Keliling Eropa dengan River Cruise? Kenapa Enggak! Segini Lho Biayanya

7 menit
Avalon Waterways Sasar Turis Kaya Raya Asal Indonesia
Avalon Waterways Sasar Turis Kaya Raya Asal Indonesia.

Pelesiran keliling benua dengan Ocean Cruises udah hal yang mainstream pastinya. Tapi gimana nih kalau kamu keliling Eropa dengan River Cruises? Wah pasti jadi pengalaman yang gak bakal terlupakan banget dong. Avalon Waterways merupakan perusahaan river cruise yang dimiliki oleh Globus Family. Salah satu brand terkemuka yang menawarkan penjelajahan sungai-sungai di Eropa, Asia Tenggara, Amerika Selatan, dan Kepulauan Galapagos. 

Popularitas wisata kapal pesiar di Indonesia memang terus menanjak. Hal ini ditandai dengan semakin meningkatnya jumlah wisatawan Indonesia yang menaiki cruise. Akan tetapi masih sedikit turis Indonesia yang mengetahui bahwa berwisata dengan kapal pesiar juga bisa dilakukan dengan menelusuri keindahan sungai besar di Eropa. 

Avalon Waterways
Kapal pesiar di sungai (Dok: Avalon)

“Penjualan paket wisata kapal pesiar berkembang pesat beberapa tahun ke belakang ini. Termasuk juga untuk kapal pesiar di sungai. Turis dari kalangan menengah ke atas mulai mengetahui dan mencoba untuk wisata kapal pesiar di sungai,” ungkap Ray Smith selaku General Sales Agencies Business Development Manager Avalon Waterways dalam keterangannya kepada MoneySmart Indonesia di Jakarta. 

Berbeda dengan pelayaran kapal pesiar yang dilakukan di lautan lepas, berlayar ke sungai besar di Eropa menawarkan pengalaman berbeda. Wisatawan tidak sekedar menikmati fasilitas mewah yang ada di kapal. Mereka juga bisa menikmati indahnya panorama kota di Eropa dari atas kapal lho. Dengan melihat minat wisata kapal pesiar cukup banyak, Avalon Waterways, kapal pesiar yang sudah 15 tahun berinovasi di River Cruising menawarkan pengalaman berbeda. 

Avalon Waterways
Avalon Ships (Dok: Avalon)

Pengalaman tersebut yakni menelusuri sungai paling megah di Eropa seperti Rhine, Danube, Moselle, Rhone, Seine, dan Saone. Dibalut dalam kemewahan kapal beserta fasilitasnya yang lengkap, pelayaran sungai menjadi sangat menyenangkan. 

“Avalon mampu menciptakan sensasi dari perpaduan kemewahan, kenyamanan, dan segala macam aktivitas lain. Sehingga akan menciptakan pengalaman liburan yang mengesankan dari atas kapal di sungai,” tambah Ray. 

Keunggulan Avalon Waterways

Avalon Waterways
Lounge di Avalon Ships (Dok: Avalon)

Salah satu inovasi yang dilakukan adalah menghadirkan Kabin Panorama Suites. Konsep dengan Open-Air Balconies merupakan kabin dengan balkon terbuka lebar dengan jendela berukuran 3,4 meter yang hampir seluas dinding dan setinggi kabin terbuka untuk melihat dunia. Kabin ini merupakan yang terluas di kapal pesiar sungai. 

“Seluruh Avalon Suite Ships menghadirkan Panorama Suites yang unik sebanyak dua lantai penuh dengan setiap kabin seluas 19 meter persegi. Bukan itu saja, ukuran kabin suites di setiap armada kapal Avalon adalah 30 persen lebih besar dari standar kabin perusahaan pelayaran kapal pesiar sungai lainnya,” tambah Ray. 

Kabin ini membuat Avalon Waterways menjadi pilihan terbaik yang ditandai dengan Penghargaan dari Cruises Critics selama empat tahun berturut-turut untuk kategori Best Cabins dan Cruisers Choice Award Top 10 River Cruise Ships 2019. 

Memiliki Comfort Collection Beds

Avalon Waterways
Salah satu Royal Suites di Avalon Ships (Dok: Avalon).

Keunggulan lain yang dimiliki kapal ini adalah Comfort Collection Beds yang menghadap keluar untuk melihat pemandangan sekitar sungai yang luar biasa.

Setiap kabin dilengkapi dengan kamar mandi eksklusif luas dan disediakan produk ternama L’Occitane sebagai perlengkapan mandi. Berikut juga TV, mantel handuk, sandal tidur, air minum seperti halnya fasilitas hotel berbintang. 

“Avalon Ships tidak pernah berhenti berinovasi. Setelah meluncurkan Kabin Panorama Suites, perusahaan baru saja meluncurkan Avalon Envision pada April 2019. Belum cukup sampai disana, kami juga akan meluncurkan Avalon View pada tahun 2020 mendatang,” papar Ray. 

