Indonesia Punya 673 Bandara, Apakah Jadi Negara dengan Bandar Udara Terbanyak?

2 menit
bandara
Bandara Internasional Soekarno-Hatta. (Shutterstock)

Bandar udara alias bandara udah menjadi salah satu fasilitas yang paling dibutuhkan dalam suatu negara. Keberadaannya dianggap perlu karena memberi kemudahan bagi banyak orang buat melakukan mobilitas.

Apalagi, sekarang ini orang-orang yang mengandalkan pesawat sebagai pilihan transportasi cenderung meningkat jumlahnya. Makanya, pertambahan jumlah penggunanya harus diimbangi dengan pertambahan jumlah bandara.

Di Indonesia, jumlah bandara yang telah dioperasikan terbilang banyak. Ada ratusan bandar udara yang tercatat telah dibangun. 

Jumlah ini masih terus bertambah karena Pemerintah bakal membangun bandar udara baru pada tahun 2020. Rencananya bakal ada tujuh bandara baru pada tahun depan.

Namun, dengan ratusan bandara yang dimiliki, apakah Indonesia menjadi negara dengan jumlah bandara terbanyak di dunia? Buat menjawab pertanyaan tersebut, Moneysmart punya datanya nih buat kamu. Penasaran? Langsung aja cari tahu dalam daftar berikut ini.

Baca juga: Dibangun Rp 3 Triliun! Bandara Internasional Mattala Rajapaksa Paling Sepi di Dunia

Ini 20 negara dengan jumlah bandara terbanyak di dunia, negara mana aja?

bandara
Bandara Internasional Hartsfield Jackson, Atlanta, AS. (Shutterstock)

Dari data yang dihimpun Index Mundi, ada sejumlah negara yang tercatat memiliki banyak bandar udara. Jumlahnya bahkan mencapai belasan ribu lho.

Nah, berikut ini adalah daftar negara yang punya bandar udara dalam jumlah banyak. Apakah Indonesia masuk salah satunya?

Negara Jumlah bandar udara
Amerika Serikat 13.513
Brazil 4.093
Meksiko 1.714
Kanada 1.467
Rusia 1.218
Argentina 1.138
Bolivia 855
Kolombia 836
Paraguay 799
Indonesia 673
Afrika Selatan 566
Papua Nugini 561
Jerman 539
China 507
Chile 481
Australia 480
Prancis 464
Inggris 460
Venezuela 444
Ekuador 432

Data di atas menempatkan Amerika Serikat sebagai negara dengan jumlah bandar udara terbanyak di dunia. Negeri Paman Sam ini memiliki 13.513 bandar udara pada tahun 2018.

Dari jumlah yang ada di Amerika Serikat, sebanyak 30 bandar udara melayani penerbangan internasional. Semua bandar udara yang tersedia di sana tersebar di berbagai negara bagian.

Punya luas sebelas dua belas dengan Amerika Serikat, tapi jumlah bandar udara yang dimiliki China gak sampai belasan ribu. Negara yang kini terlibat perang dagang dengan Amerika Serikat ini mempunyai 507 bandar udara. 

Malahan, jumlah bandara di China masih kalah dengan jumlah bandar udara di Indonesia. Tercatat, ada 673 bandar udara yang dibangun di Indonesia. Dengan jumlahnya yang sebanyak itu, Indonesia menjadi negara ke-10 dengan jumlah bandar udara terbanyak.

Bahkan, Indonesia menjadi negara Asia Tenggara satu-satunya dari 20 negara yang punya lebih dari 400 bandar udara. Asal tahu aja nih, jumlah penumpang pesawat yang ada di Indonesia bisa tembus lebih dari 10 juta orang. Jumlah ini bisa jadi bakal terus bertambah dan harus diimbangi dengan ketersediaan bandara.

Itu tadi informasi mengenai negara-negara yang memiliki bandara dalam jumlah banyak. Semoga informasi di atas bermanfaat ya! (Editor: Ruben Setiawan)

Boby
Boby

Lama bergelut dengan ensiklopedia. Kini fokus dengan urusan finansial. Di mana pun berada selalu berusaha sajikan karya yang terbaik. Semoga bermanfaat!