Bingung Bedakan KPR Syariah vs Bank Syariah? Yuk Simak 6 Perbedaan Ini!

3 menit
kpr syariah
KPR Syariah vs KPR Bank Syariah

Buat yang pengin beli rumah tanpa embel-embel riba, maka pilihannya ada dua: kredit pemilikan rumah atau KPR syariah atau KPR bank syariah.

Apa bedanya? Bukannya sama-sama syariah?

Perbedaan itu ada pada banyak hal, dari mulai transaksi sampai jaminan rumahnya.

Beberapa orang memandang metode pembelian rumah KPR syariah lebih menguntungkan ketimbang lewat bank syariah, atau bahkan bank konvensional.

Tertarik mengetahui lebih lanjut perbedaan dua metode KPR yang sama-sama syariah ini? Berikut, ulasan lengkapnya.

Transaksi KPR syariah beda dengan bank syariah

PROMO TINGGAL HARI INI SAJA Harga Cash 255jt SAKINAH GREEN CITY Pasir putih Depok Credit, DP bisa dicicil sampai 8x dan cicilan 2jtan bisa diangsur sampai 10 tahun. Luas Bangunan 36m2 Luas Tanah 60m2 Lokasi: ✔️ 100meter ke Wisata Waterpark Pasir Putih ✔️ 10 menit ke stasiun Citayam & Depok Baru ✔️ 3 menit ke Pintu Tol Desari ✔️ 5 menit ke D'Kandang Farm Ayo buruan sebelum kehabisan. STOK TERBATAS!!! Hubungi WA/Call: Mas joko/ 0811-9869-638 #rumah #rumahjabodetabek #rumahbebasriba #rumahidaman #rumahsyariah #rumahsawangan #rumahdepok #rumahmurah #propertisyariah #property #properti #propertysyariah #tanpabichecking #tanpasita #tanpabunga #tanpariba #syariah #rumahbekasi #rumahdepokmurah #rumahtangerang #rumahbekasimurah #rumahtangerangmurah #rumahjakarta #rumahjakartamurah #rumahminimalis #developer #developersyariah #rumahsyariahdepok #runahsyariahbekasi #rumahsyariahbogor

A post shared by Rumah Syariah Murah Indonesia (@propertisyariah_murah) on

Bila kamu mengajukan KPR ke bank, terlepas itu bank syariah atau bank konvensional, maka bakal ada tiga pihak yang bakal dilibatkan dalam proses transaksi.

Pertama adalah pembeli, dalam hal ini kamu sendiri, kedua bank tempat kamu mengajukan KPR, dan yang terakhir siapa lagi kalau bukan pengembang atau yang punya proyek rumah.

Jika di bank syariah, maka perjanjian transaksinya adalah bank membeli rumah itu ke developer dan menjualnya lagi ke kamu dengan harga yang lebih tinggi.

Sebagai pembeli, kamu diizinkan mencicil.

Lain halnya dengan KPR syariah. Pihak yang terlibat dalam KPR syariah cuma pembeli dan pengembang rumah aja. Jadi, si pengembanglah yang menyetujui proses kredit pembeli.

