Banner ImageBanner Image

Sepele! Tapi 5 Hal Ini Bisa Bikin Kamu Terjerat Banyak Utang Lho

3 menit
Banyakj utang dan menggunung? Ini penyebabnya kenapa kamu bisa terjerat, (Ilustrasi/Shutterstock.com).

Banyak utang emang tentu aja bikin kamu keki dan pusing sendiri. Gimana gak, gaji habis cuma buat bayar utang yang gak kunjung berakhir dan ini dari sekian banyak biang keroknya.

Sebal gak sih, kalau kerja capek-capek setiap bulan tapi gak bisa menikmati hasil gaji karena hal sepele yang bikin kamu terjerumus ke lubang utang.

Ujung-ujungnya cuma bikin diri resah dan tidur jadi gak nyenyak karena mikirin utang. Tenang, kamu gak sendirian, pasalnya di luar sana banyak orang yang mengalami hal serupa karena utang yang menumpuk.

Sayangnya, tanpa disadari yang bikin mereka terjerat utang itu karena hal sepele yang ternyata secara perlahan mendorong kamu ke jurang utang.

Baca juga: Gak Pakai Ribet! Utang Bakal Cepat Lunas dengan Pakai Cara Ini

Percaya deh, meski terkesan sepele nyatanya kebiasaan buruk ini bikin kamu punya banyak utang. Apa aja itu? Berikut lima di antaranya yang udah dirangkum oleh MoneySmart.id.

1. Beli sekarang bayar bulan depan

Jangan pernah beli barang denga kredit itu bakal jadi utang juga, (Ilustrasi/Shutterstock.com).

Gak bisa dipungkiri kalau punya barang tanpa bayar di awal itu emang sangat membahagiakan. Gimana gak, kamu bisa menggunakan barang incaranmu tanpa mengeluarkan uang sepersen pun.

Eits.. tapi itu hanya kesenangan semata lho. Pasalnya, di bulan depan kamu harus merogoh kantong lebih besar buat membayar barang yang kamu beli.

Sayangnya, kamu baru menyadari kalau barang yang baru dibeli itu sangat memangkas keuanganmu setiap bulannya.

Baca juga: Waspada! Terlilit Banyak Utang Picu Penyakit-Penyakit Berbahaya Ini

Karena itu, sebaiknya kamu lebih baik menabung dulu jika ingin memiliki barang yang disukai. Daripada berutang yang ujung-ujungnya bikin keki sendiri.

2. Beli barang karena tergoda promo kartu kredit

Promo kartu kredit juga penyebab banyak utang, (Ilustrasi/Shutterstock.com).

Lagi jalan-jalan ke mall, tiba-tiba lihat ada promo diskon kartu kredit di salah satu toko. Niiatnya tadi cuma ke mall buat cuci mata, ujung-ujungnya malah jadi bawa tentengan pulang ke rumah.

Apesnya, ternyata barang yang kamu beli itu udah ada di rumah. Ujung-ujungnya jadi buang-buang duit buat beli barang yang gak dibutuhkan.

Baca juga: Sering Ngutang, Perlukah Kita Khawatir? Ini Bahayanya

Yang perlu diingat, kamu membeli barangnya dengan menggunakan kartu kredit lho. Gak masalah sih, asalkan kamu selalu konsisten membayarnya. Jangan sampai telat bayar apalagi cuma bayar minimum payment yang secara perlahan membawamu ke jurang utang.

3. Titip jajan sama teman

Nah, kebiasaan ini juga menyebabkan kamu bakal banyak utang, (Ilustrasi/Shutterstock.com)

Titip jajan sama teman sepertinya udah jadi hal biasa yang kerap dilakukan orang. “Pake uang lo dulu, nanti gue ganti,”.

Hayo siapa yang sering seperti ini? Gak perlu malu, nyatanya masih banyak kok yang terbiasa melakukan hal seperti itu.

Nah, hal ini bikin gaji abis di akhir bulan, kamu gak langsung membayar ke temanmu setelah kamu menerima jajanan yang dititipkan.

Kebiasaan itulah yang membuatmu jadi berutang, karena seharusnya kamu langsung membayar meski temanmu gak nagih lho.

4. Utang gak dicatat

Lupa catat utang juga salah satu penyebabnya yang bakal bikin kepala kamu pusing, (Ilustrasi/Shutterstock.com).

Lagi nongkrong, ditalangin teman dulu karena dia bayar pakai kartu kredit. Beberapa kali titip jajan sama teman tapi belum dibayar.

Ditambah lagi dengan utang-utang lain seperti kartu kredit atau cicilan lainnya. Pas akhir bulan kaget karena mesti merogoh bujet sangat besar buat bayar utang-utang.

Salah sendiri, kenapa kamu gak mencatat semua utang yang mesti kamu bayarkan di akhir bulan. Karena itu, biar utang gak semakin menumpuk dan ditagih terus sama teman, sebaiknya kamu catat berapa nominalnya.

5. Nunda bayar utang

Nunda membayar utang salah satu penyebab kenapa semakin menggunung tanggungan mu, (Ilustrasi/Shutterstock.com).

Namanya utang tentu aja harus dibayar dan itu juga udah jadi tanggung jawab kamu. Jadi, kamu mesti punya deadline tuh kapan harus melunasi utang-utangmu.

Jangan terbiasa menunda bayar utang karena dia teman baik kamu, tapi ujung-ujung malah beli baju dan sepatu baru. Duh, jangan sampai deh teman baikmu malah menjauhi kamu karena kebiasaan kamu yang berutang tapi gak bayar itu.

Nah, itu dia lima hal sepele yang tanpa sadar bikin kamu terjerumus ke lubang utang yang menyesatkan kamu. Sebelum makin nyemplung di dalamnya sebaiknya hindari beberapa penyebabnya di atas ya. (Editor: Mahardian Prawira).

Dewi Puri
Dewi Puri

Pecinta makeup yang terjun ke dunia financial. Jika biasanya berkutat dengan lipstik dan bedak, kini harus terbiasa dengan logam mulia maupun reksadana. Intinya tetap sama, menghasilkan suatu karya yang cantik.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

MoneySmart Singapore MoneySmart Indonesia MoneySmart Hong Kong