Mau Menikmati Dividen Saham Tanpa Was-was? Begini Caranya

3 menit
Dividen saham merupakan suatu bonus yang bisa kita nikmati sebagai seorang investor
Dividen saham merupakan suatu bonus yang bisa kita nikmati sebagai seorang investor (Pexels).

Sudah pernah merasakan manisnya cuan dari dividen saham? Kalau sudah merasakan pasti bisa makin ketagihan.

Sejatinya, dividen bisa diartikan sebagai pembagian laba kepada pemegang saham yang dilakukan oleh perusahaan yang bersangkutan. Sederhananya, bila perusahaan itu “untung” maka pemegang sahamnya bisa kecipratan.

Tapi, besar kecilnya itu ditentukan dari kebijakan perusahaan dan jumlah saham yang dimiliki pemegang saham.

Intinya, sebagai pemegang saham kita bisa kecipratan rezeki deh kalau perusahaannya untung.

Tapi jangan salah lho, dividen saham bisa jadi jebakan Batman kalau kita gak tahu cara belinya. Salah waktu beli justru bisa membuat kita rugi dalam jangka waktu yang lama.

Buat kamu yang gak mau rugi karena dividen saham, mungkin ada baiknya untuk mengikuti tips di bawah sini.

Baca juga: 20 Menu Buka Puasa dan Sahur yang Menggoyang Lidah di Bulan Ramadan

1. Bidik saham-saham di Indeks IDX High Dividend 20

Dividen saham
Dolar AS (Pixabay).

Besarnya dividen saham yang dibagikan ke investor itu tergantung dari kebijakan perusahaan yang bersangkutan. Yang Rp 1 per lembar ada, yang Rp 2 ribuan per lembar juga ada.

Daripada bingung, lebih baik fokuskan saja untuk memburu saham-saham di Indeks IDX High Dividend 20.

Saham-saham di indeks ini adalah saham yang terkenal rajin bagi dividen. Fundamentalnya juga bagus, tapi belum tentu di tahun ini punya performa bagus lho ya. Kalau mau aman, pilih saja saham bank plat merah.

2. Beli sebelum Cum Date

Dividen saham
Beli saham sebelum cum date (Pixabay).

Beberapa istilah umum dalam serba-serbi dividen saham adalah Cum Date, Ex Date, dan Payment Date. Cum Date bisa diartikan sebagai hari terakhir untuk mendapatkan dividen.

Jadi, misalkan saham perusahaan A akan membagikan dividen, dan cum datenya tanggal 3 Juni. Itu artinya, “kalau mau dapat dividen ya paling lambat kamu harus membeli sahamnya di tanggal 3 Juni.” Sebelum tanggal 3 Juni tentu lebih baik.

Dan ada baiknya pula untuk menjualnya di saat Ex Date. Mengapa demikian? Cek di poin selanjutnya ya.

Baca juga: Selain Bikin Kaya, Ini 3 Manfaat Investasi Saham buat Masa Depan Kamu

3. Saat Ex Date harga saham yang membagikan dividen biasanya anjlok

Dividen saham
Saham (Pixabay).

Gak usah khawatir jika ingin menjual saham di hari Cum Date, kamu masih tercatat sebagai pemegang saham di hari tersebut. Dan kamu berhak atas dividen yang mereka bagikan.

Ex Date diartikan sebagai hari berakhirnya pembagian dividen. Mereka yang beli saham saat Ex Date tentu gak bakal dapat cuan dari dividen.

Nah satu fenomena yang harus kamu ketahui adalah, jelang Cum Date, harga saham yang mau menebar dividen pasti naik karena banyak investor yang membeli saham itu. Sementara itu saat Ex Date, mereka melakukan aksi jual bersama-sama dan akhirnya, harga saham yang bersangkutan bisa anjlok.

Mari kita ambil contoh fenomena pembagian dividen PT Indotambang Raya Megah (ITMG) yang Cum Datenya jatuh di tanggal 2 April 2019. Harga saham ITMG terus rally sejak 1 Maret dari Rp 21.300 hingga mencapai Rp 23.875 di 2 April.

Tapi apa yang terjadi setelah tanggal 2, lebih tepatnya saat memasuki Ex Date? Saham itu anjlok hingga menyentuh Rp 19 ribu pada 8 April. Dan hingga 20 Mei 2019, harganya sudah menyentuh Rp 16 ribu.

So, hati-hati ya.

4. Jika di Ex Date harganya anjlok apakah sahamnya bisa diborong lagi?

Dividen saham
Trading saham (Pixabay).

Setelah kamu menjualnya di hari Cum Date, maka PR selanjutnya ya sabar menunggu hari Payment Date. Keuntungan dividen saham itu akan langsung di transfer otomatis ke rekening dana nasabahmu, tapi ada potongan pajaknya ya.

Lantas, sambil kita menunggu Payment Date apakah kita boleh memborong saham itu lagi? Tunggu dulu.

Coba lihat contoh kasus ITMG di atas, walaupun harga saham perusahaan tambah itu jadi murah. Tapi dalam waktu sebulan nyatanya terus terperosok.

Baca juga: Buat Pemula Begini Step by Step Investasi Saham Online Biar Raup Banyak Untung!

Intinya, lebih baik saat Ex Date kamu gak perlu membelinya lagi dan menunggu dulu. Karena ada kekhawatiran harga saham itu masih bakal anjlok dalam beberapa hari ke depan. Kalau mau beli pelan-pelan ya silahkan.

Itulah empat hal yang harus diperhatikan jika kamu ingin menikmati dividen saham. Semoga bermanfaat, selamat mencoba! (Editor: Winda Destiana Putri).

 

Aulia Akbar
Aulia Akbar

Sebagai mantan jurnalis dan praktisi humas, saya memutuskan untuk menekuni beladiri paling ekstrim di dunia. Di kesempatan yang sama, izinkanlah saya untuk berbagi tips keuangan dan cerita inspiratif buat Anda.