Biar Tua Hidup Nyaman, Begini Cara Cerdas Atur Duit dari Usia 20 Hingga 50 Tahun

3 menit
Atur uang

Atur uang menjadi salah satu cara yang harus kamu lakukan agar bisa hidup nyaman di masa tua. Gak perlu pusing memikirkan besok mau makan apa, gimana bayar cicilan, dan beragam hal yang berhubungan sama uang.

Bisa dibilang, itu adalah salah satu bukti dari kebebasan finansial yang ingin diraih semua orang. Tapi, untuk menggapai hal itu tidaklah mudah, kamu perlu melakukannya sejak dini.

Jadi, kamu harus sudah mulai mempersiapkannya sejak usia 20 hingga 50 tahun. Tujuannya, biar hidupmu kelak nyaman dan berhasil mencapai kebebasan finansial.

Karena itu, kali ini MoneySmart.id ingin memberikan beberapa tips atur uang yang bisa kamu lakukan sejak usia 20 hingga 50 tahun. Gimana caranya? Yuk, langsung simak di bawah ini:

Usia 20

Atur uang
Atur uang

Usia 20 menjadi awal yang tepat untuk belajar mengatur keuangan. Pasalnya, di usia ini kebutuhanmu belum begitu banyak. Jadi, kamu gak perlu khawatir, dan bisa memulainya dengan pelan-pelan.

Ada beberapa hal yang harus kamu selesaikan saat berada di usia 20-an, yaitu melunasi utang kartu kredit.

Pasalnya, kalau kamu sudah memasuki usia 30, kebutuhanmu akan semakin meningkat. Itu bisa berdampak buruk untuk keuanganmu di masa depan.

Sambil melunasi utang kartu kredit, kamu bisa membuat anggaran untuk dana darurat. Kamu bisa melakukannya dengan mulai mengikuti fasilitas tabungan berjangka. Jadi, uang kamu akan di autodebit setiap bulannya.

Nominalnya gak perlu terlalu besar, tapi yang penting konsisten. Jangan sampai memberatkan yang bisa membuatmu sengsara.

Usia 30

Atur uang
Atur uang

Di usia 30 tahun, kondisi keuangan akan semakin kompleks. Selain biaya hidup yang semakin meningkat, banyak orang di usia 30 tahun masih sibuk melunasi utang kartu kredit, mengumpulkan dana darurat, dana pensiun, hingga biaya nikah, atau dana untuk anak jika yang sudah berkeluarga.

Nah, biar kondisi keuangan kamu berjalan baik, maka disarankan agar kamu fokus pada tiga atau empat target aja.

Misalnya, kamu fokus melunasi utang, biaya nikah atau dana darurat. Setelah ketiga prioritas itu sudah terpenuhi, kamu boleh melanjutkan target yang lainnya.

Jadi, kamu gak akan pusing. Pasalnya, uang kamu akan dialihkan ke mana saja. Dengan begitu, akan membantumu lebih mudah mengatur duit.

Usia 40

Atur uang
Atur uang

Saat sudah menginjak usia 40 tahun, kebutuhan yang harus menjadi prioritas kamu adalah dana pensiun. Jadi, kamu harus memahami betul kebutuhan saat pensiun nanti.

Nah, kamu bisa menyeimbangkan dengan tabungan pendidikan anak serta dana darurat. Selain itu, di usia ini juga kamu masih perlu mencari penghasilan tambahan seperti membuka usaha makanan di bazar.

Di usia 40 tahun, kamu juga perlu memantau perkembangan investasi kamu. Pasalnya, investasi yang menguntungkan itu adalah jangka panjang.

Jadi, kalau kamu udah terjun investasi sejak usia 20 tahun. Berarti sudah 20 tahun kamu nyemplung investasi, jika pilihanmu tepat. Maka dijamin deh di masa tua hidup kamu akan nyaman.

Usia 50

Atur uang
Atur uang

Saat sudah menginjak usia 50 tahun, itu adalah rentang usia seluruh dana pensiun terkumpul. Di usia ini, kamu hanya perlu mengevaluasi seluruh tabungan, dan investasimu.

Jika sejak usia 20 tahun kamu secara konsisten sudah melakoninya, dan menerapkan hidup sederhana, sudah dapat dipastikan kamu sudah mencapai kebebasan finansial di usia 50 tahun.

Di usia setengah abad ini, waktunya buat kamu menikmati hasil kerja keras selama beberapa puluhan tahun.

Itu dia cara cerdas atur uang dari usia 20 hingga 50 tahun demi mencapai kebebasan finansial yang akan membuat hidupmu beserta keluarga nyaman. Semangat mencoba, semoga sukses ya! (Editor: Chaerunnisa)

Dewi Puri
Dewi Puri

Pecinta makeup yang terjun ke dunia financial. Jika biasanya berkutat dengan lipstik dan bedak, kini harus terbiasa dengan logam mulia maupun reksadana. Intinya tetap sama, menghasilkan suatu karya yang cantik.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Taiwan