Ini Alasan Bank Indonesia Kembali Turunkan Suku Bunga Acuan

2 menit
Suku Bunga Acuan Turun Lagi (Shutterstock)
Suku Bunga Acuan Turun Lagi (Shutterstock)

Bank Indonesia (BI) kembali memutuskan untuk menurunkan suku bunga acuan atau BI 7 Days Repo Rate menjadi 5,25 persen dari  5,5 persen pada bulan lalu.

“Rapat Dewan Gubernur BI 18-19 September 2019 memutuskan untuk menurunkan BI 7 Days Reverse Repo Rate 25 bps menjadi 5,25 persen,” ujar Gubernur BI Perry Warjiyo di Jakarta.

Perry mengatakan, keputusan penurunan suku bunga diambil BI guna mengantisipasi dampak ekonomi global kepada ekonomi domestik dan juga menjaga arus modal asing.

Perry mengungkapkan, penurunan suku bunga juga mempertimbangkan kondisi ekonomi global dan domestik.

Untuk ekonomi global, BI melihat ketegangan antara China dan Amerika Serikat juga masih menjadi faktor pelemahan ekonomi global. 

“Perekonomian AS tumbuh melambat akibat penurunan ekspor dan investasi nonresidensial. Perekonomian dunia yang melambat juga mendorong harga komoditas global kembali menurun yang mengakibatkan rendahnya tekanan inflasi,” papar Perry.

Selain itu, pertumbuhan ekonomi China, India, dan Eropa juga lebih rendah dipengaruhi kinerja sektor eksternal dan penurunan permintaan domestik. 

“Kondisi ini direspons beberapa negara dengan stimulus fiskal dan melonggarkan kebijakan moneternya,” kata Perry.

Sementara itu, untuk ekonomi domestik atau dalam negeri, mempertimbangkan pertumbuhan ekonomi, laju inflasi, dan ekspor, impor.

Kebijakan Konsisten Perkiraan Inflasi

“Kebijakan tersebut konsisten dengan prakiraan inflasi yang tetap rendah di bawah titik tengah sasaran, dan imbal hasil investasi aset keuangan domestik yang tetap menarik, serta sebagai langkah preemptive untuk mendorong momentum pertumbuhan ekonomi domestik di tengah kondisi ekonomi global yang melambat,” ujarnya.

Kemudian, dalam penurunan suku bunga BI juga memperhatikan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS yang cenderung alami penguatan.

Penurunan suku bunga BI ini, juga dilakukan oleh Bank Sentral Amerika Serikat Federal Reserve AS (The Fed) yanh kembali memangkas suku bunga acuannya.

Penurunan suka bunga bank sentral AS merupakan kali kedua The Fed setelah sebelumnya pada Juli lalu.

Pemangkasan suku bunga The Fed (fed fund rate) dilakukan sebagai tindakan antisipasi perlambatan ekonomi dunia. Selain juga perang dagang antara China dan AS yang belum kunjung mereda.

Editor: Ayyi Achmad Hidayah

Pramdia Arhando
Pramdia Arhando

Atlet renang yang gagal, tapi pernah jadi juara. Kini masuk dunia jurnalistik dan finansial. Semua tulisan di sini dari fakta dan kisah nyata.