PB Djarum Berhenti Cari Bibit Muda, Ini 5 Atlet Badminton Jebolannya yang Sukses Harumkan Indonesia

3 menit
pb djarum
Hall of Fame di GOR PB Djarum Kudus. (Shutterstock)

Media Tanah Air kembali dipenuhi dengan berita mengenai dunia bulu tangkis. Namun kali ini bukan soal atlet kita yang menjuarai sebuah turnamen melainkan keputusan PB Djarum untuk menghentikan audisi bibit pebulutangkis terhitung mulai tahun 2020.

Hal tersebut langsung dikonfirmasi oleh pihak manajemen yang bertanggung jawab menyelenggarakan audisi pencarian bakat. 

“Iya audisi yang dilakukan PB Djarum bakal yang menjadi terakhir kalinya di tahun ini. Kami tidak bisa meneruskan program ini karena memang tidak diberikan ruang. Kalau diberikan ruang, tentu kami akan terus melanjutkannya audisi tersebut,” ucap Yoppy Rosimin yang menjabat Program Director Bakti Olahraga Djarum Foundation pada 8 September 2019, mengutip dari Okezone.

Padahal seperti yang kita ketahui selama ini audisi yang rutin digelar satu tahun sekali tersebut udah melahirkan atlet badminton profesional yang berprestasi di tingkat internasional.

Siapa aja mereka? Yuk kita langsung pantengin aja daftar atlet bulu tangkis Indonesia jebolan audisi PB Djarum berikut ini:

Baca juga: Harley, Ducati hingga BMW, Ini Tunggangan Mahal 4 Jawara Badminton Indonesia

1. Liem Swie King

pb djarum
Liem Swie King. (pbdjarum.org)

Nama legenda atlet badminton Tanah Air didikan PB Djarum ini pasti hampir semua orang ketahui. Saking terkenalnya, pria kelahiran 28 Februari 1956 di kota Kudus, Jawa Tengah ini sempat dijadikan inspirasi sebuah film layar lebar yang diberi judul “King”, julukannya semasa masih berlaga di lapangan badminton. 

Selama kariernya dari tahun 1974 sampai 1988, Liem Swie King telah berhasil menyumbangkan 3 Piala Thomas, 2 medali emas Asian Games dan 9 medali emas ASEAN Games. Pukulannya yang keras membuat dirinya dijuluki sebagai ‘’King Smash’’.

Baca juga: Selain Indonesia Open, 6 Kejuaraan Bulu Tangkis Bergengsi dengan Hadiah Rp 21 M!

2. Yuni Kartika

pb djarum
Yuni Kartika. (pbdjarum.org)

Selanjutnya ada Yuni Kartika yang beberapa tahun belakangan sering tampil di layar kaca televisi Tanah Air sebagai presenter kejuaraan bulu tangkis. Ternyata awal kariernya dulu di dunia bulu tangkis dimulai dari PB Djarum lho!

Wanita yang lahir 16 Juni 1973 di kota Semarang, Jawa Tengah ini berkontribusi atas raihan tim Indonesia di Piala Uber tahun 1994 yang keluar sebagai juara.

Baca juga: Pensiun, Begini Penampakan Rumah Rp 1,5 Miliar Liliyana Natsir

3. Tontowi Ahmad

pb djarum
Tontowi Ahmad. (badmintonindonesia.org)

Ketiga, ada Tontowi Ahmad yang sekarang masih aktif menjadi atlet badminton nasional berpasangan dengan Winny Oktavina.

Pria yang lahir tahun 18 Juli 1987 di kabupaten Banyumas, Jawa Tengah ini berhasil mengharumkan nama Indonesia dengan memenangkan Olimpiade Rio 2016 di sektor ganda campuran bersama Liliyana Natsir dan kejuaraan All England tahun 2013. 

4. Kevin Sanjaya

pb djarum
Kevin Sanjaya. (badmintonindonesia.org)

Kalau nama yang satu ini pasti semua udah tau ya, siapa lagi kalau bukan Kevin Sanjaya yang dijuluki sebagai pasangan “Minion” bersama Marcus Gideon.

Kevin Sanjaya yang lahir pada 2 Agustus 2995 di kota Banyuwangi, Jawa Timur merupakan jebolan dari akademi PB Djarum. Bersama Marcus Gideon di sektor ganda campuran mereka berdua telah menjuarai banyak gelar mulai dari Indonesia Open, All England sampai Asian Games Jakarta 2018 kemarin. 

5. Praveen Jordan

pb djarum
Praveen Jordan. (badmintonindonesia.org)

Terakhir, ada pemain spesialis ganda campuran yakni Praveen Jordan yang baru-baru ini ditinggal oleh pasangan duetnya yaitu Debby Susanto. Kini ia dipasangkan dengan atlet wanita muda yakni Melati Daeva.

Praveen Jordan yang lahir tanggal 26 April 1993 ini di Bontang, Kalimantan Timur telah berhasil mempersembahkan gelar All England tahun 2016 dan Korea Terbuka tahun 2017 lalu. 

Nah itulah 5 nama atlet badminton Indonesia jebolan PB Djarum yang berhasil mengukir prestasi di kancah internasional. Semoga kedepannya prestasi dunia bulu tangkis Indonesia gak terpengaruh dengan adanya keputusan PB Djarum ini ya! (Editor: Ruben Setiawan)

Christantio Utama
Christantio Utama

Milenial yang merintis karier lewat dunia keuangan, karena segalanya butuh uang tapi uang bukanlah segalanya. Penonton setia Digimon dan penggemar olahraga otomotif Formula 1