KPR Syariah tanpa BI Checking

SPECIAL BIG PROMO ++ FALISHA RESIDENCE Perumahan Syariah Khusus Muslim Termurah 2018 Kota Bogor Berlokasi di Pinggir Jalan Raya Arco Sawangan, Tajur Halang dengan konsep Modern Sudah Termasuk : BPHTB, IMB, SHM, BBN & Biaya surat-surat *(ALL IN) Plus Gratis Kichen Set (u/Cash Keras)* Jadiiiii…. * AYO Buruan Amankan Unitnya !!!* 💪💪💪✊️✊️✊️ Type : LT/LB : 60/36 Kamar Tidur 2 Kamar Mandi 1 Listrik 1300 watt Carport Taman SELLING POINT : -Dekat Masjid/Mushollah -Pom Bensin -Taman Herbal -Dikelilingi fasilitas Pendidikan -25 Meter Pom Bensin Arco -3 Menit Sekolahan SD/SMP/SMA -2 Menit Sekolahan Al-Wafi Islamic Boarding School -4 Menit SDN Raga Mukti -10 Menit Jl. Raya Sawangan – Depok -15 Menit Mall Ramayana Parung -15 Menit Jl. Raya Bogor – Parung – Ciputat -17 Menit RSUD Depok -19 Menit Rencana Tol Desari -30 Menit Stasiun Citayam -20 Menit Pasar Parung -Indomaret/Alfamart LOKASI STRATEGIS -Pinggir Jalan Raya dilalui Angkot -Harga Termurah -Konsep Modern Minimalis -Bebas Bunga -Tanpa BI Checking -Sertifikat Hak Milik (SHM) -Ijin Mendirikan Bangunan (IMB) -Cluster -Bebas Banjir -Lingkungan sejuk, asri -Menggunakan Akad Istishna SPESIFIKASI TEKNIS BANGUNAN STRUKTUR : -Pondasi dan beton bertulang kolom & balok beton bertulang DINDING : -Pasangan hebel, plester aci & cat LANTAI : -Ruang utama Keramik 60x60cm -Teras Keramik 20x20cm -Ruang Kamar Mandi 20x20cm – PLAFOND : -Rangka Hollow -Penutup Gypsum BOard ATAP : -Rangka baja ringan -Genteng Flat Beton Listrik : -1300 watt Jaringan air bersih : -Sumur bor Sanitari : -Closet Jongkok Booking Fee Rp. 3.000.000,- "mengurangi harga rumah" Cara Pembayaran : – Cash – KPR Syariah NB: Segera kunjungi LOKASI dan BOOKING Unitnya selagi harga MURAH agar tidak keduluan yang lain. Info, Survey & Booking Unit. Hub : Marketing : AGUNG EP HP /WA : 0856-1533-302 #rumahsyariah #rumahsyariahmurah #rumahbogor #rumahsyariahbogor #rumahsyariahimpian #perumahansyariah #perumahansyariahmurah #perumahanbogor #perumahansyariahbogor #perumahanislami #perumahanmuslim #hunianislami #hunianbogor #huniansyariah #jualrumahmurah #jualrumahbogor #jualrumahsyariah

A post shared by rumah syariah bogor (@rumah.syariah.bogor) on

Dengan transaksi seperti disebutkan di atas, maka KPR syariah gak melewati BI Checking. Soalnya KPR ini benar-benar gak lewat bank alias lewat developer aja.

Karena proses ini dilewatkan, maka konsekuensi yang terjadi adalah siapa aja bisa mengajukan KPR ini, termasuk mereka yang punya riwayat kredit buruk sekalipun.

Jelas aja, KPR ini menggunakan modal kepercayaan.Ketika si calon pembeli sanggup meyakinkan si pengembang, maka transaksi pun berjalan.

KPR Syariah gak mengenal bunga dan jaminan

Apa sih Keuntungan investasi kavling Produktif Lantaburro ? 1. Harga Tanah Tidak pernah turun 2. Insha Alloh akan menjadi agrowisata perkebunan Durian monthong orange atau jenis bawor Banyumas Terbesar dan Terluas Di Cariu Jonggol 3. Ditanam jenis lain seperti Musanking Dll 4. Ditanam buah lain untuk daya tarik pengunjung 5.InshaAlloh akan ada sarana rekreasi 6. Masjid dan Rumah Taqfidz 7. INVESTASI YANG MENJAJIKAN DURIAN MONTHONG BAWOR SETELAH 5 TAHUN SUDH MULAI BERBUAH DENGAN HASIL PER POHON MENCAPAI 10 SD 50 BUTIR PER POHON DENGAN HARGA PER KG 50 RB SD 100 RB Dengan berat Durian monthong bawor antara 2 kg SD 12 kg per buah Musangking : Per buah mencapai 100rb SD 300 RB per buah Dengan berat 1kg SD 5 kg per buah Silahkan hitung Sendiri ya Jika hasil 1 pohon per panen mencapai 50 buah Bayangkan jika punya 10 pohon Wow pasti ini menjadi satu investasi yg MENJANJIKAN bukan ? Dan ingat !! Beli tanah tidak pernah turun Harga Apalagi setelah jadi sarana rekreasi Subhanallah luar biasa bukan ? Yuk segera investasikan uang nganggur anda !! Daripada ditabung di bank Bebaskan diri dari Riba Insha Alloh berkah Dunia akhirat Satu lagi Lantaburro Legalitas sangat aman Buruan hub marketing kesayangan Anda Wa :085641457429 (Kodari) #rumahidaman #rumah_syariah #rumah_tanpa_riba #rumah_tanpahutang #syariahbisnis #propertiindonesia #rumahsyariah #rumahsyariahbogor #kavlingsyariah #kavlingmurah #kavlingbogor #kavlingsyariahmurah #kebunbuah #kebunbuahdurian #kavlinglantaburro #rumah #rumahminimalis #tanahmurahbogor #rumahmurah

A post shared by Rumah_Syariah_Murah (@property.syariah_idaman) on

Sekali lagi, karena ini merupakan KPR yang dilakukan di luar aturan-aturan perbankan, maka pihak-pihak pengembang yang menyediakan fasilitas ini gak bakal memberlakukan bunga.

