Ini Alasan Bandara Internasional Hamad Lebih Baik dari Soekarno Hatta

3 menit
Bandara internasional
Ini Alasan Bandara Internasional Hamad Lebih Baik dari Soekarno Hatta, (Instagram/@hiaqatar).

Tahukah kamu kalau bandara internasional terbaik di dunia gak lagi jadi milik Bandara Changi di Singapura? Rupanya gelar tersebut kini disandang oleh Bandara Internasional Hamad, kira-kira kenapa ya alasannya?

Mungkin banyak yang belum tahu kalau Bandara Hamad merupakan bandara internasional milik Qatar yang dibangun di Kota Doha. Bandara yang dibangun di ibu kota Qatar ini diresmikan pada tahun 2014. Itu berarti usianya baru lima tahun.

Kenapa Bandara Hamad jadi bandara terbaik? Berawal dari pilihan para traveler yang kemudian didata layanan penerbangan Airhelp, Bandara Hamad tercatat berada di peringkat pertama sebagai bandara terbaik dalam data Global Airport Ranking 2019.

Bandara Internasional Hamad mendapat skor rata-rata 8,39. Skor dihitung berdasarkan skor On-Time Performance sebesar 8,3, skor service quality sebesar 8,5, dan skor food and shops sebesar 8,5.

Selain itu, ada beberapa alasan lain kenapa bandara dengan nilai proyek US$ 15 miliar atau setara dengan Rp 216 triliun diberi predikat bandara terbaik. Bahkan, lebih baik dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Berikut ini alasan-alasannya seperti yang dikutip dari New York Post.

Baca juga: Kayak Hotel Bintang Lima, Ini 10 Kabin Pesawat Terbaik di Dunia

1. Bandara internasional Hamad menyediakan kamar lho

Memiliki fasilitas kamar bagi pengunjung yang transit di Bandara Hamad, (Instagram/@hiaqatar).

Inilah yang menjadi alasan kenapa Bandara Hamad layak disebut sebagai bandara terbaik. Ternyata bandara ini menyediakan kamar lho buat para pengunjung.

Di Bandara Hamad terdapat 100 kamar dan suite. Desain kamar sepenuhnya udah modern dan bisa disewa selama 3 jam. Ini masih ditambah dengan adanya restoran, toko bebas pajak, dan pusat kebugaran.

Baca juga: 7 Tahun Berturut-turut, Changi Airport Raih Penghargaan Bandara Terbaik di Dunia

2. Banyak ritel-ritel barang mewah berdiri di Bandara Internasional Hamad

Banyak ritel-ritel barang mewah berdiri di Bandara Internasional Hamad, (Instagram/@hiaqatar).

Gak sempat belanja produk-produk ternama, dapatkan aja di bandara. Di Bandara Hamad, kamu bisa menemukan brand-brand ternama, mulai dari Harrods, Chanel, Armani, Bulgari, Tiffany, dan Hermès.

Kalau kamu kepengin bawa emas dari Qatar, kamu bisa berbelanja di Au Gold Boutique. Dijamin belanja di sana, kamu gak bakal dikenakan pajak.

Baca juga: Dijamin Antiboring! Ini 5 Bandara dengan Fasilitas Terbaik yang Asyik buat Transit

3. Tersedia lounge yang berkelas banget

Bandara internasional
Bandara Hamad memiliki sejumlah fasilitas Lounge yang “kelas” banget, (Instagram/@hiaqatar).

Bandara internasional Hamad punya lounge yang berkelas banget, namanya Al Mourjan Business Class Lounge. Pokoknya, kamu bakal kagum deh begitu melihat penampakannya.

Di lounge tersebut kamu bisa menemukan kamar tenang dengan tempat tidur, toilet, ruang rapat, restoran, dan juga ruang main game. Terus di sana ada ruang bermain buat anak-anak lho yang di dalamnya ada repilka mobil balap Formula One.

4. Terdapat barang-barang seni bernilai tinggi di Bandara Hamad

Bandara Internasional
Bandara Internasional Hamad memiliki instalasi seni kelas dunia, (Instagram/@hiaqatar).

Ke sana jangan kaget ya kalau kamu menemukan banyak koleksi barang seni. Hebatnya nih barang-barang seni tersebut punya nilai yang tinggi lho.

Bukan hal yang mengejutkan kalau bandara milik Qatar ini bisa diisi barang-barang seni. Pasalnya, keluarga Kerajaan Qatar emang dikenal sebagai kolektor-kolektor barang-barang seni kelas dunia.

Mulai dari karya seniman Barat hingga Arab ditampilkan di dalam bandara. Salah satunya adalah karya seniman Swiss Urs Fischer yang diberi nama Lamp Bear.

5. Disediakan Wi-Fi gratis di area bandara

Bandara Internasional
Bandara Hamad memiliki fasilitas wifi yang kencang sekali buat pengunjung, (Instagram/@hia qatar).

Emang sih di semua bandara internasional disediakan Wi-Fi gratis di bandara. Namun, enaknya pakai Wi-Fi gratis di Bandara Hamid berbeda dibandingkan bandara-bandara pada umumnya.

Di Bandara Hamid kamu bisa merasakan kenyamanan yang dijamin bikin kamu betah berlama-lama di sana selama berinternetan ria. Mungkin kamu bisa lupa waktu juga.

Itu tadi beberapa alasan kenapa Bandara Internasional Hamad didapuk menjadi bandara terbaik di dunia. Kalau kamu sendiri, gimana? Tertarik gak ke Qatar demi merasakan pengalaman ke Bandara Hamad? Harga tiket di sana sekitar Rp 10 jutaan lho. (Editor: Mahardian Prawira Bhisma)

Boby
Boby

Lama bergelut dengan ensiklopedia. Kini fokus dengan urusan finansial. Di mana pun berada selalu berusaha sajikan karya yang terbaik. Semoga bermanfaat!