Kenali 7 Tanda-tandanya Dompet Kamu Terlilit Banyak Utang

4 menit
Kenali 10 Tanda-tandanya Kamu Banyak Utang yang Melilit Dompet, (Ilustrasi/Shutterstock).

Utang pernah mengalami yang namanya terlilit dengan hal begini dalam kehidupan kamu? Nah, kamu mesti kenali nih tanda-tandanya kalau kamu mengalami banyak utang. Kalau udah begini kadang suka muncul hal-hal yang kadang bikin kamu gak santai jalani kehidupan.

Menjalani kehidupan sosial emang enaknya gak ada masalah atau lempeng-lempeng aja. Tapi jangan salah ada lho orang yang menjalani kehidupannya sehari-hari justru gak tenang karena terlilit dengan tagihan.

Hal ini disebabkan karena banyaknya tagihan alias utang yang melilit dompetnya. Kalau udah begini, dompet terlilit dengan utang biasanya rasa gak nyaman kerap muncul nih.

Apa aja sih biasanya kalau hal yang satu ini udah menguasai dompet kamu bahkan pikiran mu? Pengin tahu tanda-tandanya kalau kamu banyak utang? Seperti dikutip dari Streetdirectory.com, Jumat, (22/2/2019), utang ini biasanya bakal menganggu banget dan punya efek gak baik buat kehidupan seperti pernikahan kamu yang berantakan, pekerjaan yang tertunda lantaran dihubungi oleh penagih bahkan menjalani kehidupan sehari-hari aja agak sulit nih.

Gak heran nih kalau banyak orang menyebutnya kalau utang itu akar permasalahan dalam kehidupan seseorang, ya kan? Nah, kalau kamu udah berpikiran kalau utang itu mendekati bahaya bagi kehidupan, udah seharusnya nih buat mencari solusi dan kontrol pengeluaran mu.

Kenali nih tanda-tandanya kamu banyak utang dalam kehidupan mu, pengin tahu apa aja? Yuk, kita simak bareng-bareng di bawah ini.

Baca juga: Pakai Cara-Cara Ini Kalau Gak Mau Hidup Selalu Dibayang-bayangi Utang

1. Kamu gak tahu berapa banyak saldo di rekening tabungan

Kamu gak tahu berapa banyak saldo di rekening tabungan, (Ilustrasi/Shutterstock).

Biasanya nih kalau orang memiliki banyak utang udah gak tahu lho berapa banyak saldo di dalam rekening pribadinya. Kesempatan buat kamu gak mengetahui seberapa banyak uang uang yang dikeluarkan buat membayar utang kartu kredit atau lainnya.

Bahkan kamu sendiri gak peka nih berapa banyak uang yang udah dikeluarkan buat membayar utang.

Baca juga: Awas Terjerumus Utang dan Melarat! Ini 5 Tanda Gaya Hidup Gak Sesuai Kantong

2. Pinjam uang ke mana-mana dalam jumlah kecil tapi lupa membayar

Pinjam uang ke mana-mana dalam jumlah kecil tapi lupa membayar, (Ilustrasi/Shutterstock).

Nah, siapa nih yang sering mengalami hal seperti ini? Pinjang uang ke sana-sini meskipun jumlahnya gak banyak-banyak amat. Tapi udahannya kamu lupa buat mengembalikan atau membayarnya.

Nah, ini artinya kalau udah begini yang ada pinjaman mu banyak dan menumpuk serta gak selesai-selesai nih tagihannya.

Baca juga: Pernah Sukses, 5 Seleb Ini Terjerat Utang dan Bangkrut Hingga Meninggal

3. Lupa menyisihkan uang buat dana pensiun atau pajak

Lupa menyisihkan uang buat dana pensiun atau pajak, (Ilustrasi/Shutterstock).

Biasanya kalau kamu banyak utang yang ada lupa nih buat menyisihkan sebagian uang mu buat bayar pajak dan dana pensiun. Udah semestinya kamu menyisihkan uang buat keperluan ini yakni membayar pajak dan dana pensiun.

4. Banyak utang bikin kamu gak bisa belanja dan menawar

Banyak utang bikin kamu gak bisa belanja dan menawar, (Ilustrasi/Shutterstock).

Pengin membeli sesuatu dalam bentuk barang akhirnya jadi sia-sia nih. Melewati kesempatan buat belanja dan tawar-menawar karena gak banyak uang di dompet mu itu artinya utang udah melilit kamu.

5. Kesulitan memenuhi kebutuhan pribadi

Kesulitan memenuhi kebutuhan pribadi, (Ilustrasi/Shutterstock).

Nah, siapa nih yang pernah mengalami hal ini? Biasanya kalau kamu udah banyak utang sulit banget nih buat memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Ini namanya kamu gak pandai dalam mengatur keuangan karena saking banyaknya pengeluaran yang gak terduga dan berujung dengan utang.

6. Lebih senang beli barang secara kredit

Lebih senang beli barang secara kredit, (Ilustrasi/Shutterstock).

Membeli barang dengan secara kredit dibandingkan menggunakan uang tunai pasti bakal sering banget terjadi. Kalau udah begini yang namanya berutang dan tanggungan semakin banyak.

Gak heran kalau hal ini bikin kamu semakin terlilit dengan yang namanya berutang. Membeli barang dengan cara kredit udah menjadi kebiasaan dan utang piutang mu semakin banyak.

7. Menyalahkan keadaan keuangan sendiri

Menyalahkan keadaan keuangan sendiri, (Ilustrasi/Shutterstock).

Kamu mesti pintar-pintar nih dalam mengatur keuangan mu agar gak banyak tagihan alias utang yang menumpuk. Jangan salahkan penghasilan yang kamu dapatkan lantaran selalu merasa kurang.

Nah, itu dia ketujuh poin tanda-tandanya kamu banyak tanggungan yang semestinya gak perlu ada dalam kehidupan kamu. Kalau udah begini yang namanya utang menguasai kehidupan mu baik pribadi maupun sosial lho.

Kebanyakan tagihan yang datang setiap akhir bulan tentunya bakal bikin kamu selalu merasa kurang dengan pendapatan atau gaji mu. Jadi mulai dari sekarang pintar-pintar dan memiliki batasan dalam pengeluaran uang mu. (Editor: Mahardian Prawira Bhisma). 

Mahardian Prawira
Mahardian Prawira

Penyuka cokelat dan kopi ini perlahan mulai menyukai dan mempelajari dunia finansial, keuangan dan bisnis di era digital saat ini.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

Tentang Kami

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Philippines Taiwan