Banyak Digunakan Orang, Sudah Tahu Kelebihan dan Kekurangan M-Banking Ini?

3 menit
M-banking

Di zaman yang serba digital seperti saat ini, m-banking menjadi salah satu fasilitas bank yang seakan wajib dimiliki orang.

Alasannya pun sederhana, agar lebih mudah melakukan transaksi. Jadi, kamu udah gak perlu  repot-repot keluar rumah buat ke ATM.

Tinggal buka m-banking, selesai deh transaksinya. Meski begitu, banyak juga orang yang memilih untuk gak menggunakan m-banking biar lebih irit.

Pasalnya, gak bisa dipungkiri kalau window shopping itu bisa bikin kantong kebobolan. Niatnya, mau lihat-lihat doang, tapi ujung-ujungnya beli juga.

Apalagi kalau didukung sama fasilitas m-banking, jadi semakin gampang kan buat belanja. Ya, sebenarnya balik lagi sih ke individu masing-masing.

Kalau ada keperluan mendesak, m-banking sangatlah bermanfaat. Misalnya saja, tengah malam token listrik habis. Bayangkan kalau gak ada ATM, kamu tentu perlu effort yang besar buat jalan ke minimarket 24 jam.

Karena itu, kali ini MoneySmart ingin memberikan informasi tentang kelebihan dan kekurangan m-banking yang perlu kamu ketahui. Jadi, bukan cuma digunakan doang kan. Tapi sebelum itu, ketahui dulu yuk apa sih m-banking itu.

Baca juga: 5 Smartphone Ini Miliki Fitur Face Unlock, Harganya Lebih Murah dari iPhone X Lho!

Apa itu m-banking?

M-Banking (Shutterstock).

M-banking atau mobile banking merupakan layanan untuk melakukan berbagai transaksi yang ditawarkan oleh bank.

Karena berbentuk aplikasi, jadi kamu harus mengunduhnya di smartphone-mu. Untuk pendaftarannya, bisa dilakukan sendiri dengan mengikuti langkah-langkah yang ada pada aplikasi tersebut. Namun, jika belum jelas, kamu bisa menghubungi customer service di bank.

Dengan mobile banking, kamu bisa melakukan berbagai transaksi. Mulai dari transfer, isi pulsa, token listrik dan lainnya.

Kini bahkan kamu bisa melakukan transaksi tarik tunai ATM tanpa perlu menggunakan kartu. Itulah mengapa banyak orang yang memilih untuk menggunakan m-banking.

Baca juga: Pengin Hemat Biaya Internet Saat Liburan ke Luar Negeri, Begini Caranya

Kelebihan m-banking

Keunggulan menggunakan M-banking adalah mudah bertransaksi dimana-mana.
  • Mudah diakses meski, kapanpun dan dimanapun.
  • Jangkauan koneksi lebih luas.
  • Dilengkapi dengan fitur yang sederhana dan mudah dimengerti oleh semua kalangan.
  • Biaya yang dikenakan umumnya lebih rendah dibanding internet banking.
  • Aman dan dapat dapat meminimalisasi risiko penipuan.
  • Dapat menghemat waktu dan biaya karena kamu tak perlu datang ke bank atau ATM jika ingin melakukan transaksi keuangan.
  • Lebih efisien dan tak perlu ngantri panjang. Cukup dengan smartphone, kamu bisa melakukan transaksi selama memiliki jaringan internet.
  • Nasabah dapat melakukan jadwal transaksi keuangan dalam satu waktu sekaligus.

Kekurangan m-banking

Kelemahan M-banking adalah rentan mengalami penipuan.
  • Rentan mengalami penipuan “smishing” yaitu dihubungi oleh hacker yang menyamar sebagai institusi keuangan untuk menanyakan detail rekening bank-mu.
  • Dibutuhkan smartphone canggih untuk mengaksesnya.
  • Fitur keamanan melalui koneksi yang terenkripsi bisa di-hack jika smartphone hilang atau dicuri.
  • Nasabah harus memiliki jaringan internet yang kuat untuk bisa mengakses m-banking. Jika koneksi internet kurang baik, maka secara otomatis kamu akan kesulitan saat mengaksesnya.
  • Berisiko terhadap pencurian data.
  • Akan dikenakan biaya SMS untuk mendaftarkan nomor rekening baru untuk transfer.

Baca juga: Mitos dan Fakta Tentang Uang dalam Hidup, Kamu Percaya yang Mana Nih?

Nah, itu dia kelebihan dan kekurangan m-banking alias mobile banking yang perlu kamu ketahui. Meski memiliki banyak kelebihan yang akan menguntungkanmu dalam melakukan transaksi, kamu tetap harus waspada dengan segala kemungkinan yang dapat menguras habis isi rekeningmu.

Karena itu, disarankan agar kamu lebih berhati-hati dan menjaga kerahasiaan m-banking milikmu, mulai dari kode akses hingga PIN. (Editor: Winda Destiana Putri).

Dewi Puri
Dewi Puri

Pecinta makeup yang terjun ke dunia financial. Jika biasanya berkutat dengan lipstik dan bedak, kini harus terbiasa dengan logam mulia maupun reksadana. Intinya tetap sama, menghasilkan suatu karya yang cantik.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

MoneySmart Singapore MoneySmart Indonesia MoneySmart Hong Kong