album hanya hanya dalam waktu dua tahun. 

Kesuksesannya itu kemudian direspon positif juga oleh Bekraf dan presiden sehingga dia diundang untuk berbagi kisah dengan anak muda lainnya. 

Pemerintah pengin ada sosok-sosok lain seperti Brian, sehingga dilahirkanlah program ICINC (Indonesia Creative Incorporated). 

Dalam program ini, pemerintah akan menyodorkan 500 artis asal Tanah Air ke 88rising. 88rising akan memilahnya menjadi lima dan membina mereka layaknya Brian sehingga mampu diorbitkan ke AS. 

Kesuksesan Rich Brian emang bikin anak muda iri, mengingat umurnya yang baru 19 tahun sudah bisa berkiprah di luar negeri. Tapi ternyata, sebelum Rich Brian, sudah banyak artis Indonesia yang lebih dulu menembus pasar internasional, siapa saja mereka? 

1. Agnes Monica

artis indonesia
Agnes Monica artis Indonesia yang go international (Instagram/@agnezmo)

Agnes Monica atau Agnez Mo memulai karier bernyanyinya sejak usia enam tahun. Selain bernyanyi, Agenz Mo juga sempat menjadi seorang presenter acara anak-anak. 

Kariernya di bidang presenter terbilang sukses saat itu, karena dia berhasil menyabet penghargaan Panasonic Awards untuk kategori pembawa acara anak-anak terfavorit pada tahun 1999 dan 2000. 

Seiringan dengan dunia presenternya, dunia seni peran juga digelutinya. Berbagai judul sinetron telah dia bintangi, mulai dari Lupus Milenial, Mr. Hologram, hingga Pernikahan Dini

Lagi-lagi, Panasonic Awards menganugerahinya gelar Aktris Terfavorit di tahun 2001 dan 2002. Artinya selama 1999-2002 dia gak pernah absen angkat piala penghargaan. 

Tahun 2004, dia mulai menekuni dunia tarik suara sepenuhnya. Setelah sukses dengan single dan album-albumnya, ia pun berhasil menembus pasar internasional. 

Yang terbaru, mantan kekasih pebasket Wijaya Saputra ini meraih penghargaan iHeartRadio Music Awards dalam kategori Social Star di Amerika Serikat. Penghargaan ini menjadikannya artis Indonesia pertama yang bisa memenangkan penghargaan tersebut.

Baca juga: Punya Banyak Bisnis, 5 Artis Muda Indonesia Ini Hidup Bergelimang Harta

2.  Sandhy Sandoro 

artis Indonesia
Shandy Sandoro artis Indonesia yang go international (Instagram/@sandhysondoro_official)

Berbeda dari Agnezmo yang sukses di dalam negeri baru go international, artis Indonesia Sandhy Sandoro justru lebih dulu sukses di negeri orang baru kemudian terkenal di Indonesia. 

Pelantun lagu “Malam Biruitu sebenarnya telah bermusik sejak usia 18 tahun sebagai penyanyi kafe, hingga akhirnya ia memberanikan diri untuk mengikuti ajang pencarian bakat di Jerman. 

Prestasinya di ajang internasional di antaranya juara pertama New Wave pada tahun 2009. Dan yang terakhir mendapatkan penghargaan The Best Foreign Artis di Rusia pada tahun 2018. 

Dia kini juga sukses menjadi seorang penyanyi di negeri sendiri. Salah satu proyek tersuksesnya adlaah membentuk trio grup vokal dengan penyanyi papan atas lainnya yaitu Tompi dan Glenn Fredly. 

3. Anggun C Sasmi

artis Indonesia
Anggun C. Sasmi artis Indonesia yang go international (Instagram/@anggun_cipta)

Dikutip dari Kumparan, Anggun telah merantau ke luar Tanah Air sejak tahun 1994 silam. Seorang produser asal Prancis, Erick Benzi pun membantunya untuk bisa sukses menembus pasar internasional. 

Tiga tahun berselang, tepatnya di tahun 1997, album internasional pertamanya yang bertajuk Snow on the Sahara dirilis di 33 negara termasuk di Amerika Serikat. 

Karena kepiawaiannya dalam bernyanyi sudah diakui dunia, Anggun terpilih sebagai satu-satunya artis Indonesia yang bertugas sebagai juri di ajang Asia’s Got Talent tahun 2015 silam.

Berbagai penghargaan bergengsi pun pernah disabet pelantun lagu Tua-Tua Keladi itu. Tahun 2005, dia menerima penghargaan dari Pemerintah Prancis Chevalier des Arts et des Lettres, karena telah berkontribusi pada budaya Prancis.

Di tahun 2014, istri fotografer Christian Kretschmar ini mendapatkan penghargaan World’s Best Selling Indonesian Artist dari World Music Awards di Monaco. 

Itulah tiga artis Indonesia yang ternyata sudah sukses lebih dulu ketimbang Rich Brian di kancah internasional. Semoga saja, ke depannya, ada banyak penerus-penerus mereka yang bisa mengharumkan nama Indonesia di luar negeri. (Editor: Chaerunnisa)

 

Okky Budi
Okky Budi

Penggemar Tsubasa yang jadi sarjana sosial. Kini secara sengaja masuk ke dunia finansial. Semoga bisa memberikan tulisan yang bermanfaat buat pembaca.