Asuransi Perjalanan Itu Penting, Ini Caranya Buat Milih yang Terbaik

4 menit

Punya asuransi perjalanan itu perlu banget. Sebab ini menjadi proteksi yang bisa diandalkan ketika kamu berpergian.

Kamu pasti sudah tahu kalau selama melakukan perjalanan, ada saja risiko-risiko yang bisa terjadi. Entah itu tabrakan, bus terperosok, pesawat jatuh, kereta yang tergelincir, dan risiko-risiko lainnya yang gak bisa kamu tebak kapan terjadinya.

Seandainya saja kamu gak ambil asuransi perjalanan, mau tak mau biaya-biaya seperti biaya rumah sakit atau hilangnya harta benda sepenuhnya bakal jadi tanggunganmu. Sudah pasti ini bakal jadi beban buat keuanganmu.

Wah, rugi dong? Makanya asuransi perjalanan ada buat bantu kamu supaya keuanganmu terhindar dari kerugian-kerugian finansial.

Biasanya orang ragu karena kurangnya informasi. Supaya semuanya jelas, moneysmart kasih kamu informasi singkat mengenai asuransi perjalanan terbaik. Berikut ini ulasannya.

Asuransi perjalanan itu penting. Kenapa?

Asuransi Perjalanan
Rugi deh pokoknya kalau berpergian gak punya asuransi perjalanan (seafoodnet)

Menurut pengertiannya, asuransi perjalanan adalah jenis asuransi yang dikhususkan memberi perlindungan selama perjalanan.

Asuransi ini terasa penting ketika kamu berpergian ke luar negeri. Sebab negara-negara di Eropa dan Amerika mengharuskan para turis yang berkunjung punya asuransi perjalanan.

Selain itu, asuransi perjalanan jadi bertambah penting karena akan memberikan kamu manfaat-manfaat, seperti:

  1. Ganti rugi kecelakaan
  2. Penggantian biaya berobat
  3. Penggantian barang-barang yang hilang
  4. Perlindungan ganda berupa santunan saat terjadi kecelakaan pesawat
  5. Penggantian biaya kunjungan anggota keluarga
  6. Tanggungan evakuasi medis
  7. Penggantian karena delay penerbangan
  8. Perlindungan atas rumah yang ditinggalkan

Manfaat-manfaat asuransi perjalanan di atas tentunya penting banget sebagai upaya meminimalkan dampak-dampak buruk yang berpotensi mengancam keuangan kamu.

Sekarang paham kan kenapa kamu perlu ambil asuransi perjalanan buat berpergian? Supaya kamu gak kebingungan dalam memilihnya, ikuti tips-tips berikut ini.

Inilah 7 tips pilih asuransi perjalanan terbaik

Asuransi Perjalanan
Pilih yang benar-benar kasih kamu proteksi penuh (viatainbalon)

Kebanyakan orang masih mengalami kebingungan begitu mau ambil asuransi. Kalau kamu adalah salah satunya, tips-tips di bawah ini bisa bantu kamu buat produk yang tepat.

1. Tahu proteksi seperti apa yang didapat
Seperti yang udah disebutkan sebelumnya tadi, manfaat-manfaat alias proteksi-proteksi dari satu produk perusahaan asuransi dengan perusahaan asuransi lainnya gak sama.

Karena itu, kamu harus benar-benar tahu apa yang dibutuhkan. Apalagi kalau udah punya asuransi jiwa, pilih yang asuransi perjalanan yang manfaatnya gak ada di asuransi jiwa.

2. Sesuaikan lamanya perlindungan dengan lamanya perjalanan

Semakin lama perlindungan asuransi perjalanan yang kamu ambil, semakin besar premi yang dibayar. Namun, bukan berarti biar murah, kamu persingkat waktunya ya?

Lebih baik bayar sedikit lebih mahal ketimbang uang habis banyak karena dampak buruk dari risiko yang gak bisa kamu cegah.

3. Pilih yang sampaikan informasi secara detail

Untungnya sekarang hampir semua urusan udah bisa dilakukan secara online. Jadi, gak ada lagi tuh yang namanya ribet.

Tinggal buka website pembanding produk finansial, kamu bakal disodorkan detail-detail informasi. Mulai dari penyedia, biaya medis, santunan, premi, manfaat, metode bayar, hingga ketentuannya.

4. Pahami pengecualian-pengecualian asuransi

Ini perlu banget kamu tahu. Jangan sampai kamu gak bisa klaim asuransi karena gak masuk dalam ketentuan perusahaan asuransi.

Ada lima pengecualian asuransi. Pertama, kecelakaan karena alkohol dan obat-obatan. Kedua, kecelakaan disengaja. Ketiga, kecelakaan karena force majeure.

Keempat, punya penyakit sebelum ambil asuransi. Kelima, kecelakaan terkait kehamilan.

5. Diawasi OJK

Ingat ya, pastikan benar-benar penyedia asuransi  sudah berada di bawah pengawasan OJK. Kalau gak ada daftarnya di OJK, kemungkinan besar itu perusahaan abal-abal.

Terus tahunya penyedia asuransi perjalanan diawasi OJK gimana? Gampang kok. Kamu buka aja www.ojk.go.id. Pilih halaman Berita dan Kegiatan terus klik Publikasi. 

Kalau lebih nyaman lewat telepon, kamu bisa hubungi OJK di nomor 157 atau (021) 2960 0000.

6. Tahu isi polis

Bukan berarti karena polisnya tebal, kamu jadi ogah baca isinya. Sebanyak apa pun lembaran polisnya, kamu harus perhatikan betul, terutama poin-poin perjanjiannya.

Bisa-bisa karena cuma baca sekadarnya, kamu jadi gagal klaim begitu ada risiko yang terjadi. Repot kan jadinya.

Skema klaim asuransi perjalanan: worldwide provider dan reimburse

Asuransi Perjalanan
Asal paham caranya, klaim pasti gampang deh (abb)

Dalam melakukan klaim asuransi, ada dua skema, yaitu skema worldwide provider (internasional) dan reimburse. Lalu apa perbedaan di antara keduanya?

Seandainya, asuransi perjalanan yang kamu ambil menggunakan klaim skema worldwide provider, kamu cukup tunjukan asuransi maka semua biaya langsung ditanggung perusahaan asuransi.

Sementara bila perusahaan asuransi menggunakan skema reimburse, kamu mau tak mau tanggung dulu biaya perobatan selama di rumah sakit. Kemudian kamu minta surat keterangan sebagai bukti. Barulah kamu bisa melakukan klaim setibanya di Indonesia.

Dari perbedaan skema klaim tersebut, jelas lebih mudah pakai skema worldwide provider ketimbang reimburse.

Sudah ketemu mana yang jadi pilihanmu?

Kamu tentunya sudah mengerti betapa berperannya asuransi perjalanan saat kamu sedang berada di daerah atau di luar negeri. Tinggal pakai tips-tips di atas, kamu nantinya menemukan mana yang ideal banget buat perjalanan kamu.

Meskipun begitu, ada satu poin yang mungkin sulit terpenuhi dalam asuransi perjalanan. Misalnya, perihal skema klaim worldwide provider yang terbilang jarang. Jadi, gak usah dipaksakan buat dapat asuransi sesuai tips-tips di atas ya?

Boby
Boby

Lama bergelut dengan ensiklopedia. Kini fokus dengan urusan finansial. Di mana pun berada selalu berusaha sajikan karya yang terbaik. Semoga bermanfaat!

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

Tentang Kami

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Philippines Taiwan