Banner ImageBanner Image

Kamu Bakal Setuju Asuransi Jiwa Itu Penting Saat Hadapi Situasi-Situasi Ini

3 menit

Cukup banyak orang beranggapan memiliki asuransi jiwa belum penting. Bahkan, ada yang bilang asuransi jiwa cuma buat orang-orang yang punya banyak uang. Padahal, asuransi ini bisa dimiliki siapa aja, asalkan memenuhi syarat dan bisa bayar preminya.

Asal tahu aja nih, asuransi jiwa dapat menyokong keuangan orang-orang yang ditinggalkan. Misalnya, meringankan beban keuangan keluarga yang ditinggalkan pencari nafkah.

Berkat uang pertanggungan dari asuransi ini, seenggaknya orang-orang yang menerima manfaat atau yang berstatus sebagai ahli waris gak kesulitan memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Sayangnya, persepsi orang yang menyebut premi asuransi jiwa itu mahal membuat mereka ragu-ragu memiliki asuransi ini.

Faktanya, ada kok yang preminya terjangkau. Mulai dari Rp 100 ribuan per tahun, kamu bisa punya asuransi jiwa dengan uang pertanggungan Rp 100 juta.

Jadi, masih pakai alasan premi mahal makanya gak mau ambil asuransi jiwa?

Sekadar diketahui, hal-hal berikut ini bakal bikin kamu setuju kalau memiliki asuransi jiwa itu perlu banget.

Inilah hal-hal yang bikin kamu sadar betapa pentingnya punya asuransi jiwa, seperti dikutip dari Lifehack:

Kamu adalah tulang punggung keluarga

Asuransi jiwa
Asuransi jiwa

Kalau kamu berstatus sebagai pencari nafkah atau tulang punggung keluarga, memiliki asuransi jiwa itu udah pasti menjadi keharusan.

Bayangkan deh gimana jadinya keluarga tanpa kamu seandainya gak ambil asuransi ini? Pasti hidup mereka bakal serbasulit.

Biasanya setiap bulan mendapat uang dari kamu. Kini sejak absennya kamu, pasanganmu harus bersusah payah buat memenuhi kebutuhan sehari-hari. Mirisnya adalah, kalau sampai harta benda dijual agar kebutuhan hidup bisa terpenuhi.

Emangnya kamu mau kalau sampai hal itu terjadi? Tentu aja gak mau, kan? Karena itu, milikilah asuransi jiwa mulai dari sekarang.

Baca juga:

Asuransi Jiwa Vs Asuransi Unit Link, Mana yang Lebih Menguntungkan?

Masih punya cicilan yang belum lunas

Asuransi jiwa
Asuransi jiwa

Jangan sampai tidak adanya kamu malah menyisakan utang yang menumpuk. Pasalnya, keluarga yang mau gak mau menanggung beban utang yang kamu tinggalkan. Kamu pastinya sedih bukan kalau membayangkan hal itu sampai terjadi?

Di sinilah adanya asuransi jiwa yang membantu keluarga melunasi sisa cicilan yang belum terbayar. Bahkan, sisa utang yang ada bisa langsung lunas.

Makanya, di KPR itu ada penyertaan asuransi jiwa. Tujuannya, kalau terjadi hal-hal yang gak diinginkan pada debitur, sisa utang KPR yang masih ada bisa langsung terlunasi.

Baca juga:

Apa Bedanya Asuransi Pendidikan atau Tabungan Pendidikan? Ini Jawabannya..

Finansial orangtua bergantung kepadamu

Asuransi jiwa
Asuransi jiwa

Kalau masih punya orangtua yang udah gak lagi bekerja dan bergantung sepenuhnya kepadamu, ada baiknya kamu memiliki asuransi jiwa.

Bayangkan deh seandainya terjadi apa-apa pada dirimu, orangtua kamu bakal bingung memenuhi kebutuhannya.

Itulah kenapa kamu perlu punya asuransi jiwa buat menjamin kebutuhan orangtua seandainya nanti ditinggalkan. Dengan uang pertanggungan yang diberikan, kebutuhan-kebutuhan orangtua setidaknya terpenuhi buat beberapa lama.

Punya anak-anak yang masih sekolah

Asuransi jiwa
Asuransi jiwa

Karena kamu adalah pencari nafkah, udah pasti pendidikan anak-anak tergantung padamu. Mereka bisa melanjutkan pendidikan, tergantung dari uang yang kamu berikan buat biaya pendidikan.

Itu berarti kalau kamu sampai meninggalkan mereka, pendidikan mereka bisa jadi gak bakal lanjut. Mereka pun harus mengubur dalam-dalam impian mereka karena terkendala biaya.

Padahal, hal tersebut gak harus sampai terjadi kalau kamu punya asuransi jiwa. Pendidikan anak-anakmu tetap terjamin dengan uang pertanggungan yang mereka terima.

Pengin punya hal yang bisa diwariskan

Asuransi jiwa
Asuransi jiwa

Uang pertanggungan dari asuransi jiwa bisa dijadikan sebagai warisan lho. Tinggal kamu sesuaikan aja berapa besaran uang pertanggungan yang kamu inginkan.

Katakan aja kamu punya dua anak, dan ingin mewariskan Rp 100 juta buat satu anak. Itu berarti kamu harus mengambil asuransi yang kasih uang pertanggungan Rp 200 juta.

Perlu kamu ingat, uang pertanggungan yang besar sama dengan premi yang besar. Semakin besar uang pertanggungan, semakin besar pula premi yang kamu bayar.

Nah, itu tadi hal-hal yang bisa bikin kamu berubah pikiran dan menganggap pentingnya asuransi jiwa.

Apapun alasannya dalam menuju kemapanan finansial, asuransi jiwa harus ada sebagai salah satu syarat yang mesti dipenuhi. Semoga informasi tadi bermanfaat ya! (Editor: Chaerunnisa)

Boby
Boby

Lama bergelut dengan ensiklopedia. Kini fokus dengan urusan finansial. Di mana pun berada selalu berusaha sajikan karya yang terbaik. Semoga bermanfaat!

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Taiwan