Asuransi Kesehatan Terbaik seperti Apa Sih? Ini yang Harus Diketahui

6 menit
Asuransi kesehatan (Shutterstock)
Cara mengetahui jenis asuransi kesehatan terbaik (Shutterstock)

Asuransi kesehatan itu perlu banget kehadirannya di tengah-tengah hidup. Pasalnya, keberadaan asuransi berperan menjaga kondisi keuangan.

Kebayang gak gimana jadinya kalau tak memiliki asuransi satu ini? Kamu harus merogoh kocek yang dalam cuma buat bayar pengobatan di rumah sakit.

Kita sama-sama tahu, biaya pengobatan di rumah sakit itu gak murah. Malah ada yang bisa bikin kita tambah sakit karena saking mahalnya. Di sinilah gunanya asuransi kesehatan. Pasalnya, asuransi bisa membantu kamu meminimalkan pengeluaran tersebut.

Setuju gak kalau menjadi anggota BPJS Kesehatan udah cukup buat menanggulangi biaya pengobatan? Namun, gak ada salahnya memiliki asuransi kesehatan demi perlindungan maksimal.

Lagi pula, dengan asuransi ini, kamu gak perlu melalui serangkaian proses yang berlaku dalam BPJS Kesehatan.

Seperti yang kamu tahu, BPJS mensyaratkan anggotanya buat berobat dulu di fasilitas kesehatan I atau faskes I, baru kemudian ke rumah sakit.

Dengan mengetahui fakta tersebut, apakah kamu masih ragu mengambil asuransi satu ini? Apalagi, kalau kamu udah berkeluarga, lebih dari perlu tuh punya asuransi. Emangnya kamu mau kelurgamu gak terlindungi dengan maksimal?

Pertanyaannya, asuransi seperti apa yang cocok buat perlindungan keluarga? Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, ada baiknya simak dulu penjelasan seputar asuransi berikut ini:

Apa Itu Asuransi Kesehatan?

Asuransi kesehatan (Shutterstock)
Mengetahui lebih dalam apa itu asuransi kesehatan (Shutterstock)

Merujuk pada Investopedia, asuransi kesehatan adalah salah satu jenis asuransi yang menanggung biaya pengobatan atau rumah sakit yang mesti dibayar tertanggung.

Simpelnya, semua biaya pengobatan atas nama kamu jadi tanggung jawab perusahaan asuransi.

Biasanya jenis asuransi ini digunakan pemberi kerja atau perusahaan sebagai benefit yang ditawarkan ke para karyawan.

Karena diberikan perusahaan, premi yang dibayarkan jadi tanggung jawab perusahaan sepenuhnya. Enak banget, kan?

Baca juga: Capai Rp 100 Juta per Bulan! Ini Rincian Biaya-Biaya Pengobatan Kanker

Kenapa perlu punya asuransi kesehatan?

Asuransi kesehatan (Shutterstock)
Mengetahui alasan mengapa perlu punya asuransi kesehatan (Shutterstock)

Di atas udah dijelaskan sebelumnya kenapa asuransi satu ini penting banget perannya. Peran esensial dari asuransi itu membantu kamu meminimalkan pengeluaran, semisal biaya rumah sakit.

Baca juga: 5 Tipe Profesi yang Bakal Miskin Jika Gak Punya Asuransi Kesehatan

Alasan-alasan perlunya memiliki asuransi kesehatan

Selain itu, ada beberapa alasan penting lainnya kenapa asuransi jenis ini perlu banget dimiliki. Apa aja alasan-alasannya?

  • Dengan punya asuransi, kamu bisa terhindar dari kebangkrutan finansial karena biaya pengobatan yang besar.
  • Biaya pengobatan yang cenderung naik tiap tahun bisa diantisipasi dengan uang pertanggungan dari asuransi.
  • Punya asuransi merupakan bagian dari mewujudkan kemapanan finansial.
  • Semakin bertambah usia, semakin rentan kamu terhadap berbagai penyakit makanya asuransi itu perlu banget dimiliki.

Manfaat-manfaat asuransi kesehatan, apa aja?

