Menangi Puluhan Kejuaraan, Ini 7 Atlet Wanita Terkaya di Dunia dengan Harta Rp 2,8 T

4 menit
Maria Sharapova, Salah Satu Atlet Wanita Terkaya di Dunia (Shutterstock).

Menjadi seorang atlet wanita yang sukses dan kaya bukanlah perkara yang mudah dilakukan oleh semua orang. Butuh perjuangan, kerja keras dan ketekunan yang harus ditanam sejak kecil supaya hal tersebut berbuah manis.

Selama ini mungkin kamu sering mendengar berita tentang olahragawan pria paling kaya di dunia seperti Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo dengan harta mencapai US$ 400 juta atau setara Rp 5,6 triliunan.

Tapi jangan lupa kalau terdapat banyak olahragawan wanita lain yang gak kalah berprestasi di berbagai kejuaraan internasional lainnya. Hampir semua cabang olahraga yang tampil di Olimpiade hari ini mengikutsertakan wanita sebagai pesertanya.

Hal tersebut menjadi bukti bahwa kesetaraan gender bukan menjadi penghalang bagi siapapun untuk berprestasi dan mendapatkan banyak uang.

Dari sekian banyak atlet wanita yang bertanding di berbagai cabang olahraga terdapat paling 6 sosok yang memiliki harta kekayaan terbanyak di dunia seperti berikut ini:

6. Yuna Kim – Rp 300 miliaran

Atlet Wanita
Yuna Kim

Mengutip dari The Richest, atlet wanita pertama yang masuk dalam daftar adalah Yuna Kim yang berasal dari Korea Selatan.

Yuna adalah seorang pemain ice skating yang pernah tampil di Olimpiade musim dingin tahun 2010 dan 2014 yang lalu. Hebatnya ia berhasil meraih satu medali emas pada 2010 dan medali perak pada tahun 2014 di ajang ice skating paling bergengsi di dunia. Tercatat harta kekayaannya menyentuh angka US$ 21 juta atau setara Rp 300 miliaran.

5. Caroline Wozniacki – Rp 427 miliaran

Atlet Wanita
Caroline Wozniacki

Kelima ada petenis yang berasal dari kota Odense di Denmark. Ia merupakan mantan petenis putri nomor 1 dunia dari tahun 2010 yang lalu.

Pencapaian tersebut gak lepas dari keberhasilan Wozniacki merebut 6 gelar juara WTA Tour pada tahun 2010 sampai 2011. Dan barulah pada tahun 2018 kemarin ia meraih gelar Grand Slam pertamanya di Australia.

Dengan kariernya yang udah bermain di tenis profesional selama lebih dari 10 tahun Wozniacki telah mengumpulkan harta kekayaan mencapai US$ 30 juta atau sebesar Rp 427 miliaran.

4. Annika Sorenstam – Rp 569 miliaran

Atlet Wanita
Annika Sorenstam

Atlet wanita terkaya keempat diisi oleh pegolf yang berasal dari Stockholm, Swedia. Sebagian dari kamu mungkin belum terlalu familiar dengan wajah dan nama dari olahragawan yang satu ini.

Tapi prestasinya jangan ditanya lagi sebab Sorenstam pernah menjuarai turnamen golf bergengsi US Women Open sebanyak 3 kali dan Women PGA Championship sebanyak 3 kali juga. Sayangnya ia udah pensiun dari semenjak tahun 2008 setelah berkarier selama 16 tahun.

Jumlah kekayaan yang berhasil dibawa pulang oleh Annika Sorenstam adalah US$ 40 juta atau setara Rp 569 miliaran.

3. Danica Patrick – Rp 854 miliaran

Atlet Wanita
Danica Patrick

Di urutan ketiga atlet wanita terkaya di dunia datang dari pembalap asal Amerika Serikat bernama Danica Patrick yang tampil di ajang balap NASCAR.

Selain tampil di NASCAR Danica Patrick juga berpartisipasi dalam turnamen Indy Car 500 yang sangat populer di Negeri Paman Sam tersebut. Salah satu pemasukan terbesarnya datang dari iklan yang dibintanginya selama berkarier. Jumlah kekayaannya tercatat menyentuh angka US$ 60 juta atau setara Rp 854 miliaran.

2. Serena Williams – Rp 2,5 triliunan

Atlet Wanita
Serena Williams

Duduk di posisi runner up ada petenis asal Amerika Serikat yang pasti udah kamu kenal yakni Serena Williams.

Lewat 23 gelar juara Grand Slam yang udah dimenangi seperti US Open, Australia Open, French Open dan Wimbledon pantes aja ia menjadi salah satu petenis wanita paling sukses sepanjang sejarah.

Serena Williams berhasil mengumpulkan total kekayaan sampai US$ 180 juta atau setara Rp 2,5 triliunan.

1. Maria Sharapova – Rp 2,8 triliunan

Atlet Wanita
Maria Sharapova (Shutterstock).

Atlet wanita dengan total kekayaan terbanyak diraih oleh petenis cantik asal Rusia yakni Maria Sharapova.

Prestasi yang pernah Sharapova raih selama berkarier antara lain adalah Australia Open sebanyak 1 kali, Wimbledon sebanyak 1 kali, US Open sebanyak 1 kali dan French Open sebanyak 2 kali. Karena parasnya yang cantik banyak brand apparel ternama yang menggunakan jasanya untuk dijadikan bintang iklan.

Tercatat harta kekayaan Maria Sharapova menyentuh angka US$ 200 juta atau sebesar Rp 2,8 triliunan.

Nah itulah 6 atlet wanita terkaya yang kekayaannya ternyata gak kalah banyak dari olahragawan pria. (Editor: Winda Destiana Putri).

Christantio Utama
Christantio Utama

Milenial yang merintis karier lewat dunia keuangan, karena segalanya butuh uang tapi uang bukanlah segalanya. Penonton setia Digimon dan penggemar olahraga otomotif Formula 1