Punya Kekayaan di Atas Rp 300 Miliar, Ini Gurita Bisnis Suami Lulu Tobing

4 menit
Suami Lulu Tobing, Bani Maulana Mulia, adalah Direktur PT Samudera Indonesia Tbk (Instagram).

Nama Bani Maulana Mulia langsung jadi buah bibir lantaran pria ini secara resmi menikahi artis senior Lulu Tobing. Dalam artikel MoneySmart di bulan Mei lalu, disebutkan bahwa Bani adalah cucu dari Soedarpo Sastrosatomo pendiri PT Samudera Indonesia Tbk (SMDR). Dia pun punya harta yang cukup berlimpah!

Berdasarkan informasi di RTI, sebesar 0,04 persen saham SMDR dipegang oleh Bani Maulana Mulia yang menjabat sebagai Direktur. 0,04 persen saham SMDR setara dengan 1.337.000 lembar.

Bisa dibilang, tren harga saham SMDR memang lagi menurun tahun ini. Di bulan Februari 2019, harganya sempat naik hingga Rp 384 perak per lembar. Tapi sekarang sudah ada di level Rp 276 per lembar.

Bayangkan jika Bani memegang 1.337.000, maka Bani sama saja dengan mengantongi aset senilai, 1.337.000 x Rp 276 = Rp 369.012.000! Luar biasa ya, itu baru dari SMDR lho, belum dari yang lain.

Penasaran sama anak usaha dari perusahaan transportasi ini? Yuk cari tahu di bawah sini.

PT Samudera Tangguh

Bani Maulana Mulia
PT Samudera Tangguh (Instagram).

Samudera Indonesia Tangguh merupakan perusahaan ini merupakan pemegang saham mayoritas dari SMDR. Jumlah kepemilikannya mencapai 57,98 persen atau setara dengan 1,8 miliar lembar saham.

Perusahaan ini memiliki bisnis utama di bidang pelayaran. Layanan mereka mencakup Container Shipping, Bulk Carrier & Tanker, Offshore Support, dan Ship Management.

Jangan salah lho, mereka juga memiliki pelabuhan yang tersebar di seluruh Indonesia. Dan di bawah PT Samudera Tangguh, ada beberapa perusahaan-perusahaan lain juga yang bergerak di berbagai bidang. 

1. Samudera Shipping

Bani Maulana Mulia
PT Samudera Shipping (Instagram).

Sesuai dengan namanya, yaitu “Shipping,” maka jenis bisnis mereka tentunya bergerak di bidang layanan peti kemas. 

Beberapa perusahaan yang masuk ke dalam lini bisnis Shipping ini antara lain adalah PT Perusahaan Pelayaran Nusantara Panurjwan, Samudera Shipping Line Ltd, PT Samudera Energi Tangguh, PT Samudera Amanah Tanker, PT Cumawis Indonesia, PT Cumawis, PT Samudera Indonesia Ship Management, PT Samudera Perkapalan Indonesia, Samudera Bharat Feeder Pvt Ltd, dan lainnya.

Asal kamu tahu, jumlah anak usaha di bidang shipping ini sendiri mencapai 24 anak usaha! Dan beberapa perusahaan mereka didirikan di luar negeri.

2. Samudera Terminal

Bani Maulana Mulia
Samudera Terminal (Instagram).

Di tahun 2003, perusahaan milik Bani Maulana Mulia ini mengembangkan lini usahanya hingga menjadi pengelola pelabuhan.

Mereka menyediakan layanan bongkar muat, pengelolaan terminal curah, terminal peti kemas, terminal serba guna, hingga penyediaan air bersih di kapal. Beberapa anak usaha di bidang pengelolaan pelabuhan ini antara lain adalah.

PT Samudera Terminal Indonesia, PT Prima Nur Panurjwan, PT Tangguh Samudera Jaya, PT Pelabuhan Samudera Palaran, PT Samudera Sarana Terminal Indonesia, PT Samudera Golden Mitra, PT Tata Bandar Samudera, PT Ampel Jaya, PT Astarika Stuwarindo, dan lainnya.

Untuk di bidang pengelolaan terminal, jumlah anak usaha mereka mencapai 29 perusahaan. Wajar saja, beda kota tentu beda juga perusahaan pengelolanya.

3. Samudera Logistik

Bani Maulana Mulia
Samudera Logistik (Instagram).

Bisnis logistik ini sudah dijalankan sejak tahun 1964. Variasi layanan yang disediakan dalam lini bisnis mereka mencakup depo peti kemas, jasa logistik terintegrasi, transportasi darat, pergudangan dan pusat distribusi serta Project Logistics.

Anak-anak usaha mereka antara lain adalah PT Samudera Perdana, PT Taraka Jaya Samudera, PT Samudera Indonesia Logistik Kargo, PT Samudera Bandar Logistik, PT Samudera Banten Logistik, PT Samudera Deli Logistik, PT Samudera Dewata Logistik, dan lainnya.

Jumlah anak usaha mereka di bidang logistik mencapai 25 perusahaan!

4. Samudera Shipyard

Bani Maulana Mulia
Samudera Shipyard (Instagram).

Perusahaan ini mulai menggeluti usaha di bidang jasa galangan kapal sejak 1976 silam. Saat ini, bidang usaha mereka sudah meliputi perbaikan, pemeliharaan dan pembangunan kapal, serta fabrikasi komponen & alat-alat industri. 

Anak-anak usaha mereka di bidang ini antara lain adalah PT Yasa Wahana Tirta Samudera, PT Wahana Jaya Samudera, dan PT Galangan Samudera Madura.

5. Samudera Property

Bani Maulana Mulia
Samudera Property (Instagram).

Perusahaan milik Bani Maulana Mulia ini juga mengembangkan usahanya di bidang properti. Lebih tepatnya di pengelolaan sekaligus pemeliharaan aset properti strategis, pengawasan konstruksi, pembangunan aset properti hingga pengembangan berbagai peluang di bidang konstruksi.

Anak-anak usaha mereka adalah PT Samudera Rekso Asri, PT Samudera Rejo Agung, dan PT Samudera Properti Indonesia. 

6. Samudera Services

Bani Maulana Mulia
Samudera Services (Instagram).

Samudera Services sejatinya dibentuk untuk memperkuat dan membantu unit bisnis di Samudera Indonesia dalam penyediaan/pemenuhan jasa layanan pendukung operasional perusahaan. Dan tentunya memiliki keterkaitan dengan bidang finansial dan hingga layanan IT.

Anak usaha mereka di sektor bisnis ini adalah PT Samudera Mitra Manajemen, PT Samudera Daya Mitra, PT Praweda Ciptakarsa Informatika, PT ISTA Indonesia dan Dana Pensiun Samudera Indonesia.

Itulah deretan perusahaan yang berada di bawah perusahaan induk milik Bani Maulana Mulia. Bisnis di bidang logistik perkapalan memang bukan bisnis yang sederhana. Tapi tentu saja, dengan modal yang besar, maka penghasilannya juga gak sedikit. (Editor: Winda Destiana Putri).

Aulia Akbar
Aulia Akbar

Sebagai mantan jurnalis dan praktisi humas, saya memutuskan untuk menekuni beladiri paling ekstrim di dunia. Di kesempatan yang sama, izinkanlah saya untuk berbagi tips keuangan dan cerita inspiratif buat Anda.