Lebih Kaya dari Panglima TNI Sekarang, Ini Aset Gatot Nurmantyo

2 menit
Gatot Nurmantyo (Tempo)

Gatot Nurmantyo dikabarkan bakal dipilih menjadi tim sukses pemenangan Jokowi-Ma’ruf Amin pada Pilpres 2019. Sebelumnya, nama jenderal bintang empat ini santer terdengar bakal diusung menjadi bakal presiden.

Namanya yang selalu jadi perbincangan juga sempat masuk bursa cawapres pendamping Prabowo Subianto. Namun, Prabowo ternyata lebih memilih Sandiaga Uno sebagai cawapres yang mendampinginya.

Di balik hiruk pikuk politik yang menyeret namanya, ternyata ada fakta menarik di balik sosok mantan Panglima TNI ini. Meski statusnya saat itu masih aktif di militer, Gatot Nurmantyo bisa memiliki kekayaan hingga miliaran rupiah plus uang puluhan ribu dolar.

Dikutip dari Anti-Corruption Clearing House (ACCH) KPK, kekayaan Gatot dilaporkan mencapai Rp 13.704.369.535 dan US$ 25.002. Malahan kekayaannya itu jauh lebih banyak dari Panglima TNI sekarang Hadi Tjahjanto yang kekayaannya mencapai Rp 5.001.683.500 dan US$ 60.000.

Dengan nilai yang segitu besar, kira-kira rincian kekayaan dari Gatot Nurmantyo apa aja nih? Yuk disimak.

1. Punya banyak properti lebih dari Rp 6 miliar

Selama berkarier di kemiliteran, Gatot Nurmantyo tercatat memiliki banyak properti. Seperti yang dilaporkan dalam Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) tahun 2015, total kekayaan Gatot dari harta gak bergerak ini mencapai Rp 6.615.759.832.

Tanah dan bangunan yang jadi miliknya tersebut jumlahnya mencapai 14 yang tersebar di Jakarta, Bogor, Sukabumi, hingga Maluku. Paling terbesar nilainya adalah tanah 500 meter persegi dan bangunan 100 meter persegi di Jakarta Timur seharga Rp 2,63 miliar.

2. Memiliki Toyota Harrier dan Alphard senilai Rp 505 juta

Pada kesempatan tersebut, Gatot Nurmantyo mengatakan: “Saya ingatkan kepada semua saudara-saudara untuk berhati-hati, jangan sampai kita seperti di Timur Tengah, muslim dengan muslim diadu domba dan dipecah belah. Sejarah perjuangan kemerdekaan mengajarkan kita bahwa TNI tidak bisa dipisahkan dengan umat Islam,” . “Sudah saatnya para ulama sekarang lebih mendekatkan diri kepada masyarakat untuk memberikan bimbingan bimbingan. Lupakan perbedaan, karena perbedaan adalah karunia Allah SWT,” . “Mari kita tonjolkan persamaan, singkirkan perbedaan untuk menjaga Negara keatua Republik Indonesia. Mari satukan hati untuk Indonesia untuk Indonesia yang lebih maju dan besar,. Allahuakbar!” tutup Gatot Nurmantyo . #gatotnurmantyo #satukanhatiuntukindonesia #Gnsatukanhati #pontianak

A post shared by Gatot Nurmantyo (@nurmantyo_gatot) on

Selama masih aktif di kemiliteran, Gatot Nurmantyo juga memiliki mobil mewah. Namun, gak sebanyak mobil-mobil napi koruptor.

Dalam laporan LHKPN, pak jenderal punya Toyota Harrier tahun 2001 yang nilainya Rp 120 juta. Lalu ada Toyota Alphard tahun 2006 yang nilainya sekitar Rp 385 juta.

3. Menyimpan emas senilai Rp 46 juta

Kamis 15 Februari, tiba di Markas Angkatan Tentera Malaysia, disambut dengan jajar kehormatan dan diterima oleh Panglima Angkatan Tentera Malaysia, Jenderal Tan Sri Raja Mohammad Affandi, berikut Panglima Tentera Darat, Panglima Tentera Laut, Panglima Tentara Udara dan Menteri Pertahanan Malaysia, Dato' Seri Hishammuddin Tun Hussein . Jenderal Tan Sri Raja Mohammad Affandi menyampaikan rasa sedih atas kedatangan Jenderal Gatot karena selama ini Beliau menjadi partner kerja dan berdiskusi tentang keamanan di kawasan. . Jenderal Tan Sri berharap hubungan emosional yang secara personal terbentuk agar tidak berhenti disini. Bahkan, Jenderal Tan Sri menyampaikan bahwa Jenderal Gatot masih diterima sebagai Panglima TNI, bukan sebagai mantan Panglima sebagai wujud penghormatan. “Bapak masih Panglima TNI bagi saya,” demikian ucapnya. . Dalam kesempatan ini Jenderal Gatot mengingatkan jangan sampai ASEAN seperti Timur Tengah dimana antar bangsa bertetangga diadu domba karena kawasan ini kaya akan tumbuh-tumbuhan dan air sehingga akan dilirik oleh negara-negara lain. . Jenderal Tan Sri mengatakan juga bahwa di dunia ini ada kelompok yang menggerakkan dan menciptakan keadaan yang tidak aman, khususnya ekonomi. Maka, kita bertetangga harus rukun karena kita tidak bisa memilih tetangga. . #gatotnurmantyo #malaysia #satukanhatiuntukindonesia #jagainindonesia #gnsatukanhati

A post shared by Gatot Nurmantyo (@nurmantyo_gatot) on

Gak cuma berbentuk properti dan kendaraan pribadi, Gatot Nurmantyo juga memiliki kekayaan dalam bentuk emas. Instrumen investasi yang satu ini dimilikinya sebagai warisan.

Gatot tercatat memiliki emas senilai Rp 46 juta. Kalau diubah dalam bentuk emas, Pak Gatot menyimpan emas batangan seberat 50 gram, 25 gram, dan 2 gram lebih.

4. Menyimpan giro yang nilainya lebih dari Rp 6,4 miliar

Selain emas, Gatot Nurmantyo juga memiliki kekayaan dalam bentuk giro. Nilai giro yang disimpannya mencapai Rp 6.492.298.440.

Giro tersebut ada yang merupakan hasil jerih payahnya sendiri, dan ada juga yang didapat dari warisan. Giro yang hasilnya sendiri sekitar Rp 1.867.050.488 ditambah dalam bentuk dolar sebesar US$ 8.200 atau Rp 119.662.600.

Sementara yang didapatnya sebagai warisan sekitar Rp 4.625.247.972 ditambah dalam bentuk dolar sebesar US$ 16.802 atau Rp 245.191.586.

Nah, itu tadi empat aset kekayaan yang dimiliki Gatot Nurmantyo. Semua itu diperolehnya selama berkarier di TNI. Dan hebatnya nih nama Gatot sampai saat ini belum pernah diterpa isu miring terkait korupsi. Salut deh!

Boby
Boby

Lama bergelut dengan ensiklopedia. Kini fokus dengan urusan finansial. Di mana pun berada selalu berusaha sajikan karya yang terbaik. Semoga bermanfaat!