Gak Usah Bingung, Kini Milenial Bisa Lho Bangun Rumah dengan Uang Rp 50 Juta

3 menit
Bangun rumah

Apa yang dipikiran kaum milenial saat pengin bangun rumah? Bujet yang gede dan mahal pasti jadi pokok masalahnya. Nah, sekarang gak usah bingung lagi.

Kalau kamu belum tahu saat ini ada lho rumah diperuntukkan kaum milenial. Cukup mengkocek uang kisaran Rp 50 juta udah bisa membangun rumah. “Rumah Risha”, lho ada namanya ya? Nah, kalau kamu belum tahu “Rumah Risha” ini artinya Rumah Instan Sederhana Sehat (red: Risha).

Rumah Risha ini bisa jadi solusi buat kamu nih milenial yang pengin punya tempat berteduh di masa depan. Seperti dikutip dari Hipwee.com, Kamis, (28/3/2019), rumah ini emang gak terlihat gede-gede amat. Bangunannya aja cuma 1 lantai dan modelnya juga oke punya.

Pengin tahu seperti apa wujud si rumah Risha ini? Yuk, kita intip bareng-bareng siapa tahu tertarik buat punya satu unit.

Baca juga: Para Pekerja Jakarta, Gini Caranya Kalau Mau Beli Rumah Murah

1. Rumah Risha sendiri dibangun dengan konsep bongkar pasang dari beton instan

Bangun rumah
Membangun rumah dengan uang Rp 50 juta bisa lho, (Ilustrasi/Shutterstock).

Rumah Risha ini memiliki teknologi yang dikembangkan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PURR) dengan konsep bongkar pasang dan proses pembangunannya gak membutuhkan banyak bahan baku. Semen dan batu bata gak diperlukan nih buat mendirikan unit rumah Risha ini.

Komponennya dibuat secara pabrikasi dengan konstruksi penyusun rumah berdasarkan ukuran modular. Jadi saat membangun rumah ini gak memerlukan waktu yang lama alias singkat.

Baca juga: 5 Langkah Mudah Membuat Bisnis Plan untuk Usaha Rumahan

2. Menggunakan material yang praktis dan mudah dikerjakan

Bangun rumah
Rumah yang bakal dibangun ini emang terbilang mini tapi berkualitas lho, (Ilustrasi/Shutterstock).

Menggunakan beton bertulang campuran pasir, semen, dan kerikil sebagai struktur utamanya. Sedangkan buat lantai rumah Risha ini menggunakan balok loteng dan papan kayu. Soal kualitas materialnya dijamin berkualitas dan oke punya.

Baca juga: Bangun Satu Juta Rumah, SMF Cari Duit Rp 2,51 Triliun

3. Dibangun terdiri dari tiga macam modul jika disambungkan

Bangun rumah
Menggunakan elemen-elemen yang mudah dan mempersingkat waktu saat dibangun, (Ilustrasi/Shutterstock).

3 jenis panel bakal menyusun struktur rumah Risha ini. Panel 1 berbentuk balok, panel 2 berbentuk kolom, dan panel 3 berbentuk siku buat mengunci rangka dibagian sudut.

Dan rumah ini cukup menggunakan 3 tenaga orang dan bisa dikerjakan selama 24 jam aja lho. Kebayangkan bikin rumah cuma dalam waktu 24 jam dan 3 tenaga kerja buat membangunnya.

4. Udah SNI dan tahan gempa! Jangan khawatir roboh.

Bangun rumah
Rumah Risha ini udah lolos SNI dan diklaim kuat gempa, (Ilustrasi/Shutterstock).

Punya bentuk yang cenderung mengikuti kelipatan dari panjang konstruksi, tapi komponen modulnya bisa lho digunakan buat memperluas dan penambahan lantai.

Udah gitu nih, rumah Risha ini udah lolos uji SNI dan diklaim bisa tahan gempa. Asal kamu tahu rumah Risha ini udah digunakan buat membangun ulang rumah warga di Lombok lho oleh Kementerian PURR.

5. Jangan khawatir dengan rumah Risha karena punya banyak keunggulan

Bangun rumah
Rumah Risha ini punya banyak keunggulan lho, (Ilustrasi/Shutterstock).

Saat membangun rumah Risha ini kamu juga perlu menghitung dengan kalkulator rumah. Udah gitu dengan bangun rumah Rp 50 juta di zaman sekarang ini emang rasanya mustahil. Tapi, kenyataannya bisa lho bagi milenial pengin punya rumah.

udah gitu rumah Risha ini bisa kamu bangun dengan dua lantai lho. Asalkan beban gak boleh melebihi 125 kilogram per meter persegi. Jadi, ketika kamu pengin mengubah fungsi ruang, dipastikan gak ada penambahan beban hingga melebihi batas yang ditentukan.

Nah, itu dia sekilas penjelasan rumah Risha yang cuma perlu mengeluarkan uang kisaran Rp 50 juta bagi milenial. Jadi buat bangun rumah dan memilikinya, gak usah mikir-mikir lagi nih milenial.

Jadi mulai sekarang mulai deh nabung agar bisa tercapai memiliki rumah idaman ya meskipun gak gede-gede amat. Jadi silahkan nih cek ke kontraktor yang berpengalaman buat konsultasi. (Editor: Mahardian Prawira Bhisma)

Mahardian Prawira
Mahardian Prawira

Penyuka cokelat dan kopi ini perlahan mulai menyukai dan mempelajari dunia finansial, keuangan dan bisnis di era digital saat ini.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

Tentang Kami

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Philippines Taiwan