Memilih gaya tur yang disukai

Avalon Waterways
Wisatawan bisa memilih menyusuri ke setiap sungai di Eropa (Dok: Avalon)

Avalon juga akan terus berevolusi untuk dapat memberikan pengalaman wisata darat yang mengesankan. Turis juga dapat mengunjungi dan menikmati setiap wisata dengan gaya serta tempo yang disukai. Memilih tur, kegiatan dan acara yang menarik sehingga peserta dapat merasakan perjalanan dengan cara terbaik. 

“Salah satu kelebihan pelayaran sungai adalah turis dibawa berpesiar menelusuri sungai dan menikmati hamparan pemandangan kota-kota unik di Eropa. Kota seringkali tumbuh di sekitar sungai, kapal-kapal pesiar sungai sering berlabuh di beberapa pelabuhan sepanjang jalan.”

Avalon Waterways
Wine

Untuk memaksimalkan pengalaman berwisata para turis, perusahaan menghadirkan Avalon Choice. Dengan ini turis dapat memilih paket tur di kota-kota yang disinggahi atau sekedar menikmati kegiatan dan acara hiburan yang sesuai dengan selera turis. 

“Dengan Avalon Choice turis bisa memilih gaya berlibur dan waktu berwisata di darat sesuai dengan minat dan selera,” tambah Melania Sugeng selaku Operation Manager Avalon Waterways. 

Fasilitas di dalam kapal

Avalon Waterways
Suasana di atas dek kapal pesiar (Dok: Avalon).

Selama berada di dalam kapal, turis akan dijamu dengan berbagai fasilitas dan layanan. Seperti dining room yang menghidangkan makanan lezat dan disiapkan dari bahan segar oleh koki di dalam kapal.

Avalon Waterways
Sarapan dari atas kapal pesiar (Dok: Avalon).

Panorama Bistro and Club Lounge juga menyediakan snack dan minuman untuk menemani turis bersantai. Kapal juga dilengkapi dengan fitnes centre dan salon apabila ada tamu yang menginginkannya. 

Sejarah Avalon Waterways

Avalon Waterways
Avalon Ships (Dok: Avalon).

Avalon didirikan pada tahun 2004 dengan tujuan untuk merevolusi industri pelayaran sungai mewah dan dengan pemikiran ini perusahaan memanfaatkan pengalaman Globus untuk menciptakan pengalaman pelayaran sungai yang menawarkan tingkat layanan dan kemewahan yang belum pernah ada. 

Tujuannya adalah untuk menawarkan perjalanan yang kaya akan pilihan, kaya akan sejarah dan budaya, dilengkapi dengan standar akomodasi hotel bintang lima. Saat ini, perusahaan ini mengoperasikan armada kapal yang menjelajahi perairan Eropa, Asia Tenggara, Amerika Selatan dan Kepulauan Galapagos.

Avalon Artistry jadi kapal pertama

Avalon Waterways
Avalon Ships (Dok: Avalon).

Kapal pertamanya, Avalon Artistry, diluncurkan pada tahun 2004 yang diikuti setahun kemudian dengan Avalon Poetry. Avalon sampai saat ini telah memiliki 14 kapal di Eropa, dan meskipun Avalon Artistry dan Avalon Poetry berhenti beroperasi pada tahun 2010, kapal baru selalu diluncurkan setiap tahunnya, yang berarti bahwa hari ini, Avalon mengoperasikan armada paling modern yang saat ini berlayar di sungai-sungai Eropa.

Sepanjang sejarahnya, Avalon Waterways selalu memiliki komitmen terhadap inovasi dan merupakan satu-satunya perusahaan yang terus mengambil peran aktif dalam desain kapalnya. Salah satu pengembangan penting adalah Silent Drive System, dipasang di masing-masing kapal untuk meminimalkan kebisingan bagi penumpang.

Avalon Panorama dikenalkan tahun 2011

Avalon Waterways
Avalon Ships Panorama (Dok: Avalon).

Di tahun 2011 perusahaan memperkenalkan pelayaran pertama kapal Avalon Panorama sepanjang 443ft. Kapal Suite pertama di industri pelayaran sungai, yang menyiapkan 66 cabin suite berukuran 200 sqft (19sqm)  yang menghadirkan ukuran jendela dari lantai ke langit-langit yang dapat dibuka ke samping yang menawarkan pemandangan panorama akan wilayah yang dilewati. 

Tahun berikutnya hadir kembali dua Kapal Suite – Avalon Vista dan Avalon Visionary yang berukuran lebih kecil. Panorama Suites pada kapal-kapal ini merupakan yang pertama di industri yang menawarkan konsep “Open-Air Balcony” (balkon terbuka), dengan ukuran suite 30 persen lebih besar dari ukuran standar industri. Hingga hari ini, Avalon Waterways telah memiliki 14 ‘kapal suite’ yang beroperasi di Eropa dan 2 yang beroperasi di Asia Tenggara.

