Mau Bagi-Bagi Uang Lebaran? Bank Indonesia Siapkan Rp 217,1 Triliun

2 menit
tukar uang receh
Bank Indonesia

Guna menghadapi Hari Raya Idul Fitri Bank Indonesia (BI) menyiapkan dana Rp 217,1 Triliun uang pecahan untuk kebutuhan penukaran uang oleh masyarakat. Adapun hingga saat ini dana yang telah keluar mencapai Rp 37 triliun.

Deputi Gubernur Bank Indonesia Rosmaya Hadi mengatakan, stok uang tersebut didominasi untuk wilayah Pulau Jawa. Seperti wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) sendiri mencapai Rp 51,5 triliun dan Rp 84 triliun untuk non-Jabodetabek.

Sedangkan untuk wilayah Sumatera mencapai Rp 41,2 triliun dan untuk Kawasan Indonesia Timur sebesar Rp 44,4 triliun.

Dalam penukaran uang, masyarakat bisa menukarkan dalam berbagai pecahan atau nominal, mulai dari pecahan besar Rp 50.000 dan Rp 100.000 dan pecahan kecil Rp 20.000 ke bawah.

Untuk pecahan kecil tersebut BI telah menyiapkan khusus Rp 19,9 triliun untuk pecahan kecil.

“Program penukaran uang ini bernama Rupiah untuk Negeri pada tahun ini berada pada 2.941 titik di seluruh Indonesia,” kata Rosmaya.

Sementara itu, untuk Jakarta terdapat 287 titik, jumlah tersebut mengalami penambahan dari tahun lalu yang hanya 160 titik.

Mandiri Siapkan Rp 82 Miliar

Sementara itu, salah satu bank plat merah yakni PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) menyiapkan 77 titik penukaran uang pecahan kecil (UPK) di seluruh Indonesia untuk membantu masyarakat mendapatkan uang kartal menjelang Idul Fitri 1440 H.

Senior Executive Vice President Operasi Bank Mandiri, Aquarius Rudianto menuturkan, penempatan titik penukaran UPK itu dilakukan pada kurun waktu 2 Mei hingga 2 Juni 2019 secara bergiliran di sejumlah lokasi seperti rest area tol JORR dan ruas Cipali, pasar-pasar tradisional, dan alun-alun kota.

“Sejak 2 Mei 2019, kami telah melayani penukaran UPK sebesar Rp 82,47 Miliar. Di mana pecahan yang paling dicari adalah Rp 10.000, yang mencapai 35 persen dari UPK yang telah ditukar,” ujar Rudianto di Jakarta.

Meskipun digitalisasi keuangan di masyarakat tengah alami peningkatan, akan tetapi kebutuhan uang kertas saat Lebaran selalu dinantikan.

Sebab telah menjadi tradisi bagi masyarakat untuk berbagi kepada keluarga dan tetangga di rumah atau di kampung halaman.

Bank Mandiri pun telah menyiapkan penukaran uang kecil pecahan Rp 20.000, Rp 10.000, Rp 5.000 dan Rp 2.000 dengan rata-rata sebesar Rp 1,3 miliar di setiap titik penukaran per hari.

“Karakteristik masyarakat penukar, memang didominasi oleh karyawan dan Ibu Rumah Tangga. Selain lokasi tersebut, masyarakat juga dapat menukarkan UPK di seluruh cabang Bank Mandiri. Di lokasi penukaran UPK itu, kami juga melayani pembelian uang elektronik Mandiri e-money,” paparnya.

Editor: Ayyi Achmad Hidayah

 

Pramdia Arhando
Pramdia Arhando

Atlet renang yang gagal, tapi pernah jadi juara. Kini masuk dunia jurnalistik dan finansial. Semua tulisan di sini dari fakta dan kisah nyata.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

Tentang Kami

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Philippines Taiwan