Banner ImageBanner Image

Asuransi Bisnis Dapat Menguntungkan Usaha Dagang

2 menit
Potensi gulung tikar alias bangkrut selalu membayangi setiap calon maupun yang sudah berstatus pebisnis. Semua bisnis selalu memiliki risiko, termasuk bisnis dengan modal kecil. Tak ada yang bisa menjamin bisnis yang digeluti akan langgeng selamanya. Yang perlu dipikirkan adalah mengelola risiko sehingga bisa menjauhi yang namanya kerugian.
 
Bayang-bayang risiko dari suatu bisnis adalah keniscayaan. Siapapun tak bisa luput darinya. Begitu memutuskan terjun ke dunia bisnis, di saat bersamaan juga bersiap mengalami kerugian baik yang terukur maupun tidak. Pendek kata, ada dua hasil saat terjun ke dunia bisnis. Siap kaya sekaligus siap miskin.
 
Rumus siap jadi kaya dan siap jadi miskin harus dimiliki sejak awal bagi calon pebisnis. Semua perencanaan maupun strategi yang sudah disusun bukan jaminan sebuah bisnis akan menuai kisah manis. Di sinilah pentingnya kejelian dalam mengantisipasi risiko agar terhindar dari kerugian yang maksimal.
 
Risiko bisnis yang bakal menghampiri beraneka ragam. Bisa karena risiko salah urus, salah memilih lokasi, gagap membaca selera pasar, membanderol produk terlalu tinggi, sampai kalah dalam persaingan dengan kompetitor. Risiko pun juga bisa terjadi di luar kemampuan manusia. Misalnya saja bencana alam, musibah kebakaran, sampai terjadinya huru hara.
 
Agar semua risiko yang disebut terakhir itu tak ditanggung sendiri, alangkah baiknya mengalihkan risiko itu ke perusahaan asuransi. Cuma jangan salah sangka dulu. Yang diasuransikan di sini bukanlah binisnya tapi pada aset usaha. Misalnya saja mengasuransikan toko yang rawan kebakaran atau rumah yang dialihkan menjadi lokasi bisnis.
 
Kadang sebagian pebisnis menganggap asuransi hanya membuang-buang uang saja. Premi yang mesti dibayarkan tiap bulan cuma membebani keuangan dan menggerus keuntungan. Anggapan ini sebaiknya dihilangkan.
 
Asuransi sebaiknya dipahami sebagai perisai atas kemungkinan hilangnya aset usaha karena terjadinya risiko. Bisa karena musibah bencana alam, kebakaran, atau penyebab lainnya. Bila di kemudian hari mengalami kejadian seperti ini dan kehilangan aset, maka pelaku usaha tak perlu lagi memikirkan mencari modal lagi lewat pinjaman uang tanpa syarat. Atau dipusingkan mencari tempat pinjam uang untuk membangun lagi bisnis dari awal.
 
Lain halnya jika aset itu diasuransikan. Maka uang pertanggung dari asuransi bisa menjadi bantuan modal usaha. Bahkan jika perlu, uang pertanggungan itu bisa digunakan sebagai dana cadangan sampai bisnis pulih seperti sedia kala.
 
Sebelum menentukan nilai premi maupun jenis risiko yang perlu diasuransikan, ada baiknya menghitung dulu potensi penghasilan dari usaha. Atau bisa juga meminta bantuan petugas asuransi untuk memberi masukan jenis asuransi yang sesuai dengan risiko. Dengan asuransi, maka potensi kerugian akibat kejadian yang tak terduga dapat ditekan.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Taiwan