Rute Avalon

Avalon Waterways
Rute terbaik menyusuri sungai di Eropa (Dok: Avalon)

Armada Avalon beroperasi di sungai-sungai besar di Eropa seperti sungai Seine, Rhine, Moselle, Saone, Rhone, Main dan Danube. Sungai tersebut melewati negara Belanda, Belgia, Jerman, Perancis, Luxembourg, Swiss, Republik Ceko, Austria, Slovakia, Hungaria, Kroasia, Serbia, Romania dan Bulgaria. Rute yang paling banyak diminati oleh wisatawan adalah pelayaran yang melewati sungai Rhine, Main dan Danube.

Di Asia Avalon beroperasi di sungai Mekong, Irawadi dan Gangga (partner). Di Amerika Selatan beroperasi di sungai Amazon (partner) dan kepulauan Galapagos (partner). Saat ini Avalon Waterways memiliki total 16 armada kapal.

Fasilitas yang didapat di Avalon:

Avalon Waterways
Suasana di dek atas kapal pesiar (Dok: Avalon).
FASILITAS AVALON WATERWAYS
Kabin dengan Jendela Panorama Whirlpool
Sky Deck dengan kursi santai premium dan shade awning Observation Lounge
Fitness Center Premium Lounge Chairs
Interior dan ruang kabin bebas rokok Adventure Center yang menyediakan perlengkapan bagi yang suka kegiatan aktif termasuk sepeda, peta, dan lainnya.
Elevator Beragam pilihan makanan dan cara makan.
Desain elegan dan kontemporer Complimentary WiFi diseluruh bagian kapal
Dek luar untuk melihat pemandangan Complimentary computer di area publik di dalam kapal
Headset untuk kunjungan ke daratan Complimentary air mineral setiap hari
Cruise Director beserta Kru yang ramah dan berbahasa Inggris Lebih dari 100 English speaking TV Channels
City tour dengan Local Guide yang telah tersertifikasi Club Lounge yang buka 24 jam dan menyediakan cappuchinos, latte, hot chocolate, dan beragam teh. Kue-kue kering juga tersedia setiap saat.
Aktivitas & hiburan malam Kabin dengan kamar mandi private dimanjakan dengan produk L’Occitane
Sky Lounge Makan full board (breakfast, lunch & dinner)
Navigation Bridge Complementary wine ketika sarapan; wine, beer atau softdrink ketika makan siang dan makan malam setiap hari.
Sky Bistro AvalonGO App untuk memudahkan peserta mengetahui segala informasi yang berkaitan dengan cruise, baik sebelum cruise dimulai maupun ketika cruise sedang berjalan.

 

Kapasitas penumpang

Kapasitas Penumpang
Rute Eropa Kapal terkecil memuat 128 penumpang, 37 kru; kapal terbesar memuat 166 penumpang, 47 kru
Rute Asia Tenggara 36 penumpang, 24 kru
Rute India 56 penumpang, 35 kru
Rute Galapagos 16 penumpang, 10 kru
Rute Amazon 44 penumpang, 24 kru

 

Type cabin dan kelebihannya:

Tipe Kabin dan Kelebihannya
Rute Eropa Deluxe stateroom: 172sqft (16sqm), terletak di indigo deck, deck paling bawah
Panorama Suite: 200sqft (19sqm), terletak di sapphire deck dan royal deck; memiliki jendela dan bukaan jendela terluas di industry kapal pesiar sungai; dengan “open-air balcony”
Royal Suite: 300sqft, memiliki ruang tamu; berada di royal deck (deck paling atas)
Rute Asia Tenggara Panorama suite: 245sqft, terletak di tonle dan Mekong deck; jendela luas
Rute India Deluxe Suite: 260sqft, terletak di main dan upper deck
Heritage Suite: 280sqft, terletak di upper deck
Viceroy Suite: 360sqft, terletak di upper deck
Maharaja Suite: 400sqft, terletak di upper deck
Rute Galapagos Master Suite: 40sqm, 2 private balcony
Matrimonial Suite: 18sqm, private balcony
Twin Suite: 18sqm, private balcony
Rute Amazon Suite: 237sqft, terletak di main deck
Upper Suite: 237sqft, terletak di upper deck
Corner Suite: 253sqft, terletak di main deck
Owner’s Suite: 597sqft, terletak di upper deck

 

Harga perjalanan wisata dengan River Cruise

Avalon Waterways
Wine

Untuk harga sendiri dimulai dari USD 400 atau Rp 5.600.000 untuk satu orang per malam. Jika wisatawan ingin mencoba rute pendek bisa di 3 malam seharga USD 1.200 atau setara dengan Rp 16 jutaan. 

Kemudian jika ingin paket paling lama yakni 14 hari perjalanan, kamu cukup mengeluarkan kocek sebesar USD 5.600 atau setara dengan Rp 78 jutaan. 

Sementara jika kamu ingin berada di kabin yang premium biaya per malam untuk satu orangnya dibanderol harga USD 800 atau setara dengan Rp 11.200.000. 

Jadi gimana nih guys, kira-kira tertarik berwisata dengan kapal pesiar menyusuri sungai di Eropa? Jangan lupa pilihan terbaik ya Avalon Waterways ya! (Editor: Winda Destiana Putri). 

 

Winda Destiana
Winda Destiana

No place is ever bad as they tell you its going to be