Banyak Artis Eksis Liburan ke Afrika, Berapa Sih Biaya yang Harus Disiapkan?

3 menit
Nelson Mandela Square, pusat perbelanjaan di Johannesburg, Afrika Selatan (Shutterstock).

Liburan ke negara Afrika tampaknya lagi hits banget nih. Beberapa artis ternama Indonesia bahkan memilih negara eksotis tersebut sebagai destinasi wisata mereka. Sebut aja nama Nikita Willy dan yang terakhir ini ada Jedar alias Jessica Iskandar.

Lokasi wisata yang mereka kunjungi terlihat keren banget. Salah satunya adalah destinasi populer taman nasional di Afrika Selatan. Di sana sebagaimana terlihat di beberapa foto Nikita Willy dan Jedar, kamu bisa berinteraksi dengan hewan-hewan buas dengan pemandangan savana.

Tertarik buat menikmati liburan ke negara Afrika juga? Faktanya, biaya liburan ke negara tersebut gak semahal yang kamu kira, kok.

Tiket pesawat yang terjangkau

Tiket pesawat ke Johannesburg, Afrika Selatan (Shutterstock).

Asal tahu aja, tiket pesawat ke Afrika Selatan ternyata cukup terjangkau. Bahkan, harganya hampir sama dengan beberapa destinasi Eropa.

Kamu bisa ambil penerbangan dari Jakarta ke Johannesburg, Afrika Selatan. Tiket ke sana dibanderol sekitar Rp 7 jutaan. Sementara buat ke Belanda, tiket sekitar Rp 6 jutaan. Jadi, kamu cukup nambah sejuta aja, kan?

Emang sedikit lebih mahal daripada tiket ke Eropa. Akan tetapi, biaya hidup di sana jauh lebih murah, lho. Yuk, lihat rincian biaya ke negara Afrika berikut ini.

Harga pelbagai kebutuhan lebih murah di Afrika Selatan

Harga pelbagai kebutuhan lebih murah di Afrika Selatan (Shutterstock).

Asal tahu aja, harga wine di Afrika jauh lebih murah daripada Eropa. Di sana kamu bisa menikmati sebotol wine dengan harga Rp 100 ribu aja. Namun, kualitas bisa diadu dengan Eropa.

Harga tersebut bahkan jauh lebih murah daripada di Indonesia, kan?

Yang bikin pelbagai kebutuhan di sana jadi jauh lebih murah lagi adalah nilai mata uang Rupiah dan Rand milik Afrika Selatan gak beda jauh. Satu Rand setara dengan seribu rupiah aja. Jadi, kamu pasti gak terlalu merasa berat buat beli berbagai barang atau kebutuhan saat di sana.

Penginapan saat di Afrika

Banyak hotel murah (Ilustrasi).

Buat kamu yang berencana menikmati liburan di taman safari kayak Jedar dan Nikita Willy, kamu bisa memilih penginapan di area tersebut. Tersedia kemah, pondok, atau cottage, dan guest house.

Kalau pengin murah, kamu bisa pilih kemah. Tenang! Kemah cukup aman, kok. Sebab tersedia pagar rendah yang memisahkan tenda kamu dengan kawanan hewan. Buat tenda tersebut, kamu cukup gelontorkan dana Rp 520 ribu per malam untuk dua orang.

Opsi lain, kamu bisa memilih buat tinggal di rumah pohon dengan harga Rp 2,4 juta per malam. Dengan dana tersebut, kamu juga dapat makan tiga kali sehari, diajak jalan-jalan dan berkendara mengelilingi taman safari setiap hari.

Asyik banget, kan?

Buat kamu yang pengin lebih mudah, sebenarnya bisa gunakan jasa travel agent. Biasanya biaya buat ke Afrika Selatan dikenakan Rp 30 jutaan. Asyiknya dengan travel agent, kamu bisa lebih mudah ke pelbagai obyek wisata di sana.

Yang pasti, pembuatan VISA Afrika mudah banget dan gak ribet. Bahkan, beberapa negara di bagian Afrika lainnya menerapkan bebas VISA buat pemegang paspor Indonesia. Ini jadi salah satu alasan kamu mesti coba traveling ke negara di Afrika.

Helda
Helda

Tidak normal tapi spesial. Blogger merangkap content writer yang secara ajaib tersesat di bidang keuangan. Semua tulisan di sini tersedia berkat bantuan kopi tanpa gula.