Seberapa Penting Asuransi Perjalanan? Ini Beberapa Hal yang Wajib Diketahui Traveler

6 menit
Asuransi perjalanan
Seberapa Penting Asuransi Perjalanan? Ini Beberapa Hal yang Wajib Diketahui Traveler, (Ilustrasi/Shutterstock).

Asuransi perjalanan kerap disepelekan oleh banyak orang karena dianggap tak terlalu penting. Bahkan gak sedikit orang yang berpikir, buat apa beli asuransi perjalanan segala, toh harga tiket pesawatnya aja udah mahal banget.

Padahal asuransi perjalanan itu bertujuan buat berjaga-jaga jika ada hal yang gak diinginkan. Ya, amit-amit sih. Tapi namanya musibah siapa yang tahu.

Itulah mengapa, pentingnya kamu memiliki asuransi perjalanan sebagai proteksi yang sangat bisa kamu andalkan saat berpergian. Jadi, kamu akan lebih tenang dan nyaman saat berlibur.

Sayangnya, di Indonesia, asuransi perjalanan itu emang kalah populer ketimbang asuransi kesehatan atau asuransi kendaraan. Padahal jika menelisik lebih dalam lagi, jenis asuransi yang satu ini memiliki segudang manfaat yang sangat menguntungkan kamu lho.

Gak percaya? Mending langsung aja yuk kita bedah tuntas tentang asuransi perjalanan di bawah ini:

Baca juga: Melihat Pentingnya Asuransi bagi Masa Depan Keuangan Anda

Apa itu asuransi perjalanan?

Asuransi perjalanan
Pentingnya nih bagi yang kerap berpergian ke luar dan dalam negeri soal asuransi ini, (Ilustrasi/Shutterstock)

Asuransi perjalanan adalah salah satu layanan asuransi yang dibutuhkan buat kamu yang akan melakukan perjalanan, terutama via perjalanan udara.

Jadi, secara singkatnya nih asuransi perjalanan itu dapat melindungi pengguna selama perjalanan mulai dari berangkat hingga perjalanan berakhir.

Contohnya, jika kamu sakit selama perjalanan, maka biaya akan di cover oleh pihak asuransi sesuai dengan polis yang udah disepakati. Karena itu, asuransi perjalanan itu ada agar kamu dapat terhindar dari kerugian finansial.

Nah, yang membedakan jenis asuransi yang satu ini dengan asuransi lainnya adalah durasi perlindungan risikonya yaitu durasinya lebih pendek.

Maksudnya di sini tuh, kamu bisa memilih durasi asuransi, mulai dari per perjalanan, per bulan atau per tahun. Jadi, pemilihannya bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan.

Kalau sekiranya kamu bakal sering berpergian dalam waktu satu tahun, maka disarankan buat membeli asuransi yang per bulan atau per tahun, kenapa? Karena harga preminya tentu bakal jauh lebih murah. Selain itu, kamu juga gak perlu ribet tuh wara-wiri ngurus asuransi perjalanan ketika bakal berangkat.

Kamu bisa membeli asuransi ini di perusahaan asuransi umum. Bisa langsung perusahaan atau lewat agen perjalanan. Tapi, biasanya premi akan lebih murah jika beli langsung di perusahaan asuransi.

Baca juga: 5 Wisata Kuliner Legendaris Khas Semarang yang Enak dan Murah Meriah

Fungsi asuransi perjalanan

Asuransi perjalanan
Pentingnya asuransi ini bagi yang doyan berpergian dengan menggunakan transportasi udara, (Ilustrasi/Shutterstock).

Seperti yang sudah dijelaskan di atas kalau asuransi perjalanan itu bertujuan sebagai proteksi atau mengurangi risiko finansial dari kejadian yang gak mengenakkan selama perjalanan. Berikut fungsi memiliki asuransi perjalanan:

1. Biaya medis kecelakaan

Jika selama perjalanan terjadi kecelakaan, maka pihak asuransi yang bakal menanggung biaya medis kamu sesuai dengan polis yang sudah disepakati.

Selain itu, biasanya ada uang pertanggungan juga yang bisa kamu cairkan jika kecelakaan tersebut berakibat fatal, seperti kematian, cacat permanen atau lumpuh total.

2. Biaya berobat

Selain itu, pihak asuransi juga akan meng-cover biaya berobat jika kamu jatuh sakit dalam perjalanan. Hal itu tentu saja sangat berguna, terutama saat dibutuhkan pengobatan darurat dengan biaya mahal.

