Tommy Soeharto Bakal Bangun 1 Juta Rumah Murah di Indonesia

2 menit
Tommy Soeharto Gandeng Investor Dubai (MoneySmart.id)
Tommy Soeharto Gandeng Investor Dubai (MoneySmart.id)

Lewat PT Berkarya Makmur Sejahtera, Tommy Soeharto menandatangani nota kesepahaman dengan Bin Zayed Group untuk membangun 500 ribu sampai 1 juta rumah. Pembangunan akan dilakukan di seluruh Indonesia setiap tahun dengan harga terjangkau.

Selain properti, kolaborasi bisnis juga mencakup bidang minyak dan gas alam serta energi terbarukan. Untuk diketahui Bin Zayed Group merupakan konglomerasi yang bergerak di banyak bidang bisnis.

Grup bisnis yang didirikan oleh Sheikh Khaled bin Zayed Al Nehayan pada 1988 investasinya sudah merambah ke banyak negara, termasuk India dan Afrika.

Menurut Pramod Mohanlal Chordiya, CEO of Bin Zayed Asia, saat konferensi pers di Crown Plaza Jakarta, Indonesia dan India merupakan negara potensial. Bukan saja dilihat dari segi populasi juga potensi ekonominya.

Untuk itu pihaknya sangat tertarik mulai berinvestasi di negara ini dengan menggandeng BMS. “Dalam berbisnis tentu kami memperhatikan chemestry.

Setelah bertemu dengan Milasari Kusumo Anggraini selaku Direktur Utama PT Berkarya Makmur Sejahtera di Dubai kami langsung serius kerja sama,” ungkap Sheikh Midhat .

Kerja Sama Bisnis 4 Bidang

Hutomo Mandala Putra Komisaris Utama BMS menjelaskan partnership menyangkut empat bidang. Diantaranya oil and gas, renewable energy, affordable house dan real estate. Namun yang digarap lebih dulu rencana pembangunan 500 ribu hingga 1 juta rumah terjangkau per tahun.

Pembangunan akan merambah banyak daerah, tidak hanya di Jawa saja. “Kerja sama ini bukan saja proyek-proyek besar, tapi juga kecil totalnya US$ 3-5 miliar,” ungkap Milasari.

Setelah MoU ini dalam 3 bulan ke depan kedua pihak akan mematangkan strategi, investasi dan komitmen ke arah tereksekusinya target. 

Mengapa tidak dengan rekanan lokal? Mila meyakinkan bahwa sinergi bisnis ini akan memberikan nilai tambah pada proyek terutama memasukan investasi luar ke Indonesia. 

“Belum lagi multiflyer effect dari setiap proyek yang dikerjakan, lapangan kerja, bergeraknya ekonomi daerah, dan digunakannya bahan baku lokal. Walaupun kontraktor yang mengerjakan dari Bin Zayed Group,” terang Tommy.

Rumah Sederhana Sudah Mulai Dibangun

Untuk rumah sederhana sebenarnya Tommy sudah memulai proyeknya di Sentul yang areanya bisa terbangun sampai 4.000 unit rumah dengan tipe rumah 36/60. Proyek ini akan dijadikan bechmark proyek ini.

Ia pun menegaskan bahwa bersama Bin Zayed Group kerja sama ini akan bergulir dalam jangka panjang. “Kedepan akan lebih besar targetnya bukan saja memenuhi kebutuhan 1 juta unit rumah per tahun,” tuturnya.

Untuk renewable energy sudah mulai dirintis Tommy di Sabang, setelah itu akan dikembangkan ke daerah lain yang memiliki potensi panas bumi.

Pada kesempatan tersebut juga hadir Darma Mangkuluhur Hutomo Komisaris PT Wisma Purnayudha Putra, generasi kedua Tommy yang mulai terlibat di bisnisnya.

Ayyi Hidayah
Ayyi Hidayah

Pecinta film yang senang berinvestasi. Menulis merupakan passion, menjadi perencana investasi merupakan panggilan hati

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

Tentang Kami

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Taiwan