Banjir Untung, Ayo Tukar Kartu Debit Lama dengan Kartu Debit GPN!

3 menit
[ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/ama/18]
[ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/ama/18]

Udah tukar kartu debitmu dengan kartu debit GPN (Gerbang Pembayaran Nasional) belum?

Sebagai informasi, GPN adalah sistem yang menghubungkan seluruh alat pembayaran, mulai dari kartu debit, kredit, ataupun uang elektronik dengan mesin transaksi pembayaran (ATM atau EDC).

Kartu GPN ini menggantikan penggunaan sistem asing yang selama ini digunakan buat kartu kredit, seperti Visa, Mastercard, JCB, dan lainnya.

Saat ini sudah ada 98 bank nasional di Indonesia yang telah menerbitkan kartu debit GPN. Tapi, nantinya seluruh bank di Indonesia mau gak mau harus udah menggunakan sistem ini. Apalagi mulai 1 Januari 2022, Bank Indonesia mewajibkan tiap nasabah memiliki minimal satu kartu berlogo GPN.

Dengan kartu berlogo GPN, nasabah dapat melakukan transaksi offline, transfer, atau tarik tunai di semua mesin ATM atau EDC manapun yang berlogo GPN di seluruh Indonesia. Dari sini aja, udah kelihatan kan keuntungan pakai kartu berlogo GPN buat kamu?

Biar lebih jelas lagi, ini keuntungan lain yang bisa kamu dapatkan.

Keuntungan

1. Biaya administrasi jadi lebih ringan

kartu debit gpn

Tiap kartu debit biasanya dikenakan biaya administrasi bulanan tergantung pada golongan kartu tersebut. Contohnya kayak tarif administrasi kartu debit Platinum Mandiri  sebesar Rp 8.500 atau kartu debit Gold sebesar Rp 5.500 tiap bulannya.

Nah, nasabah yang menggunakan kartu debit GPN akan menerima penurunan biaya administrasi bulanan dari Rp 500-1.000 per bulan.

2. Siap-siap kebanjiran promo

kartu debit gpn

Untuk menarik minat sekaligus kesadaran masyarakat menggunakan kartu berlogo GPN, pihak perbankan gencar memberi promo. Contohnya kayak Bank BCA yang memberikan potongan transaksi hingga Rp 20 ribu di Bakmi GM dengan menggunakan kartu debit GPN. Selain itu, masih ada banyak promo yang bisa kamu nikmati, lho.

3. Gak repot cari mesin ATM

kartu debit gpn

Seperti yang dibilang di atas, kartu berlogo GPN dapat digunakan di ATM bank manapun yang berlogo GPN. Jadi, gak perlu capek mencari mesin ATM yang sesuai dengan bank yang digunakan.

4. Turut bantu RI hemat miliaran per hari

kartu debit gpn

Sebelumnya, Indonesia menggunakan sistem dari asing untuk proses transaksi non tunai, sehingga perbankan harus membayar sewa jasa routing tersebut.

Nah, dengan adanya GPN ini, seluruh proses transaksi dilakukan di dalam negeri. Dengan kata lain, terjadi penghematan yang cukup besar. Menurut Bank Indonesia, penghematan yang dapat dilakukan bisa mencapai hingga Rp 17,7 miliar per hari.

Kamu tentu mau dong menjadi bagian dari aksi penghematan belasan miliaran ini?

Terus gimana cara mengganti kartu debit jadi kartu “sakti” GPN? Begini caranya.

Cara ganti kartu GPN

kartu debit gpn
(Image: solopos)

Sebetulnya Bank Indonesia dan perbankan telah menyelenggarakan pekan pertukaran kartu berlogo GPN di sejumlah wilayah di Indonesia. Pekan penukaran ini dilaksanakan bersama acara peluncuran kartu pada bulai Mei lalu.

Tapi, buat kamu yang belum sempat menukar saat itu, bisa tetap mendapatkan kartu berlogo GPN kok. Caranya, datang langsung ke kantor cabang perbankan yang dimiliki dan mintalah penggantian kartu pada customer service terkait. Penggantian kartu ini bebas biaya alias gratis.

Gimana? Cukup jelas kan keuntungan yang bisa didapat dan cara mendapatkan kartu berlogo GPN? Jika sudah, gak perlu tunda-tunda lagi, tukarkan segera kartu debitmu dan dapatkan sejumlah manfaatnya tersebut.

Ulfa Sekar
Ulfa Sekar

Pernah menjadi anak IT dan bercita-cita menjadi seorang programmer. Lalu berakhir menjadi seorang penulis dan menikmatinya. Semoga tulisan saya bisa berguna buatmu.