Sekilas emang gak ada bedanya dengan bank syariah, tapi mereka menggunakan skema margin keuntungan seperti dengan bank syariah? Gak juga ternyata.

Ketika kamu membeli rumah lewat KPR bank syariah, bank tersebut pasti bakal menaikkan harga dan bikin skema cicilan bukan? Nah, di situlah bank syariah mengambil keuntungan sebagai perantara antara pengembang dan pembeli.

Lain halnya dengan KPR syariah. Di KPR yang satu ini, pengembanglah yang menetapkan harga langsung alias tanpa perantara kepada calon pembeli.

Itu sebabnya, kadang KPR ini menguntungkan. Soalnya harga yang mereka tawarkan bisa lebih murah karena gak ada pihak ketiga yang jadi perantara.

Misalkan mereka bilang harganya Rp 500 jutaan, ya emang segitu harganya. Cicilan langsung kamu bayar ke developer, bahkan ada yang siap memberikan fasilitas cicil DP.

Dengan mekanisme seperti ini, sejatinya developer atau pengembang harus menanggung risiko yang cukup besar jika ada gagal bayar.

KPR syariah cuma menggunakan satu akad

Akad yang diberlakukan di KPR bank syariah emang cukup banyak, ada yang jual-beli, sewa-beli, dan sewa. Namun di KPR syariah, cuma ada satu akad aja yaitu jual beli.

So, ketika DP udah masuk ke rekening developer, maka rumah itu udah jadi milik si debitur. Setelah itu, debitur tinggal membayar cicilan rumah hingga lunas. Sederhana bukan?

Gak ada denda

Assalamualaikum, Sobat Hasanah Millenial. . Sudah siap untuk memiliki rumah impian sedari muda? Gak cuman punya rumah, tapi sobat juga bisa membangun taman surga keluarga dimulai dari rumah sobat 🙂 . BNI Syariah akan mengadakan Hasanah Griya Expo, Pameran Properti Perbankan Syariah pertama yang bekerjasama dengan developer-developer terpercaya dan hasanah pastinya. . Untuk sobat yang memiliki penghasilan tetap dan berkas persyaratan pengajuan pembiayaan rumah lengkap, persetujuan aplikasi pembiayaan rumah sobat sdh bisa di dapat dalam 2 hari lho. 🙂 . Seru kan??? . Yuk kunjungi Hasanah Griya Expo . Jangan lupa catat waktu pelaksanaannya 🙂 . 9-13 Mei 2018. . Atrium Mall Grand City Surabaya. . Pukul 10.00-21.00 WIB. . Pertama Kalinya di Surabaya..!! . Pameran properti berbasis syariah. Di ikuti lebih dari 30 Developer berlokasi di Surabaya, Sidoarjo, Gresik, Malang, Mojokerto, Kediri, Jember, dan daerah-daerah lain di Jatim. . Manfaatkan program 2 HARI PUNYA RUMAH dari BNI Syariah dengan berbagai kemudahan dan raih kesempatan mendapatkan grandprize 1 unit Yamaha NMAX dan doorprize harian menarik lainnya. . PROGRAM 2 HARI PUNYA RUMAH Proses cepat. Uang muka mulai 5 %. Spesial margin. Tidak ada biaya administrasi, provisi, dan appraisal. Hadiah langsung voucher belanja di Informa. Nasabah tidak dikenakan biaya asuransi kerugian atau kebakaran. Rangkaian acara : Talkshow. Stand up comedy. Beauty class. Lomba nasyid. Lomba fashion hijab. Hiburan. Pre-approval KPR BNI Griya iB Hasanah. Gratis masuk !!! . More info : Aldo 083857440955 Hendry 082142505578 Tari 081357980093

A post shared by PT Bank BNI Syariah (@bni.syariah) on

Hal lain yang menguntungkan para debitur KPR syariah adalah ketiadaan denda keterlambatan. Sebagian masyarakat emang memandang denda sebagai hal yang erat dengan riba.

Sekilas, mekanisme ini emang berisiko banget. Buat menjamin cicilan bisa lunas, kadang developer bakal memberikan bonus kepada debitur yang melakukan pembayaran tepat waktu.