3. Kehilangan, kerusakan dan keterlambatan bagasi

Kamu tentu sering mendengar cerita di mana koper dibongkar, dirusak bahkan hilang saat melakukan perjalanan. Nah, di sini pihak asuransi juga akan menanggung risiko kehilangan barang milikmu lho. Jadi, kamu akan mendapatkan ganti rugi, menguntungkan banget kan?

Gak cuma menanggung kerusakan atau kehilangan barang, pihak asuransi juga bakal memberikan uang pertanggungan ketika bagasi terlambat datang lho jika lebih dari 12 jam. Ya, hitung-hitung mengurangi rasa kesal.

4. Biaya pemulangan jenazah

Siapa sih yang mau meninggal dunia saat sedang berpergian, tapi balik lagi ajal siapa yang tahu. Dengan menggunakan asuransi perjalanan, maka pihak asuransi bakal menanggung biaya pemulangan jenazah.

Jadi, setidaknya bisa mengurangi beban keluarga. Bahkan pihak asuransi biasanya juga akan menanggung biaya penguburan atau kremasi.

5. Biaya kerusakan atau musibah lainnya

Yang menarik dari asuransi perjalanan, ternyata gak hanya menanggung saat kamu mengalami kejadian gak mengenakan selama berpergian lho. Tapi juga dapat melindungi aset properti yang kamu tinggalkan selama perjalanan, salah satunya adalah rumah.

Pasalnya, gak dapat dipungkiri kalau rumah yang kosong ditinggal selama perjalanan berisiko mengalami kebakaran. Jika ada asuransi perjalanan, risiko itu akan ditanggung.

Baca juga: Jajaran Investor Ini Bikin Go-Jek Jadi Decacorn dengan Nilai Rp 141 Triliun

Tips asuransi perjalanan terbaik

Asuransi perjalanan
Buat yang pengin tahu tipsnya gimana pilih asuransi ini, coba cek di sini deh, (Ilustrasi/Shutterstock).

Jika udah mengetahui seberapa penting asuransi perjalanan itu, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa membantu kamu buat menemukan produk asuransi yang tepat:

1. Mengetahui apa saja proteksi yang didapat

Meski sama-sama memiliki fungsi untuk memproteksi diri selama perjalanan, tapi setiap perusahaan asuransi menawarkan fasilitas yang berbeda-beda lho. Karena itu, kamu harus benar-benar tahu apa yang dibutuhkan.

Misalnya, kamu sudah memiliki asuransi jiwa, sebaiknya pilihlah asuransi yang manfaatnya gak ada di asuransi jiwa. Jadi, bisa dimaksimalkan untuk manfaat yang lain.

2. Pahami apa saja yang gak ditanggung asuransi

Nah, ini penting banget lho. Kamu mesti memahami betul apa aja sih yang gak ditanggung oleh pihak asuransi. Jangan sampai kamu gak bisa klaim karena gak masuk ke dalam ketentuan perusahaan asuransi.

Contohnya, biasanya pihak asuransi gak bakal meng-cover kecelakaan yang disebabkan karena alkohol dan obat-obatan.

3. Sesuaikan lamanya perlindungan dengan perjalanan

Perlu diketahui kalau semakin lama perlindungan asuransi yang kamu ambil, maka bakal semakin besar pula besaran premi yang harus kamu bayarkan.

Logikanya, lebih baik mengeluarkan uang lebih besar sedikit ketimbang uang terkuras habis karena harus menanggung risiko yang gak bisa kamu cegah.

4. Diawasi OJK

Ini juga penting banget lho, pastikan kalau perusahaan asuransi tersebut berada di bawah pengawasan OJK. Kalau gak terdaftar, kemungkinan itu perusahaan tersebut abal-abal.

Kamu bisa mengetahuinya dengan membuka situs resmi OJK dan pilih halaman Berita dan Kegiatan terus klik Publikasi. Selain itu, kamu juga bisa menghubungi OJK di nomor 157 atau (021) 2960 0000.

5. Mengetahui isi polis

Sebelum memutuskan untuk menggelontorkan uang membeli asuransi ini. Kamu harus kudu mesti wajib membaca isi polis dengan baik-baik. Sebanyak apa pun lembarannya, kamu harus perhatikan betul, terutama poin-poin perjanjiannya.

Bisa-bisa karena cuma baca sekadarnya, kamu jadi gagal klaim begitu ada risiko yang terjadi. Repot kan jadinya.

Daftar asuransi perjalanan di Indonesia

Asuransi perjalanan
Ini deretan perusahaan asuransi di Indonesia dengan produknya yang pas buat traveler, (Ilustrasi/Shutterstock).

