Hartanya Rp 22 M, Ini Aset-Aset yang Bikin Sekda Saefullah Lebih Kaya dari Anies Baswedan

3 menit
Sekda DKI Jakarta
Sekda DKI Jakarta Saefullah. (Twitter/@beritajakarta)

Mulai dari hari ini hingga 16 Juli nanti, Gubernur Anies gak bisa ditemui langsung di ibu kota. Soalnya Gubernur Anies pergi ke Kota Medellin, Kolombia buat memenuhi undangan. Buat sementara, penanganan Jakarta menjadi tanggung jawab Sekda DKI Jakarta, Saefullah.

Penunjukkan Sekretaris Daerah atau Sekda DKI Jakarta Saefullah telah diinformasikan Gubernur Anies sejak hari Senin kemarin (8/7/2019). Gubernur Anies mengatakan selama kepergiannya, Sekda Saefullah mengemban jabatan sebagai Pelaksana Harian (PLH).

Bukan tanpa alasan Sekda DKI Jakarta Saefullah ditunjuk sebagai PLH. Kekosongan posisi Wakil Gubernur DKI Jakarta sejak ditinggal Sandiaga Uno mau gak mau menjadi alasan Gubernur Anies memercayakan ibu kota kepada Saefullah.

Menarik buat diulas, rupanya sosok Saefullah pernah ramai jadi pemberitaan di banyak media lho. Gara-garanya namanya disebut-sebut bakal maju dalam Pilkada DKI Jakarta 2017. Penasaran dengan sepak terjang Sekda DKI ini? Simak aja yuk ulasannya berikut ini.

Baca juga: 3 Mobil Sejuta Umat Milik Anies Baswedan, Termahal Cuma Rp 135 Juta!

Pernah jadi guru hingga pegang jabatan penting di DKI, kekayaan Saefullah dilaporkan tembus Rp 22 miliar

Sekda DKI Jakarta
Saefullah dalam sebuah acara. (Twitter/@humasjakfire)

Nama Sekda DKI Jakarta Saefullah bukanlah nama yang baru dalam Pemerintahan Provinsi DKI Jakarta. Sosoknya bisa dibilang udah senior alias berpengalaman di Pemprov DKI.

Peraih gelar S1 di IKIP Muhammadiyah tahun 1998 ini diketahui pernah memegang jabatan di Pemprov DKI Jakarta, antara lain:

  • Kepala Sudin Pendidikan Dasar Jakarta Barat (2003 – 2004)
  • Kepala Subdinas SLTP DKI Jakarta (2004 – 2008)
  • Wakil Kepala Dinas Pendidikan Dasar DKI Jakarta (2008)
  • Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda DKI Jakarta (2009 – 2010)
  • Wali Kota Jakarta Pusat (2008 – 2014)
  • Sekda DKI Jakarta (2014 – sekarang)

Menariknya nih, Sekda Saefullah dalam suatu wawancara dengan Beritagar pernah mengaku bekerja sebagai guru lho selama 8 tahun. Ia juga terang-terangan mengatakan bakal jadi guru lagi kalau udah gak aktif lagi memberi pelayanan di Pemprov DKI Jakarta.

Walaupun gagal mencatatkan diri sebagai calon Wakil Gubernur DKI Jakarta mendampingi Yusril Ihza Mahendra, mantan Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama menilai Sekda DKI Jakarta tersebut sebagai sosok yang berbahaya.

Mengutip pemberitaan Liputan6, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok pernah melontarkan pernyataan kalau Sekda Saefullah menempatkan kroni-kroninya di kelurahan dan kecamatan buat melancarkan kepentingannya. 

Terus Bang Ipul sapaan Pak Sekda juga disebut Ahok terlibat dalam perumusan rancangan peraturan daerah (Raperda) Reklamasi Teluk Jakarta. Karena itulah, Ahok berani bilang Sekda DKI Jakarta Saefullah berbahaya.

Tudingan tersebut lantas dibantah Saefullah. Meskipun dapat tudingan tersebut dari atasannya,  Sekda DKI Jakarta ini mengaku hubungannya baik-baik aja dengan Gubernur Ahok. Malahan saat Ahok berada di penjara, Saefullah datang mengunjunginya.

Dengan pengalamannya yang terbilang panjang selama di Pemprov, gak disangka Sekda DKI Jakarta Saefullah menurut LHKPN 2017 punya kekayaan lebih dari Rp 22 miliar lho. 

Kekayaannya tersebut diketahui berasal dari sejumlah aset yang dimilikinya. Apa aja aset-aset tersebut? Berikut ini daftarnya.

Baca juga: Segini Nih Harga Rumah Joglo Anies Baswedan di Lebak Bulus

Ini lho aset-aset milik Sekda DKI Jakarta Saefullah yang bikin dirinya lebih kaya dari Gubernur Anies

sekda dki jakarta
Saat mendampingi Anies dalam sebuah kegiatan. (Twitter/@jalanjakpus)

Kekayaan Sekda DKI Jakarta Saefullah yang mencapai Rp 22.923.170.804 jelas terbilang besar angkanya. Malahan nilai kekayaannya tersebut melampaui kekayaan Gubernur Anies lho.

Asal tahu aja nih, kekayaan Gubernur Anies menurut LHKPN 2016 berada di angka Rp 7,3 miliar. Ini belum ditambah dengan dolar yang dimilikinya sebanyak US$ 8.893.

Emangnya apa aja aset-aset yang dimiliki Saefullah sehingga bisa punya kekayaan lebih dari Rp 22 miliar? Berikut ini daftarnya.

1. Tanah dan bangunan senilai Rp 22.346.244.000

Di LHKPN 2017 tercatat kalau aset bernilai tinggi yang dimiliki Saefullah ternyata berupa tanah dan bangunan. Kebanyakan tanah dan bangunan tersebut tersebar di wilayah Jakarta Utara. 

Nilai paling tinggi adalah tanah seluas 4.950 meter persegi di Jakarta Utara. Nilainya dalam LHKPN mencapai Rp 5.108.400.000.

2. Punya tiga mobil dengan total nilai Rp 844.000.000

Aset lainnya yang dimiliki Sekda DKI Jakarta ini adalah tiga mobil yang bernilai ratusan juta rupiah. Saefullah diketahui memiliki mobil Honda CR-V tahun 2008 bernilai Rp 294 juta. 

Ia juga memiliki mobil Toyota Fortuner tahun 2010 bernilai Rp 260 juta. Terus ada mobil Nissan X-Trail tahun 2010 dengan nilai Rp 290 juta.

3. Harta bergerak lainnya senilai Rp 63.580.000 dan kas senilai Rp 1.669.346.804

Aset lainnya yang disebut dalam LHKPN adalah harta bergerak lainnya bernilai Rp 63,58 juta dan kas bernilai Rp 1,66 milar. Gak dijelaskan secara detail apa harta bergeraknya tersebut.

Walaupun punya harta hingga Rp 22 miliar, ternyata Sekda DKI Jakarta Saefullah juga memiliki utang yang nilainya mencapai Rp 2 miliar lho. Kira-kira utangnya buat apa ya? (Editor: Ruben Setiawan)

Boby
Boby

Lama bergelut dengan ensiklopedia. Kini fokus dengan urusan finansial. Di mana pun berada selalu berusaha sajikan karya yang terbaik. Semoga bermanfaat!

Mau lebih cerdas kelola uang?

Dapatkan tips saham, karier, inspirasi bisnis dan konten menarik lainnya!