Mereka juga bakal memberikan semacam dalil-dalil mengenai bahaya terlambat membayar cicilan. Atau mereka juga biasa bisa bikin kontrak soal konsekuensi-konsekuensi lain yang dihadapi debitur jika telat bayar.

Gak berlaku sita rumah dalam KPR syariah

Assalamualaikum, Sobat Hasanah Millenial. . Sudah siap untuk memiliki rumah impian sedari muda? Gak cuman punya rumah, tapi sobat juga bisa membangun taman surga keluarga dimulai dari rumah sobat 🙂 . BNI Syariah akan mengadakan Hasanah Griya Expo, Pameran Properti Perbankan Syariah pertama yang bekerjasama dengan developer-developer terpercaya dan hasanah pastinya. . Untuk sobat yang memiliki penghasilan tetap dan berkas persyaratan pengajuan pembiayaan rumah lengkap, persetujuan aplikasi pembiayaan rumah sobat sdh bisa di dapat dalam 2 hari lho. 🙂 . Seru kan??? . Yuk kunjungi Hasanah Griya Expo . Jangan lupa catat waktu pelaksanaannya 🙂 . 9-13 Mei 2018. . Atrium Mall Grand City Surabaya. . Pukul 10.00-21.00 WIB. . Pertama Kalinya di Surabaya..!! . Pameran properti berbasis syariah. Di ikuti lebih dari 30 Developer berlokasi di Surabaya, Sidoarjo, Gresik, Malang, Mojokerto, Kediri, Jember, dan daerah-daerah lain di Jatim. . Manfaatkan program 2 HARI PUNYA RUMAH dari BNI Syariah dengan berbagai kemudahan dan raih kesempatan mendapatkan grandprize 1 unit Yamaha NMAX dan doorprize harian menarik lainnya. . PROGRAM 2 HARI PUNYA RUMAH Proses cepat. Uang muka mulai 5 %. Spesial margin. Tidak ada biaya administrasi, provisi, dan appraisal. Hadiah langsung voucher belanja di Informa. Nasabah tidak dikenakan biaya asuransi kerugian atau kebakaran. Rangkaian acara : Talkshow. Stand up comedy. Beauty class. Lomba nasyid. Lomba fashion hijab. Hiburan. Pre-approval KPR BNI Griya iB Hasanah. Gratis masuk !!! . More info : Aldo 083857440955 Hendry 082142505578 Tari 081357980093

A post shared by PT Bank BNI Syariah (@bni.syariah) on

Selain gak ada denda, KPR syariah juga gak mengenal apa yang namanya sita-menyita rumah.

Ketika ada masalah keuangan yang menimpa para debitur atau pembeli, maka bakal dilangsungkan mediasi antara keduanya. Dari mediasi tersebut, biasanya para pembeli bakal ditawarkan opsi antara lain take over yang dilakukan keluarga atau si pembeli juga bisa menawarkan aset pribadinya buat menutupi cicilannya.

Namun jika diskusi ini mengalami kebuntuan, maka pembeli pun bisa menjual rumah tersebut dengan harga yang sama ketika dia beli, buat melunasi utangnya ke pengembang. Jika ada sisa keuntungan dari penjualan rumah, maka uang itu akan menjadi hak pembeli.

Itulah enam hal yang harus kamu ketahui tentang KPR syariah dan perbedaannya dengan KPR bank syariah.

Intinya, KPR ini emang bisa jadi menguntungkan jika kamu cerdas, dan jeli. Bisa jadi kamu malah dapat rumah murah di lokasi yang strategis banget.

Tapi apapun KPR-nya jika cicilannya melebihi 30 persen dari total penghasilan, itu artinya merugikan. Kamu bakal “tersandera” sama utang dan gak bisa melakukan apa-apa.

Tertarik mengajukan KPR yang satu ini? Gak sulit kok mencari perumahan KPR syariah, tinggal cek di Instagram dengan hashtag rumah syariah.

Selamat mencoba!

Aulia Akbar
Aulia Akbar

Sebagai mantan jurnalis dan praktisi humas, saya memutuskan untuk menekuni beladiri paling ekstrim di dunia. Di kesempatan yang sama, izinkanlah saya untuk berbagi tips keuangan dan cerita inspiratif buat Anda.

Mau lebih cerdas kelola uang?

Dapatkan tips saham, karier, inspirasi bisnis dan konten menarik lainnya!