Banyak Peluang Bisnis Kuliner Sehat, Yuk Manfaatkan!

4 menit

Tren gaya hidup sehat yang makin populer bisa jadi peluang bisnis yang menjanjikan nih.  

Pasalnya meski pengolahan kuliner sehat tampak sederhana, banyak yang gak tahu atau gak mau repot menyiapkannya. Selain itu, bahan-bahan kuliner sehat ini gak selalu mudah ditemui di mana aja. Oleh sebab itu, gak sedikit yang pilih membeli ketimbang buat sendiri.

Nah, kamu yang berencana buka usaha kuliner online, yuk manfaatkan peluang bisnis ini. Sebelum terjun, MoneySmart akan berikan tips serta inspirasi jenis kuliner yang bisa dicoba. Mari simak ulasannya berikut ini.

Inspirasi kuliner sehat

1. Cold-pressed juice

peluang bisnis
(Image: sumosalad)

Beda dengan jus biasa, cold-pressed juice mengandung sari buah murni dari buah utuh dengan menggunakan slow juicer. Alat tersebut menghancurkan daging dan serat buah dengan cara ditekan (peras) untuk memisahkan ampas buah dan sarinya.

Proses ini tidak menimbulkan panas seperti pengolahan dengan blender, sehingga kandungan nutrisi, vitamin, dan mineral tetap terjaga.

2. Snack sehat

peluang bisnis
(Image: cleaverlyinspired)

Ada banyak nih olahan makanan yang bisa disulap jadi camilan sehat. Snack ini bisa jadi idola para karyawan yang doyan ngemil saat bekerja, penunda lapar buat mereka yang terjebak macet di jalan, atau buat jadi camilan santai di rumah.

Kamu bisa menjual kacang almond, kacang mete, granola, buah-buahan kering, dan lainnya.

3. Bahan makanan organik

peluang bisnis
(Image: chopra)

Banyak orang yang ingin membiasakan santap kuliner sehat tapi sulit menemukan bahan-bahannya. Kamu bisa sediakan berbagai bahan makanan organik, mulai dari bihun organik, mi sayur, garam laut, tepung non gluten, dan sebagainya

4. Variasi makanan vegetarian

peluang bisnis
(Image: olivemagazine)

Pola hidup vegetarian juga punya pasarnya sendiri di Indonesia. Meski menawarkan menu bebas unsur hewani, soal rasa tetap bisa dikreasikan sehingga menyerupai produk hewani.

Menurut Hwa Hwa, pemilik restoran vegetarian Loving Hut, batang jamur yang diolah menggunakan rempah-rempah tertentu dapat menghasilkan rasa yang menyerupai daging sapi atau daging ayam. Selain itu, pasti banyak trik-trik olah sayur lainnya yang bisa dipelajari.

5. Katering diet sehat

peluang bisnis
(Image: luthfan)

Para pelaku diet sehat sering kesulitan menyediakan menu sehat yang harus mengikuti pakem-pakem tertentu. Oleh sebab itu, kehadiran penyedia jasa katering diet sehat pasti dibutuhkan. Apalagi buat mereka yang punya banyak kesibukan.

Kamu bisa menawarkan berbagai menu katering diet berdasarkan tipe diet dan paket hari sesuai aturan diet tersebut. Peluang bisnis menggiurkan nih.

Kalau udah mulai kebayang produk yang ingin kamu jual, perhatikan dulu tips bisnis kuliner sehat berikut ini.

Tips bisnis kuliner sehat secara online

1. Meski sehat, rasa tetap utama

Makan-makanan sehat identik dengan sayuran yang minim rasa dan kurang disukai sebagian orang. Banyak yang ingin hidup sehat, tapi sedikit yang mau “memaksa” diri makan-makanan sehat seperti itu. Padahal faktanya jika diolah dengan tepat, kuliner sehat bisa jadi sajian yang nikmat.

2. Kreasikan makanan yang pasti digemari

Biar targetmu menjadi lebih luas, kreasikanlah makanan yang digemari semua kalangan. Contohnya, kamu bisa membuat burger roti gandum dengan daging yang terbuat dari olahan tempe dan sayuran organik.

3. Punya ciri khas

Seperti semua jenis bisnis lainnya, ciri khas adalah hal yang penting banget. Peluang bisnis ini tentu bukan hanya dilirik olehmu. Miliki nilai lebih dan identitas yang bikin produkmu gampang gak terlupakan.

Menurut Loren Brill, pemilik brand Sweet Loren’s, sebagai langkah awal kamu bisa menggunakan nama atau hal-hal pribadi pada nama brand atau produk.

4. Perluas pengetahuan

Ingat, penggunaan klaim makanan sehat harus dapat dipertanggungjawabkan. Artinya, gak bisa bilang sehat hanya dengan menggunakan sayur atau buah-buahan.

Sama aja boong penggunaan bahan-bahan yang sehat tapi pengolahannya justru menghilangkan sebagian atau seluruh nutrisi yang terkandung. Oleh sebab itu, penting nih buat menambah ilmu tentang nutrisi, bahan-bahan makanan, sekaligus cara pengolahannya.

5. Terapkan sistem PO

Jika produk yang kamu jual perlu pengolahan lebih lanjut dan gak bisa distok terlalu lama, jangan lupa terapkan sistem PO atau pre order.

Idealnya PO H-1 agar konsumen tidak terlalu lama menunggu. Di sisi lain, kamu masih punya waktu buat mempersiapkan bahan-bahannya. Hidangan yang disajikan pun terjamin masih dalam kondisi segar.

Tapi, jika bisnis telah berjalan lama dan pola pesanan pelanggan sudah bisa kamu ‘baca’, sistem PO bisa jadi lebih fleksibel penerapannya.

Itulah ide dan tips peluang bisnis kuliner sehat bisa dicoba. Jeli melihat peluang biar dapat untung maksimal. Gimana, tertarik mencoba gak?

Ulfa Sekar
Ulfa Sekar

Pernah menjadi anak IT dan bercita-cita menjadi seorang programmer. Lalu berakhir menjadi seorang penulis dan menikmatinya. Semoga tulisan saya bisa berguna buatmu.