Kali ini MoneySmart.id pengin memberikan rekomendasi beberapa daftar asuransi bagi pelancong di Indonesia, mulai dari premi serta benefit apa saja yang ditawarkan:

1. Asuransi perjalanan Allianz

Allianz memiliki beberapa asuransi perjalanan, salah satunya adalah TravelPro Domestik. Jenis asuransi yang satu ini diperuntukkan buat kamu yang ingin melakukan perjalanan domestik.

Untuk dapat menikmati asuransi yang satu ini, kamu hanya perlu mengeluarkan kocek Rp 27 ribu. Allianz akan menanggung beberapa hal yakni medis, kecelakaan diri, dan ketidaknyamanan seperti keterlambatan pesawat hingga bagasi hilang.

2. Asuransi perjalanan Axa

Selain itu ada juga asuransi perjalanan dari Axa yaitu Smart Traveler Single Trip Platinum buat perjalananmu ke luar negeri.

Kamu hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp 203 ribu bisa buat menikmati beberapa fasilitas, seperti:

  • Santunan kematian atau cacat permanen akibat kecelakaan hingga Rp 5,2 miliar.
  • Jaminan biaya medis hingga Rp 2,6 miliar.
  • Perlindungan bagasi hingga Rp 32,5 juta.
  • Ganti rugi pembatalan perjalanan hingga Rp 65 juta.
  • Perlindungan isi rumah akibat kebakaran hingga Rp 65 juta.
  • Perlindungan tanggung jawab pihak ketiga hingga Rp 1,95 miliar.

3. Asuransi perjalanan Zurich

Perusahaan asuransi Zurich juga menawarkan beberapa pilihan asuransi. Salah satunya adalah Passport Travel Silver dengan bujet 194 ribu.

Beberapa poin yang akan ditanggung oleh Zurich, yaitu:

  • Jaminan biaya medis akibat kecelakaan hingga Rp 501 juta.
  • Ganti rugi isi rumah akibat pencurian hingga Rp 14 juta.
  • Ganti rugi kehilangan atau kerusakan bagasi hingga Rp 21 juta.
  • Ganti rugi kehilangan uang muka akibat tidak bisa melakukan perjalanan (sebelum keberangkatan) hingga Rp 28 juta.
  • Perlindungan kehilangan dokumen perjalanan hingga Rp 2,1 juta.
  • Perlindungan tanggung jawab hukum pribadi hingga Rp 501 juta.

4. Asuransi perjalanan Aca

Aca asuransi juga menawarkan asuransi perjalanan travel safe international VIP dengan mengeluarkan uang sebesar Rp 298 ribu buat sekali perjalanan.

Fasilitas yang ditawarkan yaitu:

  • Santunan kematian atau cacat tetap akibat kecelakaan hingga Rp 1,3 miliar.
  • Jaminan biaya medis akibat kecelakaan hingga Rp 1,3 miliar.
  • Perlindungan bagasi hingga Rp 13 juta.
  • Ganti rugi akibat pembatalan perjalanan hingga Rp 67 juta.
  • Perlindungan kehilangan dokumen perjalanan hingga Rp 13 juta.
  • Ganti rugi atas kehilangan uang pribadi hingga Rp 2 juta.

5. Asuransi perjalanan Chubb

Selain itu, ada juga perusahaan asuransi yaitu Chubb yang menawarkan asuransi perjalanan buat berpergian ke dalam dan luar negeri. Salah satunya adalah asuransi perjalanan domestik yang menawarkan beberapa keuntungan, seperti:

  • Pertanggungan biaya medis akibat kecelakaan hingga Rp 100 juta.
  • Pertanggungan risiko kematian dan cacat total tetap akibat kecelakaan hingga Rp150 juta.
  • Ganti rugi kehlangan atau kerusakan bagasi selama perjalanan.
  • Ganti rugi layanan evakuasi medis darurat.
  • Ganti rugi pertanggungjawaban gugatan pihak ketiga.

Nah, itu dia beberapa poin penting yang harus kamu ketahui tentang asuransi perjalanan. Gimana udah mau menggunakan asuransi perjalanan setiap berpergian? (Editor: Mahardian Prawira Bhisma). 

Dewi Puri
Dewi Puri

Pecinta makeup yang terjun ke dunia financial. Jika biasanya berkutat dengan lipstik dan bedak, kini harus terbiasa dengan logam mulia maupun reksadana. Intinya tetap sama, menghasilkan suatu karya yang cantik.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

Tentang Kami

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Taiwan