Ini masih ditambah dengan beberapa manfaat yang kamu dapatkan dengan memiliki asuransi untuk kesehatan, yaitu:

  • Manfaat rawat inap (in patient) sebagai pengganti biaya pengobatan selamat perawatan yang disesuaikan dengan ketentuan yang tercatat di polis asuransi.
  • Manfaat rawat jalan (out patient) sebagai pengganti biaya pengobatan yang gak mengharuskan si tertanggung mendapat perawatan.
  • Manfaat melahirkan (maternity) sebagai pengganti biaya persalinan atau melahirkan sesuai dengan ketentuan yang tercatat di polis.
  • Manfaat kacamata (glasses) sebagai pengganti biaya lensa kacamata dan bingkai atau frame asalkan ada surat pengantar dari dokter.
  • Manfaat pengobatan gigi (dental) sebagai pengganti biaya pengobatan gigi mulai dari perawatan dasar, pengobatan gusi, pengobatan gigi kompleks, perbaikan gigi, hingga penggunaan gigi palsu.

Jenis-jenis asuransi kesehatan yang ditawarkan di Indonesia

Asuransi kesehatan (Shutterstock)
Mengetahui jenis-jenis asuransi kesehatan (Shutterstock)

Di Indonesia cukup banyak asuransi kesehatan yang ditawarkan. Umumnya asuransi tersebut dipromosikan udah dalam kemasan perusahaan-perusahaan asuransi itu sendiri.

Namun, secara garis besar, asuransi jenis ini terbagi menjadi dua:

1. Asuransi kesehatan individu

Asuransi kesehatan individu adalah jenis asuransi yang bisa dibeli sendiri tanpa perlu menunggu pemberi kerja atau perusahaan memberinya.

Kamu bisa membelinya secara langsung di perusahaan asuransi ataupun lewat aggregator produk asuransi.

Biasanya premi buat jenis asuransi ini lebih ringan ketimbang premi asuransi kelompok yang dibayarkan perusahaan. Ada beberapa keuntungan yang diperoleh dengan membeli asuransi jenis ini untuk individu:

  • Asuransi jenis ini bisa melindungi si tertanggung saat berganti pekerjaan.
  • Si tertanggung bisa memilih manfaat-manfaat seperti apa yang pengin didapat.
  • Si tertanggung bisa menyesuaikan premi asuransi sesuai kondisi keuangannya.
  • Asuransi kesehatan individu mencakup semua manfaat yang penting.

2. Asuransi kesehatan keluarga

Sebagaimana namanya, asuransi kesehatan keluarga adalah jenis asuransi yang menanggung lebih dari satu anggota keluarga mulai dari pasangan, anak-anak hingga tanggungan yang lainnya. Intinya, setiap keluarga disarankan banget punya asuransi ini.

Selain jumlah tanggungannya, bedanya asuransi jenis ini untuk keluarga dengan individu terdapat pada besaran premi yang dibayarkan.

Udah pasti premi asuransi jenis ini lebih besar ketimbang yang individu. Makin banyak tanggungan, makin besar preminya.

Meskipun begitu, besaran premi tersebut gak semahal kalau kamu mendaftarkan diri anggota keluargamu satu per satu buat dapat asuransi yang baik untuk kesehatan ini. Masih lebih terjangkau premi asuransi untuk keluarga.

Satu hal lagi yang perlu kamu tahu, pertanggungan asuransi ini tetap. Bisa dibilang kalau ada satu anggota keluarga menerima manfaat dari asuransi, besaran pertanggungan asuransi ini berkurang.

Ciri-ciri asuransi kesehatan terbaik

Asuransi kesehatan (Shutterstock)
Ciri-ciri asuransi kesehatan terbaik (Shutterstock)

Seperti yang udah diterangkan di atas tadi, asuransi satu ini jumlahnya banyak dan gak semua menawarkan keuntungan yang sama. Makanya kamu perlu selektif dalam memilih asuransi yang seperti apa yang cocok buat dimiliki, khususnya buat keluarga.

Berikut ini adalah ciri-ciri yang harus kamu temukan dalam mendapatkan asuransi terbaik.

  • Pastikan informasi yang disampaikan lengkap, relevan, dan gak berbelit-belit.
  • Proses klaimnya gak sulit.
  • Metode klaimnya tersedia dalam bentuk cashless dan reimburse.
  • Bisa digunakan di banyak rumah sakit, baik swasta maupun negeri.
  • Asuransi yang baik disediakan perusahaan yang terdaftar di OJK dan Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI).
  • Ada kesempatan yang diberikan kepada calon tertanggung buat membaca polis asuransi.
  • Asuransi yang baik selalu dapat review dan testimoni yang bagus.

Daftar asuransi kesehatan di Indonesia, apa aja?

Asuransi kesehatan (Shutterstock)
Jenis-jenis asuransi kesehatan di Indonesia (Shutterstock)

Dengan jumlah penduduk Indonesia yang mencapai 264 juta jiwa, banyak perusahaan asuransi yang beroperasi di sini. Gak heran kalau ada banyak asuransi yang ditawarkan di Indonesia.

Berikut, daftar asuransi kesehatan di Indonesia:

Nama asuransi kesehatan Perusahaan asuransi Manfaat yang ditawarkan
PRUprime healthcare Prudential
  • Penggantian biaya kamar rumah sakit dan akomodasi maksimum Rp 8 juta per hari.
  • Penggantian biaya kunjungan dokter spesialis dihitung per tipe spesialis.
  • Tagihan rumah sakit dibayar sesuai plan yang dipilih.
  • Ada manfaat PRUprime limit booster buat tambah batas manfaat tahunan hingga Rp 35 juta.
  • Dapat 10 persen peningkatan batas manfaat tahunan kalau gak ada klaim.
  • Perlindungan di seluruh negara.
  • Masa perlindungan hingga usia 85 tahun.
MiUltimate HealthCare (MiUHC) Manulife
  • Wilayah pertanggungan mencakup seluruh Indonesia.
  • Biaya kamar dari Rp 500 ribu – Rp 3 juta per hari (Indonesia dan Malaysia).
  • Biaya kamar di luar Indonesia dan Malaysia dari Rp 3 juta – Rp 9 juta per hari.
  • Menanggung biaya unit perawatan intensif.
  • Menanggung biaya kunjungan dokter maksimal satu kunjungan.
  • Menanggung biaya kunjungan dokter spesialis maksimal satu kunjungan.
  • Menanggung biaya aneka perawatan rumah sakit.
  • Menanggung biaya operasi bedah maksimal per tahun.
  • Biaya akomodasi pendamping dari Rp 500 ribu – Rp 1,25 juta per hari.
  • Menanggung biaya bedah rekonstruksi.
  • Biaya penyuluhan psikologis dari Rp 1 juta – Rp 2,5 juta per tahun.
  • Ada manfaat perawatan gigi.
  • Ada manfaat melahirkan dengan masa pertanggungan maksimal 45 tahun.
  • Masa pertanggungan dewasa hingga 80 tahun.
  • Masa pertanggungan anak hingga 25 tahun.
Maestro Optima Care AXA Indonesia
  • Perlindungan lebih lama dengan usia hingga 80 tahun dan bisa diperpanjang hingga 99 tahun.
  • Perlindungan diberikan dimulai dari hari pertama polis diterbitkan.
  • Perlindungan mencakup kondisi yang udah ada sebelumnya (pre-existing condition) dan kondisi penyakit-penyakit kritis.
  • Perlindungan mencakup seluruh dunia.
  • Persetujuan proses aplikasi lebih mudah.
Cigna Family Care Optima Cigna
  • Manfaat perawatan rumah sakit dari Rp 300 ribu – Rp 1,2 juta per tertanggung.
  • Perawatan ICU mulai dari Rp 600 ribu – Rp 2,4 juta per tertanggung.
  • Dapat tanggungan rawat jalan setelah perawatan rumah sakit.
  • Manfaat pembedahan mulai dari Rp 6 juta – Rp 24 juta per tertanggung.
  • Ada layanan pendampingan saat di rumah dan di perjalanan.
  • Ada pengembalian premi 30 persen dari total premi di setiap akhir tahun ke-5.

Itulah beberapa informasi mengenai asuransi kesehatan yang perlu kamu tahu. Mulai dari manfaatnya, jenis-jenisnya, ciri-cirinya, hingga daftar asuransi yang ditawarkan. Semoga informasi barusan bermanfaat ya! (Editor: Chaerunnisa)

Boby
Boby

Lama bergelut dengan ensiklopedia. Kini fokus dengan urusan finansial. Di mana pun berada selalu berusaha sajikan karya yang terbaik. Semoga